Share

Pearl Island, Pulau Buatan di Qatar yang Menakjubkan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 09 Juni 2017 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 09 406 1712059 pearl-island-pulau-buatan-di-qatar-yang-menakjubkan-4R5oMHMau6.jpg Pearl Island, Qatar (Foto: Viva Bahriya/Panoramio)

TIDAK berlebihan jika mengatakan kompleks perumahan mewah di Qatar ini terlihat begitu menakjubkan. Bukan karena kemewahannya, tapi karena kompleks perumahan ini dibuat di atas pulau tidak alami alias buatan manusia.

Pulau seluas 4 kilometer persegi tersebut dibuat di tanah reklamasi. Pulau Pearl sudah diisi oleh vila pribadi, puluhan menara apartemen, ratusan rumah, hotel mewah, toko dan restoran mewah.

(foto: Steven Byles/Flickr)

Dikutip dari Amusingplanet, Jumat (9/6/2017), sebanayak 5.000 orang penduduk telah pindah ke Pulau Pearl pada 2012. Nama Pearl yang artinya mutiara, menjadi alasan dari dipilihnya nama untuk pulau tersebut karena dulu dasar laut dangkal di tempat pulau ini dibangun menjadu industri mutiara utama dan Qatar terkenal dengan salah satu produsen mutiara di Asia.

Ketika proyek pembangunan Pulau Pearl pertama kali dilakukan pada 2004, biaya awal pembangunan pulau mencapai USD2,5 miliar dan telah menghabiskan dana sebanyak USD15 miliar untuk menyelesaikannya. Pulau Pearl dikelilingi pantai yang membentang 12 mil dengan suasana yang masih asli.

Bentuk pulau ini terbilang unik. Bila dilihat dari atas Pulau Pearl memiliki bentuk lingkaran dengan sebuah perairan yang ada di dalamnya. Lautan biru mengelilingi pulau yang begitu mempesona ini.

Anda akan takjub berkali-kali dibuatnya, betapa ilmu pengetahuan, teknologi dan keindahan alam bersatu menjadi sebuah destinasi wisata berkelas internasional yang sayang jika dilewatkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini