Categories: Kebiasaan

18 Manfaat Melepas BH Saat Tidur Bagi Kesehatan

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Banyak wanita yang tidak tahu apa saja manfaat melepas bh saat tidur, sehingga wanita yang sedang tiudr memilih untuk tetap mengenakan bh nya meskipun sedang tidur. Banyak wanita yang merasa tidak nyaman jika harus melepas bh nya saat tidur, rasa tidak nyaman dan tidak terbiasa itulah yang membuat wanita enggan untuk melepaskan bh nya saat tidur.

Tak hanya itu saja, banyak wanita yang merasa risih jika bhnya dilepas. Namun, jika wanita tahu melepas bh saat tidur memiliki banyak manfaat, wanita pun akan melakukan hal tersebut. Kurangnya pengetahuan wanita tentang melepas bh saat tidur membuat wanita tidak mau melakukan hal tersebut. Sama halnya dengan melepas bh, melepas cd pun juga bermanfaat untuk wanita. Banyak ahli medis mengatakan bahwa melepas bh saat tidur memberikan manfaat dan keuntungan bagi wanita yang melakukannya.

Melepaskan bra saat tidur memiliki banyak manfaat, manfaat inilah yang harus diketahui oleh banyak wanita. Jangan jadi wanita yang tidak peduli dengan kesehatan, maksudnya di sini adalah meski wanita sudah tahu berbagai macam manfaat dari melepas bra saat tidur, wanita tetap tidak mau melakukannya dengan alasan tidak nyaman dan risih. Mulai saat ini, terapkanlah pola hidup sehat dengan melepas bh saat tidur. Ini dia manfaat yang akan wanita dapatkan saat melepas bhnya saat tidur :

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Selama seharian penuh, payudara ditekan dengan bra. Penekanan tersebut bisa membuat aliran darah di sekitar payudara menjadi terganggu. Alasan itulah yang mengharuskan kenapa wanita saat malam hari harus melepaskan bhnya. Hal itu digunakan untuk memberikan waktu bagi payudara untuk melancarkan aliran darah di payudara. Jika aliran darah di dalam payudara lancar, maka fungsi dan kinerja tubuh yang lainnya pun akan lancar.

Baik untuk melancarkan peredaran darah

  1. Keringat

Bra ketat dan menempel hampir sepanjang hari di payudara bisa membuat wanita kurang nyaman karena payudara bisa menimbulkan keringat. Keringat yang ada di payudara bisa membuat payudara terasa gatal bahkan bisa terkena penyakit kulit seperti jamur, kadas dan kurap. Saat tidur, menggunakan bh juga bisa menimbulkan keringat sehingga wanita akan merasakan gatal-gatal saat tidur.

  1. Sesak Nafas

Bra yang menempel ketat di payudara juga bisa menyebabkan sesak nafas pada wanita, karena diafragma menjadi terikat dengan bh tersebut.

  1. Insomnia

Wanita yang menggunakan bra saat tidur rentan terkena insomnia, bra juga akan terasa mengganjal saat tidur sehingga berpengaruh terhadap kualitas tidur wanita. Kualitas tidur yang nyenyak dan berkualitas akan membuat hidup yang berkualitas pula. Berbeda halnya dengan wanita yang tidak menggunakan bra saat tidur.

Baik untuk mencegah anemia

  1. Gelisah

Wanita yang menggunakan bra juga akan sering gelisah, hal itu dikarenakan pernafasan kurang lancar, mengganjal dan terlalu mengikat pada bagian dada. Wanita akan gelisah dalam tidurnya sehingga dia akan mudah terbangun sepanjang malam. Melepaskan bra bisa membuat pernafasan menjadi lega dan terhindar dari gelisah serta insomnia.

  1. Iritasi

Jika wanita melepaskan bh nya saat tidur, dia akan terhindar dari iritasi. Berbeda halnya jika wanita menggunakan bh nya saa tidur. Dia akan mudah terkena iritasi. Iritasi itu bisa terjadi pada punggung dimana garis luar bra melekat dan menempel. Tali bra tersebut akan bergesekan langsung dengan kulit punggung sehingga akan meninggalkan bekas merah atau bercak merah di punggung kita.

  1. Menghindari Kanker Payudara

Penelitian banyak yang menunjukkan bahwa pemakaian bra yang maksimal adalah sepanjang 12 jam saja. Survei yang dilakukan membuktikan fakta bahwa wanita yang memakai bra lebih dari 12 jam rentan terkena kanker payudara. Airan darah yang tidak maksimal di payudara juga bisa menyebabkan rusaknya jaringang di payudara sehingga menjaid penyebab sel-sel abnormal mulai muncul dan mulai tumbuh di payudara. Jika aliran darah lancar,maka payudara bisa terhindar dari berbagai macam penyakit kronis maupun non kronis. Resiko terkena kanker payudara pun bisa di minimalisir dengan melepaskan bra saat tidur malam.

Baik untuk mencegah kanker

  1. Tidak Menyebabkan Payudara Kendur

Melepaskan bra saat tidur, akan membuat payudara menjadi kencang. Tidak ada alasan atau penelitian yang menjelaskan bahwa melepas bra bisa menyebabkan payudara kendur. Berikut ini berbagai macam hal yang bisa menyebabkan payudara menjadi kendur :

  • Kurangnya elastin di dalam kulit.
  • Kurangnya struktur pendukung payudara, struktur itu biasa disebut dengan coopres ligament.
  • Kurangnya jaringan payudara karena bertambahnya usia, berat badan yang semakin bertambah atau berkurang serta kehamilan.
  1. Melepas Bh Baik Untuk Pertumbuhan

Bagi remaja cewek, melepas bh baik untuk pertumbuhan payudaranya. Saat tidur, hormon pertumbuhan akan dimulai. Sehingga melepas bh saat tidur bisa menunjang pertumbuhan payudara yang sedang terjadi. Sehingga tidak heran jika remaja wanita melepas bh nya, dia akan memiliki bentuk payudara yang indah serta membentuk payudara yang berisi.

Related Post
  1. Nyaman

Saat anda melepaskan bra atau bh saat tidur, anda akan merasakan nyaman. Rasa nyaman itu akan anda dapatkan ketika anda melepaskan bra. Tanpa ada rasa mengganjal, tanpa ada rasa gatal dan iritasi. Jika rasa nyaman telah didapatkan maka tidur pun akan menjadi nyenyak dan berkualitas. Jika tidur sudah nyenyak dan berkualitas maka akan menciptakan kesehatan yang baik untuk tubuh. Orang yang memiliki tidur berkualitas akan terhindar dari penyakit jantung, stroke, diabetes dan juga hipertensi.

  1. Menyenangkan

Melepas bra saat tidur juga akan terasa menyenangkan. Hal itu dikarenakan anda tidak akan merasa terkekang dan tertekan karena bra tersebut. Sehingga anda akan merasakan rasa yang nyaman namun juga menyenangkan. Hidup tanpa tertekan dan terkekang akan sangat menyenangkan bukan?.

  1. Tidak Menimbulkan Bekas

Bra atau bh yang dipakai terlalu sering dan terlalu ketat bisa menimbulkan bekas pada punggung. Bekas itu sangat menganggu penampilan wanita. Sehingga jika terlalu lama dipakai bekas itu akan semakin dalam dan semakin sulit dihilangkan. Bekas yang sulit untuk dihilangkan bisa menjadi ciri bagi punggung. Tentu anda tidak mau jika punggung anda berciri bukan?

  1. Menghindari Nyeri

Tanpa anda sadari, pemakaian bh yang ketat dan digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan nyeri dan sakit pada payudara. Terutama jika bh yang anda pakai adalah bh yang ada penyangga kawatnya. Kawat tersebut bisa menimbulkan nyeri dan rasa sakit pada payudara sehingga nyeri tersebut bisa mengganggu aktivitas sehari-hari anda.

  1. Menghindari Pigmentasi Kulit

Bra yang digunakan secara terus menerus bisa membuat pigmentasi kulit meningkat. Pigmentasi kulit akan terjadi pada bagian tubuh yang tertekan dengan bra yang ketat dan berkawat. Terutama saat tidur, pemakaian bra yang ketat bisa meningkatkan resiko pigmentasi ini. Lebih baik wanita melepaskan branya saat tidur agar terhindar dari pigmentasi.

  1. Lingkar Dada Menjadi Longgar

Penggunaan bra yang terlalu ketat bisa menyebabkan timbulnya garis-garis pada lingkar dada, sehingga jika anda melepaskan bra saat tidur bisa membuat garis-garis di bagian punggung menjadi tidak ada. Tidak hanya itu saja, lingkar dada pun menjadi longgar kembali.

  1. Meringankan Gejala PMS

Saat perempuan terkena PMS, dia akan merasakan nyeri pada bagian kedua payudaranya. Melepaskan bra saat tidur bisa meringankan gejala PMS pada perempuan yang mengalami menstruasi. Hal itu disebabkan saat PMS, wanita yang menstruasi tidak akan merasakan nyeri dan sakit lagi pada kedua payudaranya sebab bh dan bra tidak mengikat bagian payudaranya.

  1. Meredakan Nyeri Punggung

Saat orang terlalu lama menggunakan bra, dia bisa terkena nyeri punggung yang luar biasa. Pemakaian bra yang terlalu lama bisa membuat punggung menjadi tertekan, jika sudah begitu bra bisa menyebabkan dan menimbulkan rasa nyeri di bagian punggung. Hal itu dikarenakan melepaskan bra saat tidur bisa membuat punggung terhindar dari tali bra yang ketat dan menekan punggung terlalu kencang.

  1. Membentuk Payudara Yang Ideal

Kadang pemakaian bra yang terlalu ketat justru membuat otot payudara menjadi tertarik ke atas. Otot payudara yang tertarik ke atas secara paksa bisa membuat bentuk payudara tidak menjadi ideal dan bentuk payudara menjadi naik ke atas. Melepaskan bra saat tidur bisa membuat payudara bernafas dengan lega, sehingga payudara yang bernafas secaar leluasa bisa membuat bentuk payudara menjadi ideal dan juga lebih bagus.

Tidur tanpa bh sudah terbukti sangat baik untuk kesehatan wanita, jadi jangan di sepelekan yah..

Tips Memilih Bra Atau Bh

Meski dilepas saat malam hari, wanita harus tahu bagaimana caranya memilih bra atau bh yang sehat dan nyaman. Tidak semua bra bisa aman digunakan. Oleh sebab itulah wanita harus tahu cara memilih bra yang tepat dan sehat. Berikut ini tips memilih bra yang aman untuk digunakan :

  1. Memilih Bh Yang Pas

Untuk mendapatkan bra yang sesuai, anda harus memilih bra yang sesuai. Caranya adalah dengan mengepaskan dengan ukuran payudara anda, jangan membeli bh yang terlalu kecil atau terlalu besar. Bh yang terlalu besar bisa membuat payudara tidak nyaman, sedangkan bh yang terlalu kecil bisa membuat wanita menjadi tidak nyaman menggunakan bh tersebut.

  1. Memilih Bh Yang Menyerap Keringat

Untuk memilih bra yang sehat, sebaiknya anda memilih bra yang bisa digunakan untuk menyerap keringat. Jangan menggunakan bra yang terbuat dari nilon, sebab nilon tidak bisa menyerap keringat. Pilihlah bra yang terbuat dari bahan katun karena katun bisa digunakan untuk menyerap keringat secara sempurna. Meski katun menyerap keringat, anda tidak boleh terlalu lama menggunakan bra tersebut.

  1. Tali Bh Yang Elastis

Sebaiknya wanita memilih tali bh yang elastis, hal itu dikarenakan tali bh yang elastis bisa membuat wanita nyaman dalam menggunakan bhnya. Tali bh yang elastis akan kembali ke bentuk semula meski wanita banyak bergerak. Jangan memilih tali bh yang terlalu lentur, hal itu dikarenakan tali bh yang terlalu lentur memiliki daya yang kurang dalam menopang payudara yang ukurannya terlalu besar atau berisi.

  1. Cup Bh Yang Benar

Saat akan memilih bra atau bh usahakan untuk memilih cup bh yang benar, pas untuk bentuk dan ukuran payudara sehingga tidak akan membuat bh yang digunakan membuat payudara menyembul keluar atau ke atas. Bra yang ideal adalah bra yang memiliki cup membentuk payudara, sehingga cup payudara bisa menyupport payudara agar tidak melorot.