Mohon tunggu...
Ardiansyah Taher
Ardiansyah Taher Mohon Tunggu... Ilmuwan - Sociolinguist

Music, Sports, Languages

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Acara Berbau Klenik yang Tak Lepas dari Kritik

7 Maret 2018   02:32 Diperbarui: 7 Maret 2018   12:21 6000
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Robby Purba dan Roy Kiyoshi ditemani boneka kesayangannya, Emilia (Instagram.com/roykiyoshi)

 

Acara televisi yang satu ini sedang menjadi buah bibir di kalangan pecinta layar kaca tanah air. Sebuah reality show bertajuk "Karma" setiap harinya selalu trending di lini masa pelbagai platform media sosial.

Dipandu oleh pembawa acara Robby Purba dan konsultan spiritual, Roy Kiyoshi, acara ini menguak kisah problematika kehidupan setiap partisipan.

Sumber: Karma.antvklik.com
Sumber: Karma.antvklik.com
Masalah hidup seperti apa yang diangkat dalam acara "Karma"? Semua terkait hal-hal yang mistis; mulai dari pesugihan, ketindihan jin, susuk, hingga pemuja setan. Roy Kiyoshi sebagai ghost whisperer yang bisa "mencium" dan melihat makhluk halus di sekitar akan mencoba membantu peserta atau partisipan acara untuk melepaskan diri dari hal mistis tersebut dan kembali ke kehidupan normal.

Peserta acara "Karma" yang dihadirkan di setiap episodenya ditempatkan sesuai tanggal lahir yang diwakili angka 1 hingga 31. Roy akan memilih tanggal kelahiran sesuai dengan "masalah hidup" yang ingin diketahuinya lebih jauh.

Selain membantu partisipan, "Karma" juga menghadirkan bintang tamu yang berbeda di setiap edisi bagi yang memiliki pengalaman atau masalah berbau mistis, dan juga mungkin memiliki indera keenam.

Dikemas dengan apik serta ditambah dengan sound effect yang membuat bulu kuduk merinding, "Karma" berhasil membius pemirsa dari sejak awal kemunculannya. Bahkan acara ini menembus rating tertinggi dibanding acara-acara unggulan stasiun televisi lainnya di Indonesia.

Bagaimana tidak? Acara ini ditayangkan setiap hari, ditambah dengan edisi spesialnya dengan judul "Karma The Series". Pemirsa yang belum nonton dan penasaran bakal coba ambil remot TV dan coba intip sedikit "suasana" acara ini.

Sumber: popmagz.com
Sumber: popmagz.com
Pembawaan Robby Purba yang serius dan Roy Kiyoshi yang begitu khas saat membaca dan merasakan "energi negatif" dari partisipan semakin membuat acara ini semakin terlihat berbeda dibandingkan dengan acara serupa di masa jayanya. Sebut saja "Dunia Lain", "Gentayangan", dan lain-lain.

Terkadang, suasana studio berubah mengerikan dengan matinya lampu, pingsannya partisipan, hingga terjadinya kesurupan. Standar lah untuk acara seperti ini. Wong hantunya gak kelihatan kan? Dulu waktu nonton penampakan di "Dunia Lain" saja gak takut kok, hehehehe.

Belum lagi pembawaan Roy saat membaca aura peserta dengan gayanya yang khas ditambah bicaranya yang (mohon maaf) agak cadel itu:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun