Cara kami membantu Anda memerangi pencurian identitas

Google menggunakan berbagai teknologi untuk membantu melindungi Anda dari pencurian identitas online dan memastikan Akun Google Anda tetap selamat dan aman.

Verifikasi 2 langkah

Demi menghadirkan tingkat perlindungan yang lebih kuat bagi Akun Google Anda, kami menawarkan verifikasi 2 langkah untuk pengguna kami. Alat ini memberikan lapisan keamanan tambahan dengan tidak hanya meminta sandi, namun juga kode verifikasi untuk masuk ke Akun Google. Meskipun sandi Anda diretas, ditebak, atau dicuri, penyerang tidak dapat masuk ke akun tanpa memasukkan kode verifikasi yang akan kami kirim ke ponsel Anda. Kami menawarkan verifikasi 2 langkah dalam lebih dari 50 bahasa dan 175 negara. Pelajari lebih lanjut tentang cara menyiapkan verifikasi 2 langkah.

Enkripsi

Banyak langkah yang dilakukan Google untuk menjaga agar informasi pribadi Anda aman dari penyerang dan pengintai. Secara default, kami mengenkripsi sambungan Gmail antara komputer Anda dan Google – ini membantu melindungi aktivitas Google Anda dari intaian orang lain. Kami juga mengatur agar perlindungan ini, yang dikenal sebagai enkripsi SSL per sesi, dijadikan setelan default ketika Anda masuk ke Google Drive dan banyak layanan lainnya.

Peringatan aktivitas akun mencurigakan

Kami telah memperingatkan sejumlah pengguna ketika sepertinya ada sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi dengan Akun Google mereka – misalnya, info masuk tampak berasal dari suatu negara dan terjadi tak lama setelah proses masuk yang dilakukan dari negara lain. Pesan peringatan tentang akses tak biasa ini akan ditampilkan kepada pengguna di kotak masuk Gmail mereka. Terkadang, kami juga meminta pengguna mengubah sandinya apabila kami punya alasan kuat untuk meyakini bahwa akun mereka telah disusupi.

Autentikasi email

Guna membantu memerangi penyalahgunaan dan mencegah masuknya spam ke kotak masuk Anda, Gmail menggunakan autentikasi email untuk menentukan apakah suatu pesan benar-benar berasal dari alamat tempat pesan tersebut tampak dikirimkan. Semua pengguna aktif Gmail – dan orang lain yang menjalin kontak dengan mereka – mendapatkan perlindungan terhadap ancaman atas informasi pribadi dan keuangan mereka secara otomatis.

Perlindungan terhadap spam

Gmail melindungi Anda dari email spam dan email berbahaya. Gmail memproses miliaran pesan tiap harinya dan memiliki rekam jejak yang luar biasa terkait perlindungan terhadap spam bagi pengguna – tak sampai 1% dari semua spam di Gmail masuk ke kotak masuk seseorang. Ketika pelaku spam mengirim email sampah jenis baru, sering kali sistem kami mengenali dan memblokirnya dari akun Google dalam hitungan menit. Hal ini memperkecil kemungkinan pesan spam membahayakan komputer atau mencuri informasi pribadi Anda.