x

Liga Inggris Musim 1998/99: Anomali Rivalitas Arsenal vs Liverpool

Jumat, 2 November 2018 16:01 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
Arsenal vs Liverpool

INDOSPORT. COM - Liga Inggris banyak menghadirkan rivalitas panas di dalamnya. Salah satu rivalitas yang cukup tersohor ialah persaingan antara Arsenal vs Liverpool.

Kedua tim memang memiliki reputasi besar di tanah Inggris ataupun kancah benua Eropa. Tak heran, keduanya terus dihuni oleh pemain-pemain top kelas dunia.

Bukan hanya soal kebintangan pemain saja, Arsenal dan Liverpool juga kerap bersaing ketat di tabel empat besar papan atas klasemen Liga Inggris. Keduanya pun masuk ke dalam deretan tim yang terkenal dengan sebutan The Big Four.

Baca Juga

Akhir pekan nanti, jadwal Liga Inggris pekan ke-11 akan kembali menyajikan rivalitas Arsenal vs Liverpool. Pertemuan perdana kedua tim musim ini, bakal berlangsung di markas Arsenal, Emirates Stadium, Minggu (04/11/18).

Rivalitas Arsenal vs Liverpool dalam beberapa tahun belakangan kerap menghadirkan pertarungan menarik. Pertandingan kedua tim beberapa kali berakhir dengan hujan gol.

Musim lalu, saat kedua tim bertemu dalam Liga Inggris di Emirates Stadium, laga berakhir imbang dengan skor 3-3. Musim 2016/17 pun demikian, markas The Gunners dihujani tujuh gol dengan skor akhir 3-4 untuk kemenangan Liverpool.

Mungkin yang paling berkesan dan membekas dalam ingatan adalah pertandingan musim 2008/09. Bertanding di Anfield Stadium, Liverpool dan Arsenal bermain imbang dengan skor fantastis 4-4.

Walau demikian, bukan berarti hujan gol selalu bisa menghiasi rivalitas Arsenal vs Liverpool. Buktinya terjadi pada musim 1998/99, kala itu, sebuah anomali terjadi dalam rivalitas Arsenal vs Liverpool.


1. Pertemuan Pertama di Musim 1998/99

Michael Owen

Pertarungan pertama antara Arsenal vs Liverpool di musim 1998/99 terjadi pada 22 Agustus 2018. Pertandingan kala itu, dilangsungkan di markas dari kubu The Reds, Anfield Stadium.

Laga tersebut merupakan gelaran Liga Inggris pekan kedua. Baik Liverpool maupun Arsenal, sama-sama menatap pertandingan dengan modal positif, setelah sebelumnya di laga pekan pertama kedua tim mampu meraup kemenangan.

Liverpool kala itu tampil dengan skuat terbaiknya. The Reds mengandalkan duet penyerang Michael Owen dan Karl-Heinz Riedle untuk menggedor lini pertahanan Arsenal.

Kondisi tak jauh berbeda juga diterapkan Arsenal. The Gunners memasang duet Nicholas Anelka dan Dennis Bergkamp di lini depan, dengan didukung kecepatan Marc Overmars dari lini kedua.

Melihat skuat yang diturunkan kedua tim, tak heran bila lantas jalannya laga berlangsung sengit. Sayangnya, sengitnya pertandingan gagal membuahkan satu gol pun hingga wasit meniupkan peluit panjangnya.

Ya, papan skor tak berubah sama sekali hingga akhir pertandingan. Laga perdana Liverpool vs Arsenal di musim 1998/99 pun hanya diakhiri dengan skor imbang 0-0.


2. Pertemuan Kedua di Musim 1998/99

Mantan kiper Arsenal dan Timnas Inggris, David Simon.

Jelang pertemuan kedua Arsenal vs Liverpool di Liga Inggris musim 1998/99, kondisi nampak mulai terlihat sangat kontras. Kala itu, gelaran Liga Inggris sudah memasuki pekan ke-21, dan Arsenal sedikit lebih diunggulkan dalam laga tersebut.

Ya, Meriam London sedang berada di urutan empat klasemen dengan torehan 35 poin. Sementara dari kubu lawan, Liverpool tercecer di papan tengah klasemen, tepatnya di urutan tujuh dengan koleksi 31 poin.

Sayangnya, Arsenal tak bisa menurunkan skuat terbaiknya. Di lini depan, The Gunners kehilangan Dennis Bergkamp, dan posisinya digantikan oleh pemain serba bisa asal Portugal, Luis Boa Morte.

Faktor itu mungkin yang mempengaruhi peforma lini depan Arsenal dalam laga vs Liverpool. Buktinya, sampai pertandingan berakhir, kubui Arsenal tak bisa menceploskan satu bola pun ke gawang Liverpool.

Baca Juga

Begitu pula dengan yang dialami Liverpool. Turun dengan duet maut, Michael Owen dan Robbie Fowler, The Reds juga gagal menciptakan gol, sehingga laga lag-lagi berakhir imbang dengan skor 0-0.

Terus Ikuti Update berita sepak bola Liga Inggris dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM