Membahas game memang tidak ada habisnya, kemajuan game terus berkembang seiring semakin canggihnya teknologi. Bermain game juga sudah bisa dilakukan di smartphone, berbeda dengan zaman dulu yang hanya bisa dimainkan di konsol.

Membahas game konsol, ada beberapa game konsol simulasi yang sampai sekarang masih diakui anak 90an sebagai game simulasi terbaik. Game simulasi adalah game yang menggambarkan dan meniru kehidupan manusia seperti pada umumnya. Nah, di bawah ini adalah 3 game simulasi PS1 yang masih dianggap terbaik oleh anak 90an.

1. The simcity 2000.

3 Game simulasi PS1 ini masih dicap sebagai game simulasi terbaik

Game yang dirilis oleh Maxis pada tahun 1993 ini salah satu game simulasi pembangunan kota terbaik pada masanya. Selain untuk PS1, game ini juga dirilis untuk komputer-komputer yang menjalankan sistem operasi Apple Macintosh.

Mungkin kamu merasa sangat familiar dengan game android yang bernama Sim City Buildit. Simcity di android termasuk game remake dari Simcity 2000 itu sendiri. Namun bedanya pada game versi android adalah pada grafiknya. Untuk Simcity 2000 grafiknya masih kurang bagus sebagaimana game-game PS1 pada umumnya.

Namun karena Simcity 2000 adalah game konsol, tidak ada yang namanya kita harus membeli coin atau cash dengan uang sungguhan. Simcity 2000 punya cara sendiri dalam mencari uang untuk membangun kota. Sebenarnya cara mainnya tidak ada bedanya dengan game Sim City Buildit, hanya saja kesulitan dari game ini adalah tidak ada bahasa indonesianya seperti pada versi androidnya. Nah, berikut cuplikan trailer gamenya.

2. Harvest moon back to nature.

3 Game simulasi PS1 ini masih dicap sebagai game simulasi terbaik

Siapa sih anak 90an yang tidak kenal dengan game simulasi pertanian ini. Game yang dirilis oleh Natsume pada tahun 2000 ini mempunyai banyak sekali penggemar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Harvest Moon Back To Nature atau disingkat HMBTN adalah game simulasi pertanian yang mempunyai jalan cerita yang sangat lengkap hampir sama dengan kehidupan sehari-hari.

Selain berkebun dan beternak, kamu juga bisa membangun rumah, besosialisasi dengan warga di game ini, dan juga kamu bisa menikah dan mempunyai anak. Sebenarnya tujuan utama pada game ini adalah merapikan dan membangun kembali kebun milik kakeknya yang sudah di tinggalkan. kamu di beri waktu 3 tahun oleh walikota untuk membangun kembali kebun tersebut. Jika berhasil kamu bisa jadi warga tetap, namun jika gagal kamu akan diusir oleh warga dan walikota.

Selain misi tersebut, ada banyak hal lain yang menarik yang disuguhkan oleh game ini, banyak rahasia-rahasia yang akan kamu temukan dalam game ini. Bagaimana, mau bernostalgia dengan game ini ??

3. Theme Hospital.

3 Game simulasi PS1 ini masih dicap sebagai game simulasi terbaik

Game yang satu ini adalah game simulasi bisnis mengelola rumah sakit. Game Theme Hospital dirilis oleh Electronic Art pada tahun 1997. Theme Hospital adalah game simulasi yang di mana pemain harus bisa mengelola dan membangun rumah sakit.

Pemain harus bisa mendapatkan uang untuk mengembangkan rumah sakit seperti merekrut dan menggaji dokter, fasilitas kesehatan, fasilitas penunjang untuk para pasien pada saat menunggu, dll.

Hal yang unik dan lucu dari game ini adalah para pasien mempunyai penyakit yang aneh dan absurd. Ada yang punya penyakit seluruh badannya hilang, kepala membesar, dan juga lidah yang membesar dan menjulur keluar. Dan cara dokter mengobati para pasien pun terbilang unik juga. Berikut cuplikannya.

Nah, buat kalian anak 90an yang ingin bernostalgia dengan 3 game simulasi di atas, kalian bisa memainkannya di smartphone. Namun caranya dengan mendownload emulator PS1 terlebih dahulu, dan juga game yang bisa kalian download di situs penyedia game PS di google.
Buat para milenial yang tidak sempat memainkan game ini, cobain deh rasain gimana rasanya memainkan game simulasi tahun 90an. Game yang tidak berbayar seperti game simulasi di android ini gak kalah seru lho.

Semoga bermanfaat.