Bitcoin & Mata Uang Kripto Unggulan Lain Tersungkur, China Larang ICO

Investing.com

Diterbitkan 04/09/2017 17:01

Mata uang kripto tenggelam setelah China larang ICO

Investing.com - Bitcoin dan mata uang kripto terkenal lainnya semuanya menderita aksi jual tajam pada hari Senin, setelah China melarang individu dan organisasi untuk mengumpulkan dana melalui penawaran koin awal, dengan mengatakan bahwa praktik tersebut merupakan penggalangan dana ilegal.

Bank Rakyat China (PBOC) mengatakan dalam sebuah pernyataan sebelumnya bahwa mereka telah menyelesaikan penyelidikan terhadap ICO, dan akan dengan ketat menghukum penawaran di masa depan serta juga menghukum pelanggaran hukum yang telah terjadi.

Individu dan organisasi yang telah menyelesaikan penggalangan dana ICO harus membuat jadwal pengembalian dana, kata PBOC, yang mengeluarkan tantangan peraturan yang terkuat sepanjang ini bagi pasar yang sedang berkembang untuk penjualan token digital tersebut.

PBOC juga mengatakan bahwa token digital dan platform perdagangan tersebut dilarang melakukan konversi koin dengan mata uang yang diakui.

Popularitas penawaran koin tersebut melonjak di China tahun ini. ICO telah menjadi sumber keuntungan bagi pengusaha mata uang digital, yang memungkinkan mereka mengumpulkan dana dalam jumlah yang besar secara cepat dengan membuat dan menjual "token" digital dalam pengwasan yang sedikit atau pun malah tanpa pengawasan peraturan.

Bitcoin jatuh ke $4.345,70 pada pukul 17.00 WIB, turun $249,30, atau sekitar 5,5%, setelah mencapai level terendah $4,253.00. Mata uang digital tersebut menguat ke level tertinggi sepanjang masa di $4,911.80 selama akhir pekan.

Ethereum, pesaing terdekat Bitcoin dalam hal kapitulasi pasar, anjlok 11%, atau $38,52 menjadi $312,69. Harga sempat naik ke rekor puncak $394,78 pada hari Sabtu.

Mata uang kripto terkenal lainnya seperti Litecoin, Ripple dan Dash juga diperdagangkan beranjak tajam.

Nilai total semua kripto yang diperdagangkan adalah sebesar $150 miliar, angka itu turun lebih dari 16% dari tingkat tertinggi hampir mencapai $180 miliar yang dicapai pada hari Sabtu pekan lalu.

Tetap berada di puncak tren terkini mata uang kripto, pastikan terus memantau berita dan pergerakannya hanya di: https://id.investing.com/crypto/

Dapatkan aplikasinya
Gabung dengan jutaan orang lainnya yang memahami pasar keuangan global dengan Investing.com.
Unduh Sekarang

Perdagangan instrumen finansial dan/atau mata uang kripto membawa risiko tinggi, termasuk risiko kehilangan sebagian atau seluruh nilai investasi Anda, dan mungkin tidak sesuai untuk sebagian investor. Harga mata uang kripto amat volatil dan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal seperti peristiwa finansial, regulasi, atau politik. Trading dengan margin meningkatkan risiko finansial.
Sebelum memutuskan untuk memperdagangkan instrumen finansial atau mata uang kripto, Anda harus sepenuhnya memahami risiko dan biaya terkait perdagangan di pasar finansial, mempertimbangkan tujuan investasi, tingkat pengalaman, dan selera risiko Anda dengan cermat, serta mencari saran profesional apabila dibutuhkan.
Fusion Media mengingatkan Anda bahwa data di dalam situs web ini tidak selalu real-time atau akurat. Data dan harga di situs web ini. Data dan harga yang ditampilkan di situs web ini belum tentu disediakan oleh pasar atau bursa, namun mungkin disediakan oleh pelaku pasar sehingga harga mungkin tidak akurat dan mungkin berbeda dengan harga aktual pasar. Dengan kata lain, harga bersifat indikatif dan tidak sesuai untuk tujuan trading. Fusion Media dan penyedia data mana pun yang dimuat dalam situs web ini tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kehilangan apa pun yang diakibatkan oleh trading Anda atau karena Anda mengandalkan informasi yang dimuat dalam situs web ini.
Anda dilarang untuk menggunakan, menyimpan, memperbanyak, menampilkan, mengubah, meneruskan, atau menyebarkan data yang dimuat dalam situs web ini tanpa izin eksplisit tertulis sebelumnya dari Fusion Media dan/atau penyedia data. Semua hak kekayaan intelektual dipegang oleh penyedia dan/atau bursa yang menyediakan data yang dimuat dalam situs web ini.
Fusion Media mungkin mendapatkan imbalan dari pengiklan yang ditampilkan di situs web ini berdasarkan interaksi Anda dengan iklan atau pengiklan.

Keluar
Yakin ingin keluar?
TidakYa
BatalkanYa
Menyimpan Perubahan