Tujuan Pendidikan Ki Hajar Dewantara
Ki Hajar Dewantara berpendapat bahwa pendidikan merupakan tonggak berdirinya sebuah bangsa yang besar, berdaulat, berharkat…
Dalam teori generasi (Generation Theory) yang dikemukakan Graeme Codrington & Sue Grant-Marshall, Penguin, (2004) dibedakan 5 generasi manusia berdasarkan tahun kelahirannya, yaitu: (1) Generasi Baby Boomer, lahir 1946-1964; (2) Generasi X, lahir 1965-1980; (3) Generasi Y, lahir 1981-1994, sering disebut generasi millennial; (4) Generasi Z, lahir 1995-2010 (disebut juga iGeneration, GenerasiNet, Generasi Internet). DAN (5) Generasi Alpha, lahir 2011-2025. Kelima generasi tersebut memiliki perbedaan pertumbuhkembangan kepribadian.
Baby Boomer (lahir tahun 1946 – 1964)
Generasi yang lahir setelah Perang Dunia II ini memiliki banyak saudara, akibat dari banyaknya pasangan yang berani untuk mempunyai banyak keturunan. Generasi yang adaptif, mudah menerima dan menyesuaikan diri. Dianggap sebagai orang lama yang mempunyai pengalaman hidup.
Generasi X (lahir tahun 1965-1980)
Tahun-tahun ketika generasi ini lahir merupakan awal dari penggunaan PC (personal computer), video games, tv kabel, dan internet. Penyimpanan data nya pun menggunakan floopy disk atau disket. MTV dan video games sangat digemari masa ini. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Jane Deverson, sebagian dari generasi ini memiliki tingkah laku negatif seperti tidak hormat pada orang tua, mulai mengenal musik punk, dan mencoba menggunakan ganja.
Generasi Y (lahir tahun 1981-1994)
Dikenal dengan sebutan generasi millenial atau milenium. Ungkapan generasi Y mulai dipakai pada editorial koran besar Amerika Serikat pada Agustus 1993. Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, instan messaging dan media sosial seperti facebook dan twitter. Mereka juga suka main game online.
Generasi Z (lahir tahun 1995-2010)
Disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet. Mereka memiliki kesamaan dengan generasi Y, tapi mereka mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu seperti nge-tweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset. Apapun yang dilakukan kebanyakan berhubungan dengan dunia maya. Sejak kecil mereka sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget canggih yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian mereka.
Generasi Alpha (lahir tahun 2011-2025)
Generasi yang lahir sesudah generasi Z, lahir dari generasi X akhir dan Y. Generasi yang sangat terdidik karena masuk sekolah lebih awal dan banyak belajar, rata-rata memiliki orang tua yang kaya.
Generasi Z memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi-genarsi sebelumnya, berikut ini karakteristik Generasi Z:
Hasil riset yang dilakukan oleh tirto.id yang dilakukan 16 Juni 2017 dengan jumlah responden 1.201 orang berusia antara 7 – 21 tahun, riset tentang bagaimana generasi Z dalam kehidupan sehari-hari disajikan berikut ini:
Gadget | Persen |
Handphone/Smartphone | 89,10% |
Laptop | 5,20% |
Tablet | 3,20% |
PC | 2,50% |
Media | Persen |
Media Sosial | 35,20% |
Browser | 26,10% |
Televisi | 14,40% |
Messenger | 14,10% |
Youtube | 8,20% |
Lain-lain | 2,00% |
Alasan | Persen |
Kemudahan akses | 41,30% |
Tidak ada alasan | 23,00% |
Informasi lengkap | 21,50% |
Fitur yang menarik | 8,10% |
Lainnya | 6,10% |
Waktu | Persen |
3 – 5 jam | 34,10% |
< 2 jam | 32,40% |
6 – 8 jam | 19,30% |
> 12 Jam | 7,30% |
9 – 11 jam | 6,90% |
Situs/Apps | Persen |
54,20% | |
Line | 45,40% |
42,10% | |
Youtube | 39,40% |
Lainnya | 36,70% |
23,70% | |
BBM | 14,20% |
11,70% |
Sumber Bacaan
Aitken, Nola and Pungur, Lydia 1996 Authentic Assesment, diunduh dari www.ntu.edu.vn
Aris Shoimin, 2014 Aris Shoimin, 2014, Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Bernie trilling dan Charles fadel,M. 2009. 21st century skills learning for live in our time. San fransisco: wiley
Costa, A L and Kallick, B 1992. Reassesing assessment. In A. L. Palentine,IL: IRI/Skylight Publishing.
Dyer Jefrey H, Gregersen, Hal B, and Christensen Clayton. M 2009 The Innovator’s DNA, Harvad business review desember 2009m pp.1-10
Graeme Codrington & Sue Grant-Marshall, Penguin, 2004. Mind the gap. penguin books
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Menyiapkan Guru Masa Depan. Jakarta, DKI: Penulis
Ormiston, Meg 2011. creating a digitalrich classroom: teaching & learning in a web 2.0 world. Solution tree press, pp. 2-3 ISBN 9781935249-87-0;
Wiggins dan McTighe (2011) the understanding by design guide to creating high quality units. Alexandria, VA: ASCD
Tag: Baby Boomer (lahir tahun 1946 – 1964), Generasi Alpha (lahir tahun 2011-2025), Generasi X (lahir tahun 1965-1980), Generasi Y (lahir tahun 1981-1994), Generasi Z (lahir tahun 1995-2010), Teori Generasi
kak minta referensi buku teorinya generasi z dong kak. untuk bahan proposal. grand theorynya siapa ya generasi Z itu?
Berkup, Sezin Baysal. 2014. Working With Generations X And Y In Generation Z Period: Management Of Different Generations In Business Life. Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol. 5 No.19. DOI: http*://10.5901/mjss.2014.v5n19p218.
Bobby, John Fredy. 2012. Fenomena Bermain Generasi Z Dan Hubungannya Dengan Eksistensi Ruang Bermain Terbuka Di Lingkungan Perumahan Sederhana. Comtech Vol.3. No. 1. Pp. 8-14.
Escoda , Ana Pérez. 2016. Digital Skills in the Z Generation: Key Questions for a Curricular Introduction in Primary School : La competencia digital de la Generación Z: claves parasu introducción curricular en la Educación Primaria. Communicar, Vol. 49. Pp. 71 – 79. DOI: http*://dx.doi.org/10.3916/C49-2016-07.
Gibson, Kristin, dkk. 2013 Generation Z : The next generation of college students.NIRSA.
Tulgan, Bruce. 2013 Meet Generation Z: The second generation within the giant Millennial” cohort. RainmakerThinking, Inc. 125 Lawrence St. New Haven,
CT 06511 203-772-2002.
kak minta referensi untuk generasi Y dong, buat bahan proposal, thanks before
Berkup, Sezin Baysal. 2014. Working With Generations X And Y In Generation Z Period: Management Of Different Generations In Business Life. Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol. 5 No.19. DOI: http*://10.5901/mjss.2014.v5n19p218.
Bobby, John Fredy. 2012. Fenomena Bermain Generasi Z Dan Hubungannya Dengan Eksistensi Ruang Bermain Terbuka Di Lingkungan Perumahan Sederhana. Comtech Vol.3. No. 1. Pp. 8-14.
Escoda , Ana Pérez. 2016. Digital Skills in the Z Generation: Key Questions for a Curricular Introduction in Primary School : La competencia digital de la Generación Z: claves parasu introducción curricular en la Educación Primaria. Communicar, Vol. 49. Pp. 71 – 79. DOI: http*://dx.doi.org/10.3916/C49-2016-07.
Gibson, Kristin, dkk. 2013 Generation Z : The next generation of college students.NIRSA.
Tulgan, Bruce. 2013 Meet Generation Z: The second generation within the giant Millennial” cohort. RainmakerThinking, Inc. 125 Lawrence St. New Haven,
CT 06511 203-772-2002.
bisa rekomendasikan ke saya buku-buku yang behubungan dengan generasi Z begitu juga dengan literatur2 jurnal generasi Z