Share

Rumah Warga di Lumajang Rusak Diterjang Longsor

Antara , Jurnalis · Rabu 07 November 2018 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 07 519 1974278 rumah-warga-di-lumajang-rusak-diterjang-longsor-g0kwNRlWph.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)
A A A

LUMAJANG - Sebuah rumah warga mengalami kerusakan akibat bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Tamanayu, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa.

"Tanah longsor menimpa rumah milik Bu Siti, warga RT 23 RW 08, Dusun Jongrang, Desa Tamanayu, Kecamatan Pronojiwo, namun tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut," kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo di Lumajang.

Saat kejadian tanah longsor, lanjut dia, pemilik rumah sedang memasak dan mendengar suara gemuruh disertai getaran, sehingga langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri sambil berteriak minta tolong.

"Tanah longsor itu menyebabkan atap dapur rumah Bu Siti rusak, kemudian reruntuhan tanah longsornya juga menimpa tembok tempat cuci piring, dan garasi mobil milik keponakan korban," tuturnya.

Ia menjelaskan pihak Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana BPBD Lumajang langsung menuju ke lokasi bencana tanah longsor bersama Babinsa Koramil, perangkat desa, perangkat kecamatan dan warga setempat.

"Petugas sudah melakukan penanganan dan pembersihan longsoran yang dibantu oleh masyarakat sekitar di rumah korban, namun kami imbau pemilik rumah tetap waspada," katanya.

Longsor

Wawan mengatakan bencana tanah longsor tersebut terjadi karena hujan yang turun sejak pukul 03.00 WIB dengan intensitas tinggi, sehingga menyebabkan longsor menerjang rumah warga di Desa Tamanayu.

Selain tanah longsor, hujan yang turun disertai angin kencang di Kabupaten Lumajang menyebabkan sejumlah pohon tumbang yakni di Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo terjadi pohon tumbang berdiameter 15 cm dan pohon tumbang juga terjadi di Blok Angrum di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

"Kami imbau masyarakat Lumajang tetap siaga dan waspada terhadap ancaman bencana selama musim hujan seperti banjir, tanah longsor, puting beliuang, dan pohon tumbang," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini