Jumat, 26 April 2024
Menteri Kelautan dan Perikanan:

Konsep Blue Economy Penting bagi Indonesia

Laporan oleh Triono
Bagikan

Sharif C. Sutardjo Menteri Kelautan dan Perikanan, mengemukakan bahwa konsep ekonomi biru atau blue economy menekankan pentingnya pengelolaan laut berkelanjutan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi kemakmuran rakyat.

Blue economy telah mendorong tumbuh dan berkembangnya industri baru yang berbasiskan laut,” kata Sharif.

Adapun konsep blue economy seperti dilansir Antara Senin (1/9/2014) mampu mengembangkan industri seperti pembangkit listrik tenaga angin dan ombak, penambangan minyak dan gas laut dalam dan dasar laut, perikanan budidaya laut, serta marine biotechnology.

Sharif mengatakan bahwa implementasi blue economy di Indonesia meliputi promosi Good Ocean Governance, pengembangan wilayah blue economy, dan model investasi blue economy menuju pengunaan sumber daya alam yang lebih efisien.

“Sebagai contoh kebijakan blue economy yang berhasil diimplementasikan di Indonesia adalah pengembangan wilayah blue economy di Pulau Lombok dan Nusa Penida yang bekerja sama dengan Food and Agriculture Organization (FAO),” kata Sharif.

Lebih lanjut Sharif juga menyerukan pentingnya untuk terus menguatkan komitmen bersama dan kerja sama internasional dalam mengembangkan blue economy serta penyusunan panduan dan rencana aksi regional pengembangan Sustainable Ocean Governance.(ant/ono/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version