Pelajaran

Tugas Membuat Teks Eksplanasi – Gerhana Bulan

Gerhana Bulan

Oleh: Sekar A. S

gerhana bulan'

           Gerhana bulan adalah sebuah peristiwa dimana terhalangnya  sebagian wajah bulan oleh bayang-bayang bumi. Yang membuat bulan seakan hanya separuhnya.

            Gerhana bulan terjadi ketika bumi berada di tengah-tengah antara matahari dan bulan. Dimana matahari, bumi, dan bulan terletak pada satu garis sejajar. Sehingga bumi menghalangi bulan untuk mendapat pantulan sinar matahari. Selain itu, terjadinya gerhana bulan juga akibat dari adanya revolusi bulan. Gerhana bulan terjadi pada waktu malam hari dan pada saat fase bulan purnama sedang terjadi. Gerhana ini terjadi dengan jangka waktu 5  sampai 6 jam.

            Revolusi bulan selain menyebabkan gerhana bulan, juga menyebabkan terjadinya gerhana matahari. Jika gerhana bulan terjadi karena bumi menghalangi, maka gerhana matahari adalah sebaliknya. Bulanlah yang menghalangi. Pada gerhana matahari susunannya adalah matahari, bulan, dan bintang terletak pada satu garis sejajar. Oleh karena itu, wajah matahari terhalangi oleh bulan, sehingga terjadilah gerhana matahari. Gerhana matahari ini terjadi pada waktu siang hari.

            Terkadang pula gerhana bulan dapat menimbulkan efek bencana alam di bumi. Biasanya efek ini terjadi pada gerhana bulan penumbra. Efek yang ditimbulkan misalnya adalah gelombang laut meninggi, mempengaruhi adanya tanah longsor pada tanah yang tak stabil, cepat terjadi hujan, dan dapat menimbulkan efek gempa.

            Gerhana bulan tak sering terjadi. Biasanya hanya terjadi beberapa kali dalam setahun. Dan efek – efek gerhana bulan tersebut belum tentu terjadi.

,

Review:

Perlu diingat dalam penulisan Teks Eksplanasi, ada dua hal yang perlu dijadikkan garis besar. Yaitu:

  1. Teks Eksplansi adalah teks yang menjelaskan terjadinya suatu fenomena alam.
  2. Terdiri atas 3 struktur: Pernyataan Umum, Deretan Penjelas, dan Interpretasi.

Dari kedua garis besar tersebut, kita bisa membuat Teks Eksplanasi dengan mudah asalkan mengerti jelas dasar-dasarnya. Selain itu, unsur kebahsaan yang terkandung dalam Teks Eksplanasi juga haris dipelajari. Sekian^.^

9 tanggapan untuk “Tugas Membuat Teks Eksplanasi – Gerhana Bulan

      1. wah wahh bagus banget wkwkwkwkw maaf kelas berapa ya !!!!!!! kkkkk sory aku ganggu yaaa minal aidzin wal vaidzin

Tinggalkan komentar