Air Terjun Sedudo Berwarna Hitam, Pertanda Apa?

Masyarakat, khususnya warganet pun mulai menduga-duga. Ada yang mengaitkan warna air terjun Sedudo yang hitam itu dengan hal mistis.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Nov 2018, 09:02 WIB
Air Terjun Sedudo di Nganjuk, Jawa Timur. (dok. Instagram @galeri_traveling/https://www.instagram.com/p/BoiPTIHhHsR/Henry

Liputan6.com, Nganjuk - Beredar viral air terjun Sedudo di Nganjuk, Jawa Timur, berwarna hitam. Dalam video berdurasi hampir 2 menit itu, terlihat seorang anggota polisi berdiri membelakangi air terjun sambil merekam menggunakan telepon genggamnya.

Sambil merekam, anggota polisi tersebut berjalan mundur dan mendekat ke arah air terjun, dan ternyata air terjun Sedudo itu memang berwarna hitam.

Masyarakat, khususnya warganet pun mulai menduga-duga. Ada yang mengaitkan dengan peristiwa mistis. Tak jarang juga ada yang menyebut peristiwa tersebut merupakan peringatan atau azab dari Tuhan.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, berubahnya warna air terjun Sedudo tidak berkaitan dengan mistis. Yang jelas, peristiwa air terjun Sedudo berubah warna menjadi hitam ini tidak lama usai hujan deras mengguyur lokasi tersebut.

Sutopo mengatakan, warna hitam air terjun diduga kuat berasal dari material abu bekas kebakaran hutan.

"Berubahnya warna hitam air terjun Sedudo di Nganjuk Jawa Timur bukan aliran pasir. Tetapi material abu bekas kebakaran hutan saat kemarau sebelumnya. Hujan dibagian hulu menghanyutkan material kebakaran hutan sehingga debit air terjun berwarna hitam. Kejadian hanya sesaat," tulis Sutopo dalam akun twitter @Sutopo_PN, Rabu 14 November 2108.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya