Menghindari scam

Tidak, Anda kemungkinan bukan pemenang lotre. Anda tidak bisa menghasilkan uang sebanyak itu hanya dengan bekerja dari rumah. Lagipula tawaran itu sepertinya terlalu mustahil untuk jadi kenyataan.

Web dapat menjadi tempat yang hebat, tetapi tidak semua orang yang online berniat baik. Berikut tiga cara mudah untuk menghindari penipu dan tetap aman di web:

Berhati-hatilah dengan orang asing yang memberikan hadiah

Jika ada pesan yang menyelamati Anda karena menjadi pengunjung situs web yang kesejuta, menawarkan komputer tablet atau hadiah lain sebagai imbalan melengkapi survei, atau mempromosikan cara cepat dan mudah untuk mendapatkan uang atau pekerjaan ("dapatkan banyak uang cukup dengan bekerja dari rumah 2 jam sehari!"), tampaknya itu bukan pesan yang bermaksud baik. Jika seseorang memberi tahu bahwa Anda adalah pemenang dan meminta Anda mengisi formulir dengan informasi pribadi, jangan tergoda untuk segera mengisinya. Meskipun tidak menekan tombol "kirim", Anda mungkin masih mengirimkan informasi kepada penipu saat Anda mulai memasukkan data ke dalam formulir itu.

Jika melihat pesan dari seseorang yang Anda kenal tapi tidak tampak seperti mereka, mungkin akun kenalan Anda telah disusupi oleh penjahat dunia maya yang mencoba mendapatkan uang atau informasi dari Anda – jadi, berhati-hatilah saat menanggapinya. Taktik yang sering digunakan misalnya meminta Anda untuk segera mengirimkan uang karena mereka sedang terdampar di negara lain, atau mengatakan bahwa ponsel mereka dicuri sehingga mereka tidak dapat dihubungi. Pesan tersebut mungkin juga meminta Anda mengeklik tautan untuk melihat gambar, artikel, atau video yang sebenarnya mengarahkan Anda ke situs yang dapat mencuri informasi – jadi, pertimbangkan dulu sebelum mengeklik!

Selidikilah terlebih dahulu

Saat berbelanja secara online, cari tahu tentang penjualnya dan waspadalah dengan harga sangat murah yang mencurigakan, sama seperti jika Anda membeli sesuatu di toko fisik. Pelajari dengan saksama penawaran online yang tampaknya terlalu mustahil untuk jadi kenyataan. Tak seorang pun ingin tertipu dengan membeli barang palsu. Jika ada produk atau layanan yang semestinya mahal dan jarang diberi diskon, namun dijanjikan gratis atau didiskon hingga 90%, berhati-hatilah terhadap niat jahat di balik tawaran itu. Jika menggunakan Gmail, Anda mungkin akan melihat peringatan di bagian atas layar saat membaca email yang ditandai sistem kami sebagai kemungkinan penipuan – jika melihat peringatan ini, pertimbangkan kembali sebelum menanggapi email tersebut.

Berhati-hatilah dengan penipuan yang menggunakan merek Google. Google tidak mengadakan lotre. Kami tidak membebankan biaya pelatihan bagi karyawan baru – jika menerima email yang mengatakan bahwa Anda telah dipekerjakan oleh Google tapi harus membayar biaya pelatihan sebelum memulainya, ini adalah penipuan. Berhati-hatilah dengan orang yang mengklaim akan menjual mobil menggunakan Google Wallet. Pelajari lebih lanjut tentang berbagai penipuan yang menggunakan merek Google.

Jika ragu, ambil langkah aman

Ada perasaan tidak enak tentang suatu iklan atau penawaran? Percayalah dengan naluri Anda! Sebaiknya hanya klik iklan atau belilah produk dari situs yang aman, sudah diulas, dan tepercaya.

Ada banyak platform belanja online yang memiliki program pedagang/penjual tepercaya. Penjual ini biasanya memiliki stempel persetujuan yang terlihat di profil mereka. Pastikan stempel atau sertifikat tersebut sah dengan meninjau pedoman platform berbelanja. Jika platform tidak menawarkan program serupa, perhatikan jumlah ulasan dan kualitas ulasan tentang penjual tersebut.

Dan, jika Anda mengeklik atau melihat iklan yang buruk di Google, beri tahu kami sehingga kami dapat mengambil tindakan.