Rekomendasi kumparan: 5 Olahan Daging Lezat untuk Buka Puasa

4 Juni 2018 11:04 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Salad daging ayam (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Salad daging ayam (Foto: Thinkstock)
ADVERTISEMENT
Saat berbuka puasa, sangat disarankan untuk menyantap makanan bergizi guna mengembalikan tenaga yang terkuras setelah berpuasa. Seperti makanan berbahan dasar daging yang kerap dijadikan sebagai menu buka puasa.
ADVERTISEMENT
Kaya akan protein, daging dapat menguatkan sistem imun serta membantu meningkatkan proses metabolisme. Tak hanya itu saja, kandungan protein di dalam daging juga dipercaya dapat membuat perut kenyang lebih lama.
Meski begitu, seringkali daging diolah bersama bahan-bahan tinggi lemak jenuh dan garam, yang justru akan merusak kandungan proteinnya. Hal itu tentu saja akan berdampak buruk pada kesehatan bila dikonsumsi secara terus-menerus.
Ingin menyajikan olahan berbahan daging sapi atau ayam yang lebih sehat? Berikut kumparanFOOD rekomendasikan lima sajian serba daging yang lezat dan menyehatkan untuk menu buka puasa.
1. Sop iga yang hangat dan menyegarkan
Sop bening berpadu daging iga yang lembut tentu akan membuat momen berbuka puasa bersama keluarga menjadi lebih hangat. Caranya, cukup rebus iga bersama rempah-rempah seperti bawang putih, lada putih, jahe, dan daun salam hingga daging menjadi empuk, lalu masukkan sayuran seperti kentang, wortel dan daun bawang. Agar lebih segar, kamu juga dapat menambahkan potongan tomat saat sop iga akan disajikan.
ADVERTISEMENT
2. Spaghetti dengan bola-bola daging yang lembut
Selain disajikan bersama saus bolognese atau saus krim, ternyata spaghetti dengan siraman saus bola daging juga tak kalah lezatnya, lho. Bola-bola daging yang gurih berpadu saus tomat nan lembut dijamin akan meningkatkan nafsu makan saat berbuka puasa.
Untuk membuat bola daging, campur daging sapi giling bersama bumbu seperti bawang bombay, bawang putih, garam, dan lada lalu rebus hingga daging matang dan empuk. Setelah itu, campur bola daging tersebut dengan saus bolognese dan sajikan bersama spaghetti.
3. Sate taichan ala rumahan yang gurih lezat
Sate taichan dapat menjadi alternatif menu buka puasa bagi kamu penyuka sajian daging bercita rasa pedas dan gurih. Tak perlu repot membelinya, dengan bahan-bahan sederhana, kamu dapat menyajikan sate taichan yang gurih lezat.
ADVERTISEMENT
Caranya, lumuri potongan daging ayam dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, lada, garam, dan minyak wijen lalu panggang hingga daging matang merata. Sajikan sate bersama sambal dadak dan perasan jeruk limau agar sate taichan semakin nikmat.
4. Daging sapi saus teriyaki ala Jepang
Ingin membuat menu buka puasa yang lezat namun praktis? Daging sapi berlumur saus teriyaki dapat menjadi alternatif menu yang dapat dibuat dalam waktu singkat.
Untuk membuatnya, rendam irisan daging sapi dengan saus teriyaki, bawang putih, merica, dan sedikit kecap manis, lalu diamkan hingga meresap. Setelah itu, tumis daging bersama bawang bombay, bawang putih, dan potongan brokoli hingga matang. Agar lebih nikmat, kamu juga dapat menyajikannya bersama taburan biji wijen.
ADVERTISEMENT
5. Salad segar berpadu dada ayam panggang nan gurih
Tak hanya terdiri dari perpaduan sayur dan buah segar, kamu dapat membuat salad yang lezat nan mengenyangkan dengan menambah irisan dada ayam panggang nan gurih. Perpaduan sayuran segar dan irisan daging ayam akan menciptakan sensasi gurih menyegarkan yang menggugah selera.
Agar lebih lezat dan beraroma sedap, lumuri dada ayam dengan campuran minyak zaitun, merica, dan dedaunan aromatik sebelum dipanggang. Untuk sausnya, kamu dapat mengkombinasikan salad dengan saus wijen, saus yoghurt asam, atau chile-lime dressing salad yang pedas.