Jambi Ajukan Kenaikan Status Jadi KLB Corona Usai 1 Warganya Positif Terinfeksi

Konten Media Partner
24 Maret 2020 8:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah. Foto: Bahara Jati
zoom-in-whitePerbesar
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah. Foto: Bahara Jati
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jambikita.id-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan mengajukan kepada pemerintah pusat untuk menaikkan status dari siaga menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Corona (Covid-19) di Provinsi Jambi.
ADVERTISEMENT
Pengajuan status KLB ini, setelah 1 warga Jambi dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Saat ini, pasien positif Corona tersebut tengah dirawat di ruang isolasi RSUD Raden Mattaher Jambi.
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan, dengan telah adanya satu orang yang positif di Jambi, hal ini akan disampaikan kepada pemerintah pusat untuk kemungkinan kenaikan status dari siaga menjadi KLB.
"Satu warga Jambi dinyatakan positif terpapar Corona. Pemprov Jambi akan menaikkan status kejadian luar biasa atas mewabahnya virus corona di Jambi," kata Johansyah yang juga menjabat Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Selasa (24/3).
Selain itu, Pemprov Jambi juga akan berupaya melakukan berbagai hal agar virus ini tidak menyebar luas. Langkah pertama, yang dilakukan yakni melakukan tracking contacts dengan masyarakat yang telah berkomunikasi dengan pasien positif corona tersebut.
ADVERTISEMENT
"Pemprov Jambi akan melakukan upaya-upaya dengan melakukan tracking contacts dengan pasien yang sudah dinyatakan positif Covid-19 tersebut," kata Johansyah.
Selain itu, pihaknya meminta kepada semua pihak agar memaklumi hal tersebut. Dirinya juga meminta agar petugas medis RSUD Raden Mattaher Jambi untuk dapat mengecek kesehatan, karena sempat bersinggungan langsung dengan pasien.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi, dr. Samsiran Halim, mengatakan bahwa pasien tersebut saat ini dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi. Pasien ditempatkan di ruang isolasi rumah sakit pemerintah itu. 
"Riwayat terakhir pasien positif Corona tersebut dari Jakarta, dan sekarang sedang di isolasi di RSUD Raden Mattaher Jambi. Laporan dari tim kami, kondisinya dalam keadaan stabil," pungkasnya. 
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, pada 21 Maret 2020 dinyatakan, Jambi telah menaikkan status dari waspada menjadi siaga, yang sudah ditandatangani oleh Gubernur Jambi, berdasarkan Permendagri No. 20 tahun 2020 tentang percepatan penanganan Covid-19 di lingkungan pemerintah daerah.