Sihar Sitorus, Pecinta Sepakbola yang Digadang Jadi Wagub Djarot

4 Januari 2018 21:20 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sihar Sitorus (Foto: Facebook Sihar Sitorus)
zoom-in-whitePerbesar
Sihar Sitorus (Foto: Facebook Sihar Sitorus)
ADVERTISEMENT
Nama Sihar Sitorus digadang-gadang akan menjadi calon wakil gubernur yang maju bersama Mantan Gubernur DKI Djarot Syaiful Hidayat di Pilgub Sumut 2018. Meski belum disebutkan secara resmi, namun dari dua kandidat yang masuk bursa cawagub Djarot, hanya Sihar yang sesuai dengan karakteristik yang disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.
ADVERTISEMENT
Hasto menggambarkan calon wakil gubernur tersebut adalah sosok yang populer di kalangan muda, suka olahraga dan memiliki rekam jejak pendidikan yang bagus. Selain Sihar, kandidat cawagub Djarot adalah Nurhajizah Marpaung, yang tak identik dengan karakteristik itu. Bagaimana profil Sihar?
Sihar Sitorus (Foto: Facebook Sihar Sitorus)
zoom-in-whitePerbesar
Sihar Sitorus (Foto: Facebook Sihar Sitorus)
Dalam hal pendidikan, pria yang lahir dengan nama Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus Pane di Jakarta, 13 Juli 1968 tersebut memang tidak perlu diragukan. Setelah lulus SMA di Jakarta, tahun 1987 Sihar mengambil gelar S1-nya di bidang Science in Business Administration di University of Arizona, Amerika.
Lulus dalam waktu 4 tahun, Sihar langsung mengambil gelar master di bidang yang sama di Creighton University, Amerika. Seolah belum puas menuntut ilmu, tahun 1993 ia pun memutuskan mengambil program diploma di bidang ekonomi bisnis di Strathclyde University, Skotlandia. Baru, pada tahun 1998 ia mengambil gelar doktor masih di bidang administrasi bisnis di Manchester Business School, UK.
ADVERTISEMENT
Saat menempuh pendidikan diploma, Sihar sebenarnya sedang bekerja di di PT Freeport Indonesia dan BEJ pada kurun waktu 1993-1995. Keluar dari BEJ dan Freeport, ia pun memutuskan untuk menekuni dunia bisnis dan menjadi Direkur Lembaga Peduli Hutan Indonesia hingga sekarang.
Sihar Sitorus (Foto: Facebook Sihar Sitorus)
zoom-in-whitePerbesar
Sihar Sitorus (Foto: Facebook Sihar Sitorus)
Selain masalah pendidikan yang begitu baik, Sihar juga memenuhi kualifikasi soal kecintaan terhadap olahraga. Sebab, nama Sihar memang tidak asing bagi pecinta sepakbola di Indonesia karena pernah menjadi ketua umum salah satu Tim Indonesia di era keemasan PSMS Medan.
Kecintaan Sihar terhadap sepakbola bahkan membuatnya rela menggelontorkan dana cukup besar bagi tim kesayangannya. Sihar juga tercatat pernah mendirikan tiga klub sepakbola Medan Chiefs Deli Serdang, Pro Titan, dan Nusaina Fans Club yang ia bentuk sebagai bentuk keprihatinannya terhadap persepakbolaan dalam negeri.
ADVERTISEMENT
Saat PSMS Medan berlaga di Indonesia Super League, Sihar bahkan tak segan mengearkan dana agar tim yang ia bangun bisa terus bertanding. Sihar kemudian dikenal sebagai satu dari sedikit pengusaha yang begitu cinta dan peduli dengan kemajuan sepakbola.
Di bidang sepakbola, Sihar juga pernah menjabat sebagai anggota komite eksekutif PSSI yang sering muncul dengan ide-ide segar tekait sepakbola. Baginya, banyak bakat-bakat terpendam di rumput hijau dalam negeri yang sayang jika dibiarkan begitu saja tanpa ada yang mengembangkan.
Sihar juga aktif di bidang politik dan menjadi tokoh dari Partai Peduli Rakyat Nasional (PRRN) yang didirikan oleh ayahnya, Darius Lungguk Sitorus. Bahkan, di tahun 2009, Sihar sempat mencalonkan diri sebagai anggota leislatif dari partai PPRN.
ADVERTISEMENT
Suara untuknya sebenarnya cukup untuk mengantarkannya menjadi anggota DPR-RI di dapil Sumatera Utara II. Namun, karena partainya tidak lolos di KPU, ia harus legowo dan menerima kenyataan belum bisa duduk di pemerintahan saat itu.
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (Foto: Intan Alfitry/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri (Foto: Intan Alfitry/kumparan)
Sepak terjangnya di dunia politik pun terus berlanjut dengan menjadi Juru Kampanye Nasional di pemilu 2014 dan ditunjuk Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai salah satu dari 120 tokoh-tokoh PDIP. Bahkan, ia juga ditunjuk sebagai anggota tim kampanye Jokowi-JK bersama degan Sukardi Rinakit, Andreas Pareira, Arie Sumarmo, Arief Budimanta, Ady Prasetyono, Heri Achmadi, Ida Fauziah, M Prakosa, Muhtosim Arief, Musdah Mulia, Pataniari Siahaan, Rizal Sukma, Syaifullah Mashum, Sakti Wahyu Trenggono, dan Silverius Sonny.
Langkahnya di dunia politik sudah cukup mulus. Kini, Sihar kembali memberanikan diri untuk masuk dalam kontestasi yang lebih besar, Pilgub Sumut 2018. Meski namanya belum resmi disebut, namun sosok Sihar cukup bisa dipertimbangkan untuk diwaspadai para pesaingnya.
ADVERTISEMENT
Recananya, PDIP akan mengumkan secara resmi siapa yang akan menjadi cawagub mendampingi Djarot Syaiful Hidayat pada Minggu (7/1) besok.