Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah Gubernur Anies Bangun Bandara JB Soedirman di Purbalingga? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 12 Februari 2021 11:59
Beredar kabar yang menyebutkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membangun bandara JB Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah. Kabar ini beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Gagrak Kadaliz Gurunus membagikan kabar itu pada Selasa, 26 Januari 2021. Akun itu mengunggah sejumlah foto bandara yang diklaim dibangun oleh Anies. Akun itu juga menambahkan narasi pada unggahannya, bertuliskan sebagai berikut:


"Selain Ngecat Genteng Rumah Warga,
Diam² Anies Bangun Bandara di Purwokerto
Bong..inilah Gubernur Indonesia(#jareDRUN)"


Benarkah Gubenur Anies membangun bandara JB Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah? berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Benarkah Gubernur Anies Bangun Bandara JB Soedirman di Purbalingga? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa Anies membangun bandara JB Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, adalah salah. Faktanya, Bandara Jendral Besar Soedirman (BJBS) di bangun PT Angkasa Pura II dengan melibatkan Kementrian Perhubungan, TNI AU, Pemrov Jateng dan Pemkab Purbalingga. Dilansir Turnbackhoax.id yang mengutip situs web resmi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Purbalingga, pada 17 November 2017 telah dilaksanakan penandatangan pembangunan bandara JB Soedirman menjadi bandara komersial berstandar internasional. Berikut artikel selengkapnya:
 
Penandatangan dilakukan oleh Bupati Purbalingga H Tasdi, SH, MM, Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, SH, MIP, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin, Asisten Logistik KSAU Marsekal Muda TNI Yadi Husyadi, dan Direktur Utama LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia)/Airnav Indonesia, Novie Riyanto.
 
Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE, B.Econ, jajaran Forkompimda Purbalingga, para pejabat Purbalingga, Pemprov Jateng, pejabat dari Angkasa Pura II dan dari Airnav.
 
Bupati Pubalingga, H Tasdi mengatakan, dengan diadakannya pembangunan bandara JB Soedirman diharapkan dapat mendukung perekonomian, perdagangan dan pariwisata serta melayani aksesibilitas masyarakat.
 

[Cek Fakta] Benarkah Gubernur Anies Bangun Bandara JB Soedirman di Purbalingga? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Anies membangun bandara JB Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, adalah salah. Faktanya, Bandara Jendral Besar Soedirman (BJBS) di bangun PT Angkasa Pura II dengan melibatkan Kementrian Perhubungan, TNI AU, Pemrov Jateng dan Pemkab Purbalingga.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Benarkah Gubernur Anies Bangun Bandara JB Soedirman di Purbalingga? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://jatengprov.go.id/beritadaerah/terkait-pembangunan-bandara-jb-soedirman/
https://turnbackhoax.id/2021/02/07/salah-gubernur-anies-baswedan-bangun-bandara-jb-soedirman-di-purbalingga/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan