3 Alasan Pentingnya Menyantap Makanan Hangat

Meisy | 5 Mei 2018 | 08:52 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Semangkuk soto yang masih mengepulkan asap pasti lebih menggoda selera dibandingkan semangkuk soto dingin. Tak hanya membangkitkan selera makan, menyantap makanan hangat juga memiliki manfaat kesehatan, lho! Berikut ini alasan pentingnya menyantap makanan hangat.

Lebih Cepat Dicerna

Terdapat beberapa cara meningkatkan fungsi pencernaan, misalnya makan dengan perlahan dan dikunyah sebanyak 32 kali. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan hangat. Makanan hangat lebih cepat dicerna oleh sistem pencernaan karena energi panas dapat membantu memecah molekuk makanan. Hal ini dapat membantu organ tubuh agar tidak bekerja terlalu berat sehingga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi makanan. 

Mengurangi Risiko Tercemar Bakteri

Sulit bagi bakteri dan mikroorganisme untuk bertahan hidup dalam makanan hangat. Mikroorganisme memang mati pada saat proses memasak, tapi ketika makanan tersebut menjadi dingin bakteri akan datang kembali jika tidak hati-hati dalam menyimpannya. Oleh karena itu, menyantap makanan hangat dapat mengurangi risiko terkontaminasi bakteri.

Membuat Rasa Lebih Sedap

Makanan hangat memancarkan aroma lebih sedap dan kuat dibanding makanan dingin. Aroma ini merangsang indra penciuman dan dapat meningkatkan nafsu makan. Rangsangan suhu panas juga dapat menciptakan ilusi rasa pada beberapa bagian lidah. Rangasangan panas ini dapat menciptakan sensasi nikmat tersendiri. 

Untuk membuat makanan Anda tetap hangat, Oxone menghadirkan produk terbarunya, Oxone Signature Food Warmer Gold Series. Produk ini merupakan serangkaian pemanas makanan Oxone yang terdiri dari enam set dengan kapasitas berbeda. OX-85DOB hadir dengan kapasitas 2 x 1.5 liter, OX-85OB berkapasitas 3 liter, OX-805OV berkapasitas 3 liter, dan OX-85RO berkapasitas 4 liter yang dilengkapi dengan ladle untuk sup dan kuah. 

Tidak hanya pemanas makanan saja, series ini disempurnakan dengan Tea Cup Set OX-85TW dan 6 buah cangkir set OX-85TC sehingga semakin mempercantik tampilan meja makan Anda. Berbahan dasar stainless steel anti karat dan aksesori (knob, handle, dan kaki) berlapis emas sehingga sangat aman digunakan untuk segala jenis makanan. Terdapat pemanas makanan di bagian bawah sehingga membuat makanan yang Anda hidangkan tetap hangat.

Penulis : Meisy
Editor : Meisy