Brilio.net - Untuk kamu pecinta film biografi maka kamu bakal dimanjakan dengan First Man. Film produksi Universal Pictures ini sudah mulai tayang Rabu (10/10) kemarin. Kamu boleh berbahagia, karena penayangan di Indonesia lebih dulu dibandingkan di Hollywood. Film berdurasi 140 menit ini tayang di Amerika Utara pada Jumat (12/10).

First Man yang menceritakan tentang kehidupan dan perjalanan Neil Armstrong ke luar angkasa. Ryan Gosling yang berperan sebagai Neil bekerja sama lagi dengan sutradara peraih Oscar Damien Chazelle. Mereka berdua ini sebelumnya pernah kerja sama dalam film La La Land.

Film ini menceritakan secara detail tentang masa-masa penting bagi Neil Armstrong dan NASA dalam misi untuk mengirimkan manusia pertama ke bulan. Untuk itu film ini akan memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang masa penting Armstrong yang belum banyak orang tahu.

Sebelum kamu tonton di bioskop, ada baiknya simak deretan fakta tentang film yang menelan bujet 59 juta dolar AS. Berikut fakta-faktanya seperti brilio.net lansir dari berbagai sumber, Kamis (11/10).

1. Diadaptasi dari buku biografi Neil Armstrong.

fakta film first man © berbagai sumber

foto: firstman.com

Cerita dari film ini diadaptasi dari buku biografi Neil Armstrong berjudul First Man: The Life of Neil A. Armstrong. Pada awalnya proyek film ini dibeli pertama kali oleh Warner Bros. Namun pada tahun 2010, Universal Pictures dan Dreamworks mengambil alih. Damien Chazelle yang sukses dengan film La La Land ditunjuk untuk menyutradarai film ini.

 

2. Menghadirkan astronot rekan satu tim Neil Armstrong.

fakta film first man © berbagai sumber

foto: firstman.com

Film First Man menghadirkan dua rekan satu tim Armstrong saat menjalankan misi menuju Bulan. Ialah Buzz Aldrin, pria kedua yang menginjakkan kaki di Bulan, dan Mike Collins, astronot yang tetap di orbit sekitar Bulan. Keduanya ikut hadir dan mengisi peran pendukung pada film ini.

 

3. Membuat replika rumah Armstrong sesuai aslinya.

fakta film first man © berbagai sumber

foto: firstman.com

Untuk menciptakan kembali suasana kehidupan Armstrong yang telah meninggal tahun 2012 lalu, kru film membuat replika rumah astronot tersebut sesuai skala aslinya. Pembuatan replika ini dibantu langsung oleh keluarga Armstrong yang memberikan cetak biru rumahnya.

 

4. Ada adegan yang memicu kontroversi.

fakta film first man © berbagai sumber

foto: wisegeek.com

Tak hanya respons positif yang didapat, film ini juga mendapat komentar negatif. Salah satunya dari orang nomor satu Amerika Serikat, Presiden Donald Trump. Hal ini disebabkan sang sutradara yang tidak membuat aksi ikonik Buzz Aldrin yang menancapkan bendera Amerika Serikat di Bulan.

Dilansir brilio.net dari laman dailycaller, Trump sangat menyayangkan keputusan tersebut. Oleh karena alasan itu ia menyatakan tidak akan menonton film First Man.

 

5. Difavoritkan mendapat penghargaan Oscar.

fakta film first man © berbagai sumber

foto: firstman.com

Sebelumnya telah tayang di beberapa festival seperti Venice Film Festivals, film First Man mendapat banyak respons positif. Hal ini membuat film yang dibintangi Ryan Gosling ini digadang-gadang sebagai calon penerima Oscar 2019. Apalagi duet antara sutradara Chazelle dan Ryan yang pernah sukses di La La Land kini kembali bekerja sama untuk film ini.