Lihat ke Halaman Asli

Bergembiralah Wahai Bunda yang Mengandung, Banyak Hadiah dariNya untuk Kita

Diperbarui: 4 April 2017   17:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sumber: Sumber: diari-perjalanan.blogspot.com

Seharian tadi saya banyak termenung setelah membaca status seorang teman di Jakarta. Sebelumnya, ia pernah tinggal di Australia saat mendampingi suaminya yang studi Master di sana. Kemudian sang istri yang memperoleh beasiswa melanjutkan studi yang setara Master di Kuala Lumpur. Di Kuala Lumpur lah saya bertemu dan berkenalan dengannya ketika saya mengunjungi kampusnya. Statusnya begini: Nabi SAW bersabda pada putrinya, Fatimah RA, "Wahai Fatimah, jika wanita mengandung anak di perutnya, maka para malaikat akan memohonkan ampunan baginya, dan Allah SWT menetapkan baginya setiap hari seribu kebaikan, menghapuskan seribu kejelekannya. Ketika wanita itu merasa sakit karena melahirkan, maka Allah SWT menetapkan baginya pahala para pejuang dijalan Allah SWT. Jika ia melahirkan bayinya maka keluarlah dosa-dosanya seperti ketika ia dilahirkan oleh ibunya. Dan akan keluar dari dunia dengan tidak membawa dosa apapun. Di kuburnya akan ditempatkan di taman-taman surga. Allah memberinya pahala seribu ibadah haji dan umrah dan seribu malaikat memohonkan ampunan baginya hingga hari kiamat." Status lainnya yang ia tambahkan di akun Fesbuknya adalah: Rasulullah SAW bersabda, "Apalah kamu tidak rela, salah seorang dari kamu, wahai sekalian wanita, bahwa jika ia hamil dari suaminya, sedangkan suaminya ridha padanya, maka ia akan memperoleh pahala, seperti pahala orang yang berpuasa yang sedang berjuang fi sabilillah. Dan jika dia merasa kesakitan (ketika melahirkan), maka ia akan mendapatkan pahala yang penduduk langit dan bumi belum pernah melihat pahala yang disediakan untuknya dari pandangan mata yang menyenangkan. Dan jika ia melahirkan, maka tiadalah keluar seteguk susunya yang kemudian anaknya menghisap susunya, melainkan setiap tetesan susunya tersebut akan berpahala satu kebaikan. Dan jika ia tidak dapat tidur semalam suntuk (karena anaknya), maka baginya pahala seperti memerdekakan 70 hamba sahaya di jalan Allah dengan penuh keikhlasan."

Sumber: Sumber: beritasegar.indonesiaterbaru.com

Ah, adem sekali membaca status-statusnya. Saya sangat respek dengan teman saya itu yang berbesar hati untuk memilih profesi Ibu Rumah Tangga demi mengurus buah hatinya dengan tangannya sendiri. Ia kini juga berjualan mukena online di sela-sela waktunya. Ah, tak banyak wanita intelektual dengan gelar pendidikan tinggi S2 atau S3 yang berbesar hati untuk menjadikan profesi ibu rumah tangga sebagai pekerjaan utamanya. Saya pun dalam keadaan dilematis untuk melangkah ke depan. Sejumlah tawaran memikat mensyaratkan saya untuk jauh dari anak-anak. Padahal, saya dulu sekolah bukan dengan tujuan untuk mencari karir, tapi semata kebutuhan yang besar untuk mencari ilmu dan memberikan teladan untuk anak-anak. Saya bukan yang termasuk berpikir bahwa sekolah tinggi itu untuk mencari pekerjaan, tapi memang kewajiban bagi setiap orang yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk menuntut ilmu dalam rangka membangun generasi. Aissssss, terlalu tinggi kali bahasa saya ya. Kalau saya ngomong begitu kepada teman-teman yang baru berkenalan dengan saya di kampus, rata-rata semua berkerenyit menyangsikan jawaban saya. Ya sudahlah... Kembali pada status tentang keistimewaan wanita yang sedang mengandung. Ah, ternyata memang banyak sekali hadiah yang diberikan Allah bagi wanita mengandung seperti halnya banyak keistimewaan yang diberikan Allah kepada seorang Ibu daripada Ayah. Saya belum mengecek keshahihan hadits tersebut. Tapi setidaknya kebaikan dari keistimewaan wanita mengandung itu bisa menjadi penyemangat dan doa bagi para Bunda yang sedang berjihad mengandung. Diantaranya:

Sumber: Sumber: wandylee.wordpress.com

1. Apabila seseorang calon ibu mengandung janin dalam rahimnya, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah Azza Wa Jalla mencatatkan baginya setiap hari dengan 1.000 kebajikan dan menghapuskan darinya 1.000 kejahatan. 2. Apabila seseorang calon ibu mulai sakit hendak bersalin, maka Allah Azza Wa Jalla mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad pada jalan Allah. 3. Apabila seseorang ibu melahirkan anak, keluarlah dia dari dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkannya. 4. Apabila telah lahir anak lalu disusui, maka bagi ibu itu setiap satu tegukan daripada susunya diberi satu kebajikan. 5. Apabila semalaman seorang ibu tidak tidur dan memelihara anaknya yang sakit, maka Allah Azza Wa Jalla memberinya pahala seperti memerdekakan 70 orang hamba dengan ikhlas untuk membela agama Allah Azza Wa Jalla. 6. 2 rakaat shalat dari wanita yang hamil adalah lebih baik daripada 80 rakaat solat wanita yang tidak hamil. 7. Ibu yang memberi minum air susu ibu (ASI) kepada anaknya daripada badannya (susu badannya sendiri) akan dapat satu pahala dari pada tiap-tiap titik susu yang diberikannya.

Sumber: Sumber: m.muslimahzone.com

8. Ibu yang tidak cukup tidur pada malam hari karena menjaga anak yang sakit akan diampunkan oleh Allah akan seluruh dosanya dan bila dia hiburkan hati anaknya Allah memberi 12 tahun pahala ibadat. 9. Wanita yang hamil akan dapat pahala berpuasa pada siang hari. 10. Wanita yang hamil akan dapat pahala beribadat pada malam hari. 11. Wanita yang bersalin akan mendapat pahala 70 tahun shalat dan puasa dan setiap kesakitan pada satu uratnya Allah mengurniakan satu pahala haji. 12. Sekiranya wanita mati dalam masa 40 hari selepas bersalin, dia adalah mati syahid. 13. Jika wanita (ibu) menyusui anaknya sampai cukup tempo (2½ thn), maka malaikat-malaikat dilangit akan khabarkan berita bahwa syurga wajib baginya. 14. Jika wanita (ibu) memberi susu badannya kepada anaknya yang menangis, Allah akan memberi pahala satu tahun shalat dan puasa. Subhanallah... --------------------------------------------------------------------- Untuk anakku Tumbuh sehat ya, Sayang Bunda berharap ada keajaiban dari Allah untukmu dan Bunda Engkau mungkin masih segumpal darah Bunda selalu bisikkan ayat-ayatNya agar engkau kuat berjuang Bunda selalu perdengarkan ayat-ayatNya berharap engkau dapat berkembang dengan baik Setiap asupan yang masuk ke tubuh Bunda, selalu ada doa agar ia menjadi kebaikan untukmu Anakku Sudah terselip nama-nama indah untukmu Jika engkau perempuan, jadilah Khansa atau Sumayyah atau Khadijah untuk Bunda Jika engkau lelaki, jadilah Muhammad Al-Fatih untuk Bunda Engkau adalah penghiburan untuk Bunda Engkau yang menemani Bunda dalam setiap sepi sendiri dan hampa Anakku Apapun yang kelak terjadi padamu atau Bunda Semoga kami semua ikhlas Bunda bahagia Mengandungmu berarti dapat mengurangi dosa-dosa Bunda Mengandungmu berarti banyak kebaikan yang dapat menggantikan keburukan Bunda Mengandungmu berarti mendapatkan doa para malaikat untuk memintakan ampunan bagi Bunda Setiap kesakitan Bunda mengandungmu adalah pahala Jika engkau yang pergi meninggalkan Bunda, maka engkau adalah penghuni surga tanpa hisab, Sayang Dan jika Bunda yang harus pergi meninggalkanmu, Bunda syahid, Sayang Allah Maha Penjaga Bunda percaya Allah akan menjagamu Kakak-kakakmu akan menyayangimu Jadilah mujahid-mujahidah untuk Bunda ya, Sayang Dan... Jika kita yang harus pergi meninggalkan mereka yang mengasihi kita, maka kita akan selalu bersama-sama, Sayang Mungkin engkaulah kiriman Allah yang akan selalu menemani Bunda Semoga Allah memberikan kita kekuatan dan yang terbaik ya, Sayang Yuk, kita istirahat dan nanti bangun untuk bermunajat padaNya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline