Foto Fenomenal Wanita Salat dalam Gereja Jakarta

Foto wanita salat di Gereja Ayam, Pasar Baru, Jakarta.
Sumber :
  • Repro Twitter

VIVA – Sudah tak dapat diragukan lagi, Indonesia itu merupakan negeri yang menjunjung tinggi perbedaan. Baik itu Suku Agama Ras dan Antar golongan alias SARA.

Bagaimana tidak, seorang Muslimah membuktikannya. Dia menjalankan ibadah berbuka puasa dan Salat Magrib di dalam sebuah gereja.

Foto ini diabadikan pengguna Twitter dengan akun Ramadhan Yahya, dan diunggah pada 2 Juni 2018.

Pada keterangan foto, Ramadhan menceritakan detik-detik bagaimana di memotret wanita bermukena itu saat di dalam gereja.

"Jumat (01/06/18) kmrn, sy lihat lgsg pemandangan ini, seorg ibu salat maghrib usai buka puasa di Gereja GPIB Pniel (Gereja Ayam), Pasar Baru, Jakarta. Satu hal yg sy dpt usai mengabadikan momen ini, bhw Indonesia memang sdg baik-baik saja, hny org jahat yg membuatnya tak baik," tulisnya.

Dalam foto itu terlihat seorang Muslimah yang belum diketahui identitasnya, sedang menjalankan ibadah Salat Maghrib di dalam gereja, di dekat tembok yang terpasang sebuah salib berukuran besar.

Bahkan, tokoh sekaliber Mahfud MD, menyempatkan diri untuk turut memberikan Komentar atas foto itu. Prof Mahfud menuturkan apa yang tergambar dalam foto itu merupakan bukti bahwa Islam itu indah.

"Ya, ya, Mas Ramadhan. Islam itu indah. “Innallaah jamiil yuhibbul jamaal”. Sungguh merugi orang yg menjadi Islam kalau kerjanya hanya marah2 dan menebar fitnah dgn brutal. Mereka yg spt itu tak merasakan madunya Islam," tulis Mahfud di akunnya.

Dan Mahfud MD menyamakan kisah wanita di foto ini dengan cerita hidup Presiden BJ Habibie saat tinggal di Jerman, Habibie salat, bahkan berdoa di sebuah gereja sambil menangis.

"Itu juga yang dilakukan oleh Habibie dlm perjuangan beratnya ketika belajar di Jerman. Dia salat dan berdoa di sebuah gereja sambil menangis dlm munajat dan bertemu Romo Mangunwijaya di gereja tsb. Seluruh bumi ini adalah masjid (tempat bersujud). Islam adl rahmat bg alam," kata Mahfud MD.

Sejak foto ini diunggah, dan dari pengamatan VIVA, Senin malam, 4 Juni 2018, sudah ada 1770 orang menyebarkan lagi foto itu di Twitter, dan sudah 1604 orang yang memberikan tanda love merah di foto, serta ratusan orang mengomentarinya.