5 Tips Membuat Yu Sheng Khas Imlek yang Lebih Sehat

24 Januari 2020 18:53 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Yee Sang di Hotel Mulia Senayan, Jakarta. Foto: Toshiko/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Yee Sang di Hotel Mulia Senayan, Jakarta. Foto: Toshiko/kumparan
ADVERTISEMENT
Yu sheng jadi salah satu hidangan wajib yang harus disantap saat makan malam Imlek. Terdiri dari kombinasi berbagai sayuran, ikan, dan siraman saus plum, yu sheng melambangkan keberuntungan, kemakmuran, kesehatan, dan semua pengharapan baik saat pergantian tahun.
ADVERTISEMENT
Meski terlihat menyehatkan (ya, sebagian besar isinya memang didominasi oleh sayuran) tapi ternyata, satu piring yu sheng mengandung setidaknya seribu kalori. Memang, sih, satu piring yu sheng tak disantap untuk satu orang saja. Tapi, tetap saja tiap orang punya peran untuk menyantapnya sampai habis.
Tenang saja, kamu masih bisa mengonsumsi yu sheng tanpa perasaan bersalah, kok. Dengan meraciknya sendiri, sepiring yu sheng bisa tetap penuh nutrisi dan minim efek samping.
Simak tips membuat yu sheng yang menyehatkan berikut ini, yuk!

1. Buat yu sheng segar

Ilustrasi yee sang Foto: Shutter Stock
Beberapa supermarket mungkin menjual yu sheng cepat saji. Namun, makanan dengan nama lain yee sang yang tersaji cepat ini biasanya mengandung pengawet untuk meningkatkan masa simpannya.
ADVERTISEMENT
Alih-alih membelinya, sebaiknya racik sendiri saja sajian yu sheng-mu. Selain lebih segar, juga lebih menyehatkan dan terjaga kualitasnya.
Caranya, cukup padukan irisan wortel, lobak putih, lobak hijau, dan jeruk pomelo. Kalau malas mengirisnya satu per satu, kamu bisa memotongnya dengan alat spiraliser.
Rendam irisan sayuran tersebut dalam air es, kemudian peras sisa air sebelum menyajikannya. Voila! Sajian yu sheng segar pun siap untuk disantap.

2. Gunakan lebih banyak sayuran dan buah

Ilustrasi yee sang Foto: Shutter Stock
Pastikan asupan nutrisimu selama perayaan Imlek tetap terpenuhi dengan mengonsumsi sayuran. Nah, biasanya, isian di dalam yu sheng diberi tambahan pewarna merah dan hijau, sesuai dengan lambang kemakmuran dan keberuntungan.
Daripada menggunakan pewarna makanan, kamu bisa menambahkan sayuran dan buah-buahan beraneka warna. Misalnya, timun dan pepaya yang menyimbolkan berkah, kol sebagai lambang kekayaan, dan daun bawang sebagai simbol perkembangan dan ide.
ADVERTISEMENT

3. Ganti kerupuk dengan remahan biskuit

Menu yu sheng di Pullman Thamrin Foto: Safira Maharani/ kumparan
Irisan lobak putih yang ada di dalam yu sheng biasanya digoreng dengan cara deep fried supaya menghasilkan tekstur renyah (melambangkan kekayaan dan kemakmuran). Tapi, supaya lebih sehat, tekstur renyah bisa diciptakan dengan cara dipanggang menggunakan oven selama 5-6 menit.
Kerupuk yang biasa disajikan sebagai topping yu sheng juga bisa kita ganti dengan alternatif yang lebih sehat; seperti remukan biskuit gandum atau irisan tortilla.

4. Perhatikan kandungan garam dan gula dalam yu sheng

Yu Sheng. Foto: Azalia Amadea/kumparan
Bila diperhatikan, kandungan gula dan garam pada yu sheng tergolong tinggi. Entah dari campuran sausnya, acar pelengkap, atau salmon.
Dilansir Lovely Asia, kita bisa meminimalisir supaya kandungan gula dan garamnya tak berlebihan, dengan cara memilih acar jahe segar. Selain itu, pilihlah jenis salmon yang masih segar, bukan kalengan. Sebab, salmon kalengan cenderung mengandung sodium yang lebih tinggi.
ADVERTISEMENT
Taburan kacang dan biji-bijiannya pun bisa diolah dengan cara dipanggang, tanpa tambahan perasa apa pun. Kita juga bisa mengganti kacang dengan opsi yang lebih sehat, seperti almond atau pistachio.

5. Gunakan bahan alami untuk membuat saus yu sheng

Yee sang Foto: Safira Maharani/ kumparan
Biasanya, untuk melengkapi sajian yu sheng, ada empat jenis saus yang menemani. Saus plum, minyak, merica, dan five spice powder.
Kita bisa mengakali tingkat manis dari saus plum dengan mengganti campuran gula di dalamnya, menggunakan madu, dan rempah-rempah.
Gunakan minyak zaitun atau minyak kacang-kacangan untuk pilihan dressing yang lebih sehat. Supaya warnanya tetap mengkilap keemasan, campurkan minyak zaitun dengan perasan air lemon.
Dengan cara ini, perayaan Imlek pun tetap terasa hangat dan meriah, tanpa khawatir akan mengganggu kesehatan.
ADVERTISEMENT