Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Poin Kerja Sama Pariwisata Indonesia-Arab Saudi

Kompas.com - 02/03/2017, 08:36 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia dan Arab Saudi akan bekerja sama dalam sektor pariwisata. Setidaknya ada lima poin penting yang akan dijajaki oleh kedua negara tersebut.

"Kerja sama Wonderful Indonesia dan Arab Saudi di sektor pariwisata ke depan antara lain sebagai berikut. Pertama, Joint Marketing, Pemasaran Bersama, MICE (Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions), saling memberi kemudahan dalam visa and permit," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya saat dihubungi KompasTravel, Rabu (1/3/2017) malam.

Arief mengatakan, poin kedua adalah terkait pertukaran informasi pariwisata Indonesia dan Arab Saudi.

(BACA: Harapan Gubernur Bali Terkait Kedatangan Raja Arab Saudi)

Ia menekankan informasi yang diutamakan terkait wisata halal.

"Ketiga, kerja sama di bidang investasi pariwisata, terutama di Mandalika, NTB; Tanjung Lesung, Banten; Tanjung Kelayang, Belitung; dan Mandeh, Sumatera Barat," tambahnya.

Kemudian, poin keempat adalah terkait peningkatan sumber daya manusia untuk kepentingan pariwisata di kedua negara.

(BACA: Liburan Raja Arab Saudi ke Bali Naikkan Kunjungan Turis Timteng)

Arief menyebut kerja sama itu dalam bentuk studi banding mahasiswa dan pertukaran sumber daya manusia.

"Kelima, kerja sama business to business antar-industri pariwisata di Indonesia dan Arab," ujar Arief.

KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Panorama Pantai Kuta, kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (16/6/2016). Kawasan pesisir Mandalika berpotensi menjadi salah satu kawasan ekonomi khusus pariwisata yang dikembangkan untuk tujuan wisata unggulan Indonesia. Meski demikian, tantangan pembangunan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat lokal serta penataan kelestarian lingkungan dari dampak pembangunan perlu diperhatikan.
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (1/3/2017).

Pesawat Kerajaan Arab Saudi yang membawa Raja Salman dan rombongan mendarat sekitar pukul 12.30 WIB. Kedatangan Raja Salman disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Setelah penyambutan kenegaraan di Bandara Halim, Raja Salman bersama 25 pangeran dan 10 menteri serta 50 delegasi lainnya melaksanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat.

******

KompasTravel menghimpun 48 destinasi di seluruh Indonesia yang cocok dengan preferensi traveling Anda. Mulai dari indahnya wilayah barat Indonesia yakni Provinsi Aceh, hingga eksotisme kawasan timur Nusantara yakni Raja Ampat dan Papua.

Inilah Visual Interaktif Kompas (VIK) Vakansi Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/

VIK Vakansi Indonesia adalah panduan lengkap untuk destinasi traveling Anda selanjutnya. KompasTravel juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan, mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com