Produk yang Digunakan

Google Ad Grants

Program Nonprofit YouTube

Google Earth Outreach

Tujuan

Penggalangan dana

Tingkatkan Kesadaran

Dorong traffic ke situs

Wilayah

Global

Situs

https://donate.charitywater.org/donate/home

Kredit Foto

Charity: Water

Ada 663 juta orang di seluruh dunia yang hidup tanpa air bersih. Lembaga amal Charity: water, mengemban misi untuk mengubah kondisi tersebut dengan menyuplai air minum yang bersih dan sehat kepada penduduk di negara berkembang. Organisasi ini bekerja bersama puluhan partner lokal di luar negeri dan telah menyelesaikan lebih dari 21.000 proyek air untuk disumbangkan kepada lebih dari 6,4 juta orang agar dapat mengakses air, kebersihan, dan sanitasi yang lebih baik.

Tantangan

Untuk membantu menyalurkan air minum yang bersih dan sehat ke semua orang di dunia, program charity: water ingin benar-benar terlibat bersama pendukung untuk menggalang dana, meningkatkan kesadaran, dan menjangkau donatur baru dengan memaksimalkan keberadaan mereka secara online.

Kisah

charity: water berupaya untuk memperluas kehadirannya secara online dengan menggunakan fitur gratis yang tersedia melalui Google untuk Lembaga Nonprofit. Fitur interaktif, sosial, analitik, dan pengoptimalan membantu dalam memberi pembelajaran kepada calon donatur sekaligus memberi bukti visual kepada pendukung mengenai dampak langsung dari kontribusi mereka.

Dengan memanfaatkan Google Maps, charity: water menghubungkan donatur dengan donasi mereka – setelah berkontribusi, donatur diberikan serangkaian koordinat GPS dan foto agar mereka dapat melacak donasi yang mereka sumbangkan dan melihat secara langsung hasil dari donasi mereka.

YouTube memungkinkan orang yang terlibat dalam proyek air untuk mendokumentasikan progresnya dengan memberikan platform kepada staf charity: water untuk mengirim pesan yang berisi ucapan terima kasih kepada donatur atau merekam video di situs untuk menceritakan kisah pribadi tentang proses sumur air baru yang memberikan pasokan air minum yang bersih dan sehat.

charity:water juga menggunakan Google AdWords untuk membantu meningkatkan hasil penelusuran berbayar dan organik, membuat kampanye seperti halnya mendorong orang supaya mengajak teman dan keluarganya untuk memberikan donasi ke program charity: water, daripada sekadar hadiah ulang tahun.

“Misi kami yakni menyalurkan air minum bersih dan sehat ke setiap orang di planet ini, dan dengan dukungan Google, kami dapat mewujudkannya.”

Tyler Riewer, Brand Content Lead, charity: water

Dampak

“Selama 1 tahun, Google untuk Lembaga Nonprofit membantu menghasilkan peningkatan traffic situs sebesar 350%, peningkatan total pengunjung sebesar 300%, dan peningkatan tayangan video sebesar 333%”, kata Tyler Riewer, Brand Content Lead, charity: water

Sejak tim mulai menggunakan Google untuk Lembaga Nonprofit, aktivitas online mereka telah berkembang pesat. Organisasi ini juga mendirikan komunitas berisikan pendukung yang penuh semangat melalui video YouTube ucapan terima kasih khusus, kemampuan Google Maps, serta melalui iklan berbasis penelusuran dan media sosial.

Di tahun 2015, charity: water meluncurkan kampanye penggalangan dana tahunan bulan September dengan tema #NothingIsCrazy, yang mendorong orang untuk melakukan hal-hal luar biasa guna menggalang dana untuk air bersih. Dengan bantuan fitur Google, kampanye tersebut menginspirasi hampir 1.900 penggalang dana individu dan berhasil mengumpulkan dana sebesar $1,8 juta, yang kemudian air bersih tersebut disalurkan ke lebih dari 60.000 orang di sejumlah negara berkembang. Google Analytics membantu tim memahami peserta, menentukan rasio konversi, dan tampilan diagram untuk video promosi kampanye.

Kini, program charity: water memanfaatkan fitur Google untuk menjangkau audiens baru dan menginspirasi mereka agar berinvestasi di dunia sehingga setiap orang bisa memiliki air bersih dengan bergabung bersama program sumbangan bulanan organisasi tersebut, The Spring.

Kisah Pilihan
Lihat Lainnya