Wakapolri: Rutan Cabang Salemba, Bukan Mako Brimob

Wakapolri Syafruddin
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menegaskan, peristiwa pemberontakan teroris bukan terjadi di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua Depok. Peristiwa tersebut terjadi di Rumah Tahanan Cabang Salemba yang kebetulan ada di Kelapa Dua Depok. Operasi penanggulangan teroris tersebut selesai sekitar pukul 07.15 WIB.

"Jadi pagi hari ini pukul 07.30 secara resmi Markas Besar Kepolisian RI mengadakan konferensi pers kepada seluruh bangsa Indonesia atas kejadian penyanderaan sejumlah anggota Polri di Rumah Tahanan Cabang Salemba. Saya luruskan, bukan Rutan Mako Brimob tetapi Rumah Tahanan Cabang Salemba," kata Syafruddin di Depok, Jawa Barat, Kamis 10 Mei 2018.

Selain itu juga, Syafruddin meluruskan bahwa apa yang dilakukan polisi bukanlah negosiasi, melainkan penanggulangan yang menggunakan metode soft approach, melakukan pendekatan secara persuasif.

"Polri. Saya yang pimpin. Tidak ada negosiasi. Tidak ada kesepakatan. Ini penanggulangan soft approach," kata Sayfruddin.

Saat ini, hampir seluruh tahanan telah menyerah dan tidak melakukan perlawanan. Namun petugas berusaha memastikan agar lokasi tersebut benar-benar aman.

"Kalau saya bisa katakan 99 persen ini bisa terselesaikan tanpa ada korban. Ini masih proses kita masih tunggu satu jam ke depan," ujarnya.