7 Hal yang Akan Terjadi Jika Sering Tidak Mandi Sore

Jangan mandi satu kali sehari, gak baik bagi kesehatan

Mandi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan kuman yang melekat pada tubuh akibat seharian menjalankan aktivitas. Umumnya, seseorang akan mandi dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari dengan tujuan agar badan tetap segar, sehat, dan bersih.

Akan tetapi, bagaimana dengan orang yang sering tidak mandi sore karena sudah terlalu lelah? Berikut beberapa dampak atau hal yang akan terjadi jika kamu sering tidak mandi sore. Wajib tahu nih!

1. Susah tidur

7 Hal yang Akan Terjadi Jika Sering Tidak Mandi Sorecarilionclinicliving.com

Keringat, kotoran, dan bakteri yang tidak dibersihkan akan memicu munculnya gatal-gatal pada tubuh. Akibatnya, kamu akan sulit untuk tidur pada malam hari. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam waktu lama, maka bisa saja muncul penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan.

2. Mengalami bau badan

7 Hal yang Akan Terjadi Jika Sering Tidak Mandi Soregonaturalwithme.com

Bakteri yang menempel pada tubuh dan tidak dibersihkan akan membuat badan menjadi bau. Hal ini diakibatkan oleh keringat yang semakin menumpuk, sehingga memunculkan aroma yang kurang sedap.

3. Stres dan depresi

7 Hal yang Akan Terjadi Jika Sering Tidak Mandi Sore.vision.org

Otot dan saraf yang kelelahan saat melakukan aktivitas seharian dapat membuat tubuh tegang. Akibatnya, kamu akan mudah mengalami stres dan depresi. Mandi pada sore hari bermanfaat untuk membuat tubuhmu lebih rileks.

Baca Juga: Hati-hati, 7 Kebiasaan Mandi Ini Bisa Memunculkan Jerawat Muka & Tubuh

4. Mudah mimisan

7 Hal yang Akan Terjadi Jika Sering Tidak Mandi Soreclinicaladvisor.com

Menjalankan aktivitas yang beragam sejak pagi hingga sore hari menyebabkan suhu tubuh meningkat. Terlebih bagi mereka yang bekerja di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung.

Biasanya, untuk menstabilkan kondisi tersebut kamu hanya perlu mandi pada sore hari. Oleh karena itu, jika kamu tidak mandi sore maka suhu tubuh akan tetap tinggi sehingga menyebabkan tubuh mudah mengalami mimisan.

5. Mudah terserang flu

7 Hal yang Akan Terjadi Jika Sering Tidak Mandi Soreeverydayhealth.com

Kebiasaan jarang mandi pada sore hari dapat membuat pertahanan tubuh menjadi minim. Akibatnya, tubuh akan mudah terjangkit berbagai macam virus terutama virus flu. Selain itu, jika kamu sedang mengalami flu dan tidak mandi sore, hal tersebut dapat membuat kondisi flu semakin parah.

6. Munculnya gangguan eksema

7 Hal yang Akan Terjadi Jika Sering Tidak Mandi Soreremediesforme.com

Saat kamu tidak mandi, tubuh akan mudah sekali terjangkit virus dan bakteri. Salah satu gangguan yang kerap muncul adalah adalah eksema atau gangguan yang terjadi akibat kulit kering dan gatal. Gangguan ini disebabkan oleh debu, keringat, pasir, kotoran, dan bakteri lain yang menempel pada kulit dan tidak dibersihkan.

7. Dijauhi teman dan orang sekitar

7 Hal yang Akan Terjadi Jika Sering Tidak Mandi Soresocialpsychonline.com

Hati-hati, saat kamu belum mandi sore dan sudah ingin melakukan aktivitas lain, maka bisa saja perilaku seperti menggaruk dan bau badan kurang sedap menjadi masalah serius, sehingga kamu dijauhi teman. Sebab, meskipun kamu sudah menyembunyikannya dengan parfum, tubuh akan tetap mengeluarkan bau yang kurang sedap akibat kuman dan kotoran yang masih menempel.

Itu dia beberapa hal yang akan terjadi saat kamu malas atau jarang mandi sore. Selain itu, kotoran yang menempel akan membuatmu tidak nyaman dan justru mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit.

Oleh karenanya, jagalah kebersihan tubuhmu dengan rutin membersihkan diri. Baik mandi sore ataupun pagi, keduanya akan tetap bermanfaat bagi diri kalian sendiri.

Baca Juga: 7 Manfaat Mandi Air Dingin di Saat Hujan dan Musimnya, Jangan Takut!

Topik:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya