Produk yang Digunakan

G Suite untuk Nonprofit

Google Ad Grants

Tujuan

Berkomunikasi & berkolaborasi secara efektif

Penggalangan dana

Tingkatkan Kesadaran

Wilayah

Global

Situs

http://www.sama.co

Kredit Foto

Andrew Ho

Samasource merupakan organisasi nonprofit yang bertujuan mengurangi kemiskinan global dengan memberikan pekerjaan bagi orang-orang yang terpinggirkan melalui media digital. Samasource memanfaatkan teknologi dan metode sektor swasta dengan cara-cara baru untuk dapat secara terukur mempermudah akses ke pekerjaan yang layak serta pelatihan kerja bagi orang-orang yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan tersebut. Saat ini, Samasource telah membantu meningkatkan taraf hidup lebih dari 50.000 orang.

Tantangan

Sebagai lembaga nonprofit baru, Samasource memerlukan sumber daya berbiaya rendah untuk mengembangkan bisnis dengan cepat. Hal ini berarti tidak hanya menyederhanakan alur kerja untuk operasi setiap hari, namun juga memiliki cara untuk menemukan donatur guna membantu mereka mencapai sasaran.

Kisah

Samasource beroperasi di 5 negara, jadi sangatlah penting bagi bisnis ini jika memiliki solusi komunikasi yang cepat ke seluruh dunia. Untuk melakukannya, mereka memanfaatkan G Suite. Karyawan Samasource menggunakan Google Dokumen sehingga semua karyawan dapat berkolaborasi mengerjakan 1 dokumen bersama-sama, di mana pun mereka berada. Selain itu, mereka berkomunikasi via Google Hangouts, menyinkronkan kalender harian, dan menyimpan file di Google Drive. Samasource juga menggunakan AdWords agar terhubung dengan calon siswa dan donatur, serta Siaran Hangouts Google untuk menjadi host “learning call” (sesi pembelajaran di Hangout) yang diadakan setiap 3 bulan dan membangun kesadaran publik mengenai upaya yang mereka lakukan.

"Rangkaian produk Google sangat membantu kami mengembangkan bisnis dan kami tidak perlu membayar terlalu mahal untuk melakukannya."

Leila Janah, Pendiri & CEO, Samasource

Dampak

Sebagai lembaga nonprofit global yang sedang berkembang, sangatlah penting agar mereka dapat menghubungkan tim secara mudah dan hemat melalui rangkaian produk Google. Kolaborasi file yang aman memungkinkan alur kerja yang sederhana di berbagai wilayah dunia, sehingga memastikan bahwa ekosistem yang menampung lebih dari 1.000 pekerja tersebut dapat mengakses dokumentasi dan file yang sesuai.

Selain itu, sebagai perusahaan yang berambisi besar, Samasource mendapatkan keuntungan dari solusi periklanan melalui Google untuk Lembaga Nonprofit. AdWords membantu Samasource menjangkau ribuan calon pelanggan, mengedukasi perusahaan-perusahaan teknologi mengenai potensi dari pengadaan sumber daya berbasis dampak. Selain itu, AdWords merupakan pendorong utama dalam pendaftaran lebih dari 25.000 siswa dari 87 negara ke Samaschool, sebuah kursus pelatihan keahlian digital online.

Kisah Pilihan
Lihat Lainnya