Menggunakan Google Maps, Google Earth, dan Street View

Terakhir Diubah: 17 Desember 2015

Terima kasih telah mempertimbangkan Google Maps, Google Earth, dan Street View untuk proyek Anda! Panduan ini adalah untuk kegunaan non-komersial, kecuali untuk kasus penggunaan terbatas yang dijelaskan di bawah; jika Anda ingin menggunakan Google Maps, Google Earth, atau Street View untuk tujuan komersial lainnya, silakan hubungi Tim Pelanggan Google Cloud. “Tujuan komersial” berarti “penggunaan untuk penjualan atau tujuan menghasilkan pendapatan”.

Kami membuat laman ini untuk mengklarifikasi pertanyaan yang kami terima dari pengguna selama bertahun-tahun terkait penggunaan alat pemetaan kami di segala hal, mulai dari materi pemasaran dan promosi, film, program televisi, buku, jurnal akademis, dan masih banyak lagi.

Secara umum, selama Anda mengikuti Persyaratan Layanan kami dan membuat atribusi dengan benar, kami tidak berkeberatan dengan penggunaan peta dan citra oleh Anda; bahkan, kami senang melihat semua penerapan kreatif Google Maps, Google Earth, dan Street View! Namun, kami tahu Anda mencari hal yang lebih spesifik untuk memastikan Anda menggunakan peta dan citra kami dengan benar.

Jika ingin mempelajari lebih jauh informasi di bawah, sebaiknya Anda mulai dengan pedoman umum di bagian atas, karena ini berlaku untuk semua proyek. Kemudian, silakan klik langsung ke bagian yang berlaku untuk Anda.

Di bawah, Anda akan menemukan informasi tentang:

pedoman umum

Dasar-Dasar

“Konten” Google Maps dan Google Earth (seperti yang didefinisikan dalam Persyaratan Layanan Tambahan Google Earth/Google Maps) mencakup semua yang akan Anda temukan dalam produk ini: peta dan data medan, citra, cantuman bisnis, lalu lintas, ulasan, dan informasi terkait lainnya yang disediakan oleh Google, pemegang lisensinya, dan pengguna.

Pedoman ini mencakup penggunaan Konten oleh Anda—dengan satu pengecualian. Ada beberapa pedoman khusus terkait penggunaan citra Street View yang tersedia baik dari Google Maps maupun Google Earth oleh Anda. Baca bagian di bawah untuk petunjuk bagaimana citra Street View boleh atau tidak boleh digunakan.

Persyaratan Layanan

Untuk membantu mengetahui apakah penggunaan Konten oleh Anda dapat diterima, baca terlebih dulu dokumen berikut:

Penggunaan Konten oleh Anda terutama diatur oleh lisensi di atas.

Penggunaan Wajar

Selain lisensi yang diberikan oleh Google kepada Anda, penggunaan Konten oleh Anda mungkin dapat diterima berdasarkan prinsip "penggunaan wajar". Penggunaan wajar adalah sebuah konsep berdasarkan undang-undang hak cipta di AS yang, secara umum, mengizinkan Anda untuk menggunakan karya berhak cipta dengan cara tertentu tanpa mendapatkan lisensi dari pemegang hak cipta.

Meskipun umumnya lebih terbatas, ada konsep serupa dalam undang-undang hak cipta negara lain yang dikenal sebagai "fair dealing" (pembatasan dan pengecualian terhadap hak eksklusif atas hak cipta) di sejumlah negara. Google tidak dapat memberi tahu Anda apakah penggunaan Konten dari produk kami oleh Anda adalah penggunaan wajar atau dianggap sebagai "fair dealing"; ini adalah analisis hukum yang bergantung pada semua fakta spesifik dari rencana penggunaan Anda. Sebaiknya Anda berbicara dengan pengacara jika Anda memiliki pertanyaan terkait dengan penggunaan wajar dari karya berhak cipta.

Izin tertulis

Karena sumber daya yang terbatas dan permintaan yang tinggi, kami tidak dapat menandatangani surat atau kontrak apa pun yang menyebutkan bahwa proyek Anda atau penggunaan oleh Anda memiliki izin tersurat dari kami. Selama Anda mengikuti pedoman di laman ini, dan memberikan atribut pada Konten dengan benar, silakan lanjutkan proyek Anda.

Atribusi

Semua pengguna Konten harus memberikan atribusi ke Google dan penyedia data kami. Kami mewajibkan atribusi yang jelas dan terlihat ketika Konten ditampilkan. Anda tidak boleh memindahkan atribusi ke bagian akhir kredit video atau memudarkannya setelah beberapa detik.

Perhatikan jika Anda menyematkan peta klasik, panorama Street View, atau My Maps; menggunakan salah satu API kami di web atau dalam aplikasi; atau mengekspor video atau JPEG dari Google Earth Pro, atribusi yang diperlukan sudah terintegrasi ke dalam peta dan tidak diperlukan kredit lainnya. Pelajari lebih lanjut cara memberikan kredit dengan benar, serta cara mengidentifikasi penyedia data, di laman pedoman atribusi kami

Jika Anda keberatan untuk memenuhi persyaratan atribusi kami, hubungi penyedia data kami secara langsung untuk menanyakan tentang pembelian hak cipta untuk Konten tersebut secara langsung. Anda akan menemukan informasi kontak penyedia data di situs web mereka.

Mempersonalisasi peta

Anda boleh memberikan anotasi untuk peta kami dengan informasi tambahan, seperti titik, garis, atau label. Bahkan, banyak di antara alat kami yang memiliki fitur terintegrasi yang memudahkan untuk melakukannya. Misalnya, Google My Maps memungkinkan Anda menggambar garis dan bentuk di peta Google. Kami juga menawarkan Styled Maps API yang memungkinkan Anda untuk mengedit warna masing-masing komponen peta (misalnya, mengubah air menjadi ungu), serta mengubah visibilitas untuk setiap komponen (misalnya, membuat jalan tidak terlihat). Jika tidak ada yang sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat menyimpan gambar dari Google Earth dan menggunakan Photoshop untuk menambahkan label teks khusus.

Meskipun kami mendorong anotasi, Anda tidak boleh mengubah secara signifikan tampilan Google Maps, Google Earth, atau Street View di internet. Misalnya, Anda tidak diizinkan membuat perubahan apa pun pada warna antarmuka produk atau mengubah tampilan citra (seperti menambahkan awan atau elemen alam lainnya, pemburaman, dsb.).

Penggunaan versi cetak

Google Maps dan Google Earth memiliki fungsionalitas yang terintegrasi. Anda dapat mencetak Konten untuk penggunaan non-komersial dan memperbesarnya (misalnya, peta dengan petunjuk arah). Untuk semua penggunaan yang disertai dengan pendistribusian materi cetak yang mencakup Konten, pastikan Anda membaca terlebih dulu pedoman umum di atas, terutama yang terkait dengan penggunaan wajar dan atribusi.

Rencana penggunaan Boleh digunakan? Informasi tambahan
Buku Ya Anda dapat menggunakan beberapa gambar, selama tidak mendistribusikan lebih dari 5.000 salinan atau menggunakan Konten di buku panduan.
Penerbitan berkala Ya Ini mencakup surat kabar, majalah, dan jurnal.
Laporan dan presentasi Ya Ini mencakup makalah penelitian, laporan internal, presentasi, proposal, dan dokumen profesional terkait lainnya.
Buku panduan Tidak Anda tidak boleh menggunakan Konten sebagai bagian inti materi navigasi cetak (misalnya, buku tur).
Kebutuhan sehari-hari Tidak Ini mencakup produk eceran atau paket produk eceran (misalnya, kaus, handuk pantai, tirai pancuran, cangkir, poster, alat tulis, dsb.)
Iklan cetak Tidak Lihat bagian iklan untuk panduan selengkapnya tentang penggunaan digital dan TV.

Perhatikan bahwa kami tidak dapat memberikan jepretan beresolusi tinggi atau layar vektor dari Google Maps; namun, Anda dapat menggunakan Google Earth Pro untuk menyimpan dan mencetak JPEG citra satelit beresolusi tinggi. Gambar di Google Earth Pro dapat diekspor dengan lebar hingga 4.800 piksel. Dapatkan kode Google Earth Pro gratis sekarang.

Penggunaan di televisi dan film

Jika Anda ingin menggunakan Konten dalam televisi atau film (misalnya, siaran berita atau dokumenter), tinjau terlebih dulu pedoman umum di bagian atas laman ini, terutama yang terkait dengan atribusi.

Jika ingin menggunakan Konten secara signifikan di televisi atau film, Anda harus menyetujui persyaratan perjanjian lisensi siaran gratis kami. Kirimkan informasi Anda kepada kami—apakah Anda pemohon baru atau ingin memperbarui perjanjian—dan kami akan mengirimkan e-mail kepada Anda untuk mengonfirmasi apakah Anda memenuhi syarat dan memberitahukan langkah berikutnya. Perjanjian lisensi siaran hanya untuk penggunaan di televisi dan film; tidak diwajibkan untuk proyek video yang didistribusikan secara online (misalnya, YouTube).

Jika proyek Anda mencakup adegan kecil yang di dalamnya salah satu alat pemetaan kami dirujuk—misalnya jika seorang aktor menggunakan Google Maps di ponsel atau orang yang diwawancarai menunjukkan cara mereka menggunakan Konten dalam penelitiannya—Anda tidak memerlukan lisensi siaran. Untuk kasus ini, tidak diperlukan atribusi tambahan di layar; cukup ambil gambar produk tersebut, atau orang yang menggunakan produk tersebut, selama Anda tidak mengubah antarmuka produk dengan cara apa pun.

Penggunaan di web dan aplikasi

Jika Anda ingin menggunakan Konten kami di proyek atau aplikasi berbasis web, tinjau terlebih dulu pedoman umum di bagian atas laman ini, terutama yang terkait dengan atribusi.

Peta yang dapat disematkan

Kami memiliki beberapa API yang tersedia untuk membantu Anda membuat dan menyematkan peta khusus, termasuk Street View, dalam situs web atau aplikasi Anda. Sejumlah pembatasan mungkin berlaku ketika menggunakan API ini. Jika Anda hanya perlu menyematkan peta Google klasik atau panorama Street View di situs web, pelajari cara melakukannya dengan mudah di sini.

Gambar Google Earth

Kita tahu bahwa citra di Google Earth, baik aktual maupun historis, dapat memberikan konteks visual yang berguna untuk situs web berita, blog, dan situs pendidikan lainnya. Dan sering kali situs ini ingin menggunakan citra yang ditemukan di Google Earth sebagai gambar diam, baik seperti aslinya atau diberi anotasi label dan fitur tambahan. Anda dapat menggunakan beberapa gambar ini dalam artikel berita atau blog, pastikan saja Anda mengikuti aturan atribusi kami. Perhatikan bahwa Google Earth Pro memungkinkan Anda mengekspor JPEG beresolusi tinggi—terutama berguna untuk proyek ini.

Video online

Jika Anda menggunakan tur Google Earth dalam film dan mengunggahnya ke YouTube, silakan saja! Jika Anda hanya berencana untuk mendistribusikan video secara online, tidak diperlukan izin tersurat untuk proyek Anda. Aturan atribusi yang sama berlaku.

Penggunaan dalam iklan

Digital

Jika Anda ingin menggunakan Konten kami dalam iklan digital, tinjau terlebih dulu pedoman umum di bagian atas laman ini, terutama yang terkait dengan atribusi.

Semua penggunaan Google Maps dan Google Earth dalam iklan digital tidak boleh secara signifikan mengubah bagaimana produk dan citra akan terlihat di internet. Lihat bagian "Mempersonalisasi peta" untuk informasi selengkapnya.

Citra Street View hanya dapat digunakan dalam iklan digital jika (1) citra tersebut langsung berasal dari Google Maps API atau (2) citra disematkan atau ditautkan ke situs web menggunakan HTML dan URL yang disediakan di Google Maps.

Iklan televisi

Jika Anda ingin menggunakan Konten kami dalam iklan televisi, harap isi formulir ini. Perhatikan bahwa Anda tidak boleh menggunakan citra Street View dalam iklan televisi.

Cetak

Anda tidak boleh menggunakan Google Maps, Google Earth, atau citra Street View di iklan cetak.

Menggunakan citra Street View

Jika ingin menggunakan citra Street View dalam proyek Anda, tinjau terlebih dulu pedoman umum di bagian atas laman ini, terutama yang terkait dengan atribusi.

Citra Street View dapat disertakan dalam proyek Anda jika:

Solusi ini memastikan jika Google mengedit atau menghapus citra sebagai respons atas permintaan pengguna, perubahan ini juga akan tercermin dalam proyek Anda.

Jika ada permintaan akademis dan non-komersial untuk citra Street View yang tidak memenuhi syarat berdasarkan pedoman ini, Anda dapat menghubungi kami di streetview-academic@google.com dengan detail proyek tersebut untuk meminta izin.

Penggunaan merek dagang

Merek dagang adalah aset berharga kami, dan kami ingin memastikan pengguna dan mitra kami menggunakannya dengan benar. Merek dagang ini mencakup logo tulisan Google Earth, logo tulisan Google Maps, logo Google Earth, logo Google Maps, elemen pin merah Google Maps, logo tulisan Street View, ikon Street View, logo tulisan Pegman, dan logo Pegman.

logo tampilan peta
logo tampilan peta
logo earth
ikon pin merah untuk peta
logo tampilan peta

Cara menggunakan

Anda boleh menggunakan merek dagang kami untuk mereferensikan produk atau layanan kami secara akurat, selama referensi tersebut sesuai dan konsisten dengan pedoman merek dagang kami. Anda hanya boleh menggunakan versi merek kami yang disetujui. Harap ikuti semua pedoman penggunaan merek dagang umum, Persyaratan Layanan Google Maps/Google Earth API, dan pedoman penggunaan lencana Street View Trusted. Pedoman penggunaan merek dagang berlaku bahkan untuk merek yang sebelumnya (namun tidak lagi) digunakan terkait dengan produk kami.

Cara tidak menggunakan

Anda tidak boleh menggunakan, memasukkan, atau mengombinasikan merek dagang kami ke dalam nama merek, nama produk, nama bisnis, nama dagang, atau slogan pihak ketiga.

Anda tidak boleh menggunakan merek kami mana pun dengan cara yang menunjukkan bahwa Anda didukung oleh atau berafiliasi dengan Google atau produk Geo kami. Misalnya, Anda tidak boleh menggunakan merek kami:

Jangan memodifikasi atau meniru merek kami.

Terima kasih telah menggunakan Google Maps, Google Earth, dan Street View!