TRIBUNMANADO.CO.ID - Menurut penelitian yang dilakukan We Are Social, perusahaan media asal Inggris yang bekerja sama dengan Hootsuite, rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial.
Dari laporan berjudul "Essential Insights Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World" yang diterbitkan tanggal 30 Januari 2018, dari total populasi Indonesia sebanyak 265,4 juta jiwa, pengguna aktif media sosialnya mencapai 130 juta dengan penetrasi 49 persen.
Sebanyak 120 juta orang Indonesia menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet untuk mengakses media sosial, dengan penetrasi 45 persen.
Dalam sepekan, aktivitas online di media sosial melalui smartphone mencapai 37 persen.
Figur presentase rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktunya untuk mengakses media sosial(We Are Social).
Baca: Maengket Maesaan Tampil Memukau di Hari Pengucapan Syukur
Baca: Pasangan Mahasiswa Terciduk Mesum di Hotel, Satpol PP Sebut Mereka Cantik-cantik, Gagah-gagah
Baca: Ramalan Zodiak Besok, Senin 22 Juli 2019: Kebahagiaan Menanti Gemini, Cancer Perlu Move On
Baca: Video Cuplikan Gol & Highlight ICC CUP 2019 Arsenal vs Fiorentina Skor Akhir 3-0, Eddie Cetak Brace
Baca: Polsek Pinolosian Bantu Pembangunan Rumah Ibadah di Desa Tolotoyon
Berdasarkan aplikasi yang paling banyak diunduh, perusahaan media sosial di bawah Mark Zuckerberg mendominasi di tiga teratas.
Secara berurutan dari posisi pertama adalah WhatsApp, Facebook, Instagram, dan baru diikuti media sosial buatan Korea Selatan, Line.
Berdasarkan rata-rata trafik situs per bulan, Facebook menjadi media sosial paling banyak dikunjungi dengan capaian lebih dari 1 miliar juta pengunjung perbulan.
Rata-rata pengunjung Facebook menghabiskan waktu 12 menit 27 detik untuk mengakses jejaring sosial tersebut.
Baca: Ibadah Pengucapan Syukur di Minahasa, Warga Tondano Dibekali Ayat Ini
Baca: Tuding Jiplak Novelnya, Seorang Pria Bakar Studio Animasi, 34 Orang Tewas
Baca: Minggu Depan Jokowi Berencana Potong Rambut Gaya Undercut di Tukang Gunting Langganannya
Baca: Penyesalan Terbesar Nunung, Sempat Marah dan Lakukan Hal Tak Terpuji Pada Ibunya
Baca: Sosok Jenderal TNI yang Berani Gebrak Meja Rumah Presiden, Jujur Maka Berani Jadi Idolanya Ahok
Sebesar 92 persen mengakses Facebook via mobile dengan perbandingan persentase berdasar gender sebanyak 44 persen untuk wanita dan 56 persen adalah pengguna pria.
Pengguna Facebook didominasi golongan usia 18-24 tahun dengan presentase 20,4 persennya adalah wanita dan 24,2 persennya adalah pria.
Sementara total pengguna aktif Instagram bulanan di Indonesia mencapai 53 juta dengan presentase 49 persen wanita dan 51 persen adalah pria.
Figur presentase media sosial yang paling aktif diakses pengguna media sosial Indonesia Januari 2018 (We Are Social) Hegemoni perusahaan milik Zuckerberg juga nampak dalam survei media sosial paling banyak diakses di Indonesia berdasarkan klaim pengguna.
Dirangkum KompasTekno dari We Are Social, Kamis (1/3/2018), YouTube menempati posisi pertama dengan persentase 43 persen, Facebook, WhatsApp, dan Instagram membuntuti di posisi kedua hingga keempat secara berturut-turut.