Jumat, 26 April 2024

Beredar Hasil Exit Poll Pencoblosan di Jerman, Ini Tanggapan KPU

- Senin, 15 April 2019 | 19:03 WIB
ilustrasi pemilu
ilustrasi pemilu

JawaPos.com - Hasil exit poll pencoblosan di Berlin, Jerman beredar luas di grup WhatsApp. Hasilnya pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.


Menanggapi hal tersebut, Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari mengatakan, metode pencoblosan di luar negeri dilakukan dalam tiga cara. Pertama dikirimkan lewat pos, kotak suara keliling dan datang ke tempat pemungutan suara (TPS).


Kalaupun exit poll itu benar, kata dia, maka risetnya mengacu pada pemilih yang datang ke TPS. "Mungkin exit poll hanya untuk TPS, kalau yang metode pos tidak. Karena siapa juga yang ditanya," ujar Hasyim di Jakarta, Senin (15/4).


Hasyim menambahkan, surat suara luar negeri akan dihitung pada 17 April 2019, saat pesta demokrasi di dalam negeri dilakukan. "Kan baru dihitung nanti bareng-bareng tanggal 17 April," katanya.


Sekadar informasi, exit poll merupakan survei yang dilakukan segera setelah pemilih meninggalkan TPS. exit poll dilakukan mewawancarai kepada sampel pemilih yang dipilih di TPS tertentu.


Berikut ini pesan exit poll yang beredar di WhatsApps.


Forum Masyarakat Indonesia di Jerman melakukan kegiatan exit poll terhadap pemilih di TPS  yang berlokasi di Lehrterstraße 68 Berlin pada hari Sabtu, 13 April 2019 waktu setempat. Exit poll dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 116 orang responden secara acak, dengan komposisi responden laki-laki 46,6% dan perempuan 53,4%. Berdasarkan latar belakang usia, 31,9% responden berusia di bawah 28 tahun, 39,7% berusia 29-38 tahun, 17,2% berusia 39-48 tahun, dan 11,2% berusia lebih dari 49 tahun.


Exit poll merupakan survei wawancara tatap muka terhadap pemilih yang baru saja menyalurkan hak pilihnya di bilik suara.


Pilihan Presiden/Wakil Presiden:


Joko Widodo-KH Maruf Amin: 79,3%


Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 11,2%


Rahasia/Tidak Jawab: 9,5%


Pilihan Partai Politik:


PKB: 3,4%

Halaman:

Editor: Imam Solehudin

Tags

Konten berikut adalah iklan platform Geozo, media kami tidak terkait dengan materi konten ini.

Terkini