Waspadai Virus Corona, Bandara Adi Soemarmo Solo Pasang Thermal Scanner

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 23 Januari 2020
 Waspadai Virus Corona, Bandara Adi Soemarmo Solo Pasang Thermal Scanner
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan, Semarang, Jawa Tengah melakukan pemeriksaan penumpang dengan alat thermal scanner, Kamis (23/1). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah memasang alat thermal scanner untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Penumpang pesawat tujuan internasional diharuskan untuk melewati pemeriksaan alat thermal scanner terlebih dulu.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengatakan pemasangan thermal scanner ini dilakukan sebagai antisipasi penyebaran virus corona yang saat ini tengah mewabah di Tiongkok. Pengelola bandara perlu melakukan antisipasi supaya virus tersebut tidak sampai masuk ke Bandara Adi Soemarmo Solo.

Baca Juga:

Pemprov DKI Minta Warga Waspadai Wabah Pneumonia dari Tiongkok

"Kami langsung bergerak cepat melalukan antisipasi dengan memasang thermal scanner di pintu masuk dan keluar tujuan penumpang internasional," ujar Usman kepada awak media termasuk merahputih.com di Solo, Kamis (23/1).

Bandara Adi Soemarmo Solo pasang alat Thermal Scanner untuk deteksi virus dari penumpang pesawat
General Manager Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, Kamis (23/1). (MP/Ismail)

Bandara Adi Soemarmo Solo, kata dia, punya penerbangan internasional dari Kunming, Tiongkok dan dari Kuala Lumpur, Malaysia. Penerbangan tersebut saat ini ramai. Terlebih banyak warga keturunan Tiongkok yang ada di dalam negeri mudik untuk merayakan Tahun Baru Imlek 2571.

Airport Operation and Security Senior Manager AP I Bandara Adi Soemarmo, Goentoro mengatakan ppenumpang dari Kunming tiba di Bandara Adi Soemarmo pada Kamis pagi. Semua penumpang langsung dilakukan pemeriksaan thermal scanner.

"Pemeriksaan thermal scanner penumpang yang baru saja tiba di Bandara Adi Soemarmo dilalukan oleh petugas KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan)," kata dia.

Dari hasil pemeriksaan 180 penumpang Citylink dengan pesawat Airbus A320 Neo, lanjut dia, tidak ditemukan adanya tanda-tanda penyebaran virus corona. Goentoro mengatakan antisipasu bahaya virus corona juga dilakukan dengan melibatkan pihak maskapai.

Baca Juga:

Sedang Mewabah di Tiongkok dan Taiwan, Apa itu Virus Corona?

"Kemenkes (Kementerian Kesehatan) juga sudah menggeluarkan imbauan ke semua bandara agar mewaspadai virus corona. Petugas yang memeriksa juga dilengkapi masker," pungkasnya.(*)

Beria ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Pencegahan Penyebaran Virus Mers-CoV di Indonesia

#Virus Corona #Virus #Bandara Adi Soemarmo #Tiongkok
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan