Tutupi Pelecehan Seksual, Uskup Agung Australia Dihukum

Uskup Agung Philip Wilson tiba di Pengadilan Negeri Newcastle di Newcastle, Australia, 22 Mei 2018.

Uskup Katolik Roma paling senior yang didakwa karena menutup pelecehan seksual terhadap anak-anak, Selasa (3/7/2018), dijatuhi hukuman 12 bulan oleh pengadilan Australia.

Namun pengadilan belum menentukan apakah Uskup Adelaide Philip Wilson itu akan di penjara atau dikenai tahanan rumah.

Ketua majelis hakim Newscastle, Robert Stone, akan menentukan pada 14 Agustus nanti, di mana Wilson akan menjalani hukumannya.

Namun demikian, hakim mengatakan Wilson harus menjalani sedikitnya enam bulan penjara sebelum memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat.

Wilson dinyatakan bersalah Mei lalu karena menutupi pelecehan seksual oleh seorang pastur pada 1970an.

Pastur yang menjadi pusat perhatian kasus itu, James Fletcher, meninggal di penjara pada 2006 setelah dinyatakan bersalah melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak di New South Wales.

Pengacara Wilson berupaya agar kasus terhadap uskup agung itu dibatalkan, dengan mengatakan bahwa Wilson yang berusia 67 tahun didiagnosa menderita penyakit Alzheimer, tetapi ia gagal.

Tim pengacara Wilson beralasan kondisi kesehatannya membuatnya tidak dapat mengingat bahwa salah seorang korban Fletcher telah memberitahukan kepadanya tentang pelecehan seksual itu dalam pembicaraan mereka pada 1976. Mereka juga mengatakan tidak ada bukti adanya pembicaraan semacam itu. [em/al]