Alasan Ilmiah Mengapa Pria Memang Mudah Jatuh Cinta

Home Articles Alasan Ilmiah Mengapa Pria Memang Mudah Jatuh Cinta
Share the knowledge!

Banyak  wanita menganggap pria itu memiliki pemikiran yang pendek. Sebab, mereka mudah jatuh cinta pada wanita yang cantik dan sexy. Pandangan mereka mudah teralihkan saat ada wanita yang menarik lewat di hadapannya. Karena hal inilah, banyak wanita mudah cemburu ketika pasangannya melirik wanita lain. Banyak wanita pula mudah insecure saat teman pasangannya terlihat lebih cantik dari dirinya.

Benar sih, pria memang mudah jatuh cinta pada wanita yang cantik dan sexy. Pria mudah jatuh cinta pada wanita hanya dengan melihat penampilannya saja. Namun, hal ini bukan disebabkan karena cara berpikir mereka, melainkan karena dorongan genetis dalam diri mereka.

Menurut rangkuman dari penelitian yang dilakukan professor Mark van Vugt dan Dr Johanna van Hoof dari University of Amsterdam, pria mengejar wanita yang mereka anggap menarik dan cantik adalah tanda kesuburan dan insting ilmiah.

Sedangkan wanita nggak memiliki dorongan genetis seperti pria, mengejar pria yang mereka anggp tampan dan mengagumkan. Tetapi dorongan genetis yang ada dalam diri wanita menyasar pasangan yang potensial, cenderung kepada apakah pria tersebut setia, bertanggung jawab, dan humoris.

Penelitian yang juga dibantu oleh seorang pelajar doctoral dari University of Kent bernama Helen Crawford ini melibatkan 20 pria dan 20 wanita dewasa sebagai responden, untuk meneliti daya tarik seseorang terhadap lawan jenis berdasarkan penampilan fisik.

Para responden ini diperlihatkan sejumlah foto yang menampilkan pria dan wanita dalam berbagai gaya. Di saat yang bersamaan, peneliti mempelajari gelombang reaksi otak para responden terhadap foto-foto tersebut.

Hasilnya secara otomatis, reaksi otak pria terlihat mengalami distraksi saat melihat foto wanita cantik. Sedangkan otak wanita menunjukkan konsentrasi yang lebih dalam menyelesaikan penelitian tersebut.

Reaksi otak pria saat melihat foto wanita nan menarik ini menunjukkan adanya pergerakan signifikan yang mendorong perilaku impulsif, seperti langsung suka pada wanita tersebut hanya dalam hitungan milidetik.

Mark sebaai ketua penelitian berkata, “Memang benar, pria cenderung ‘mata keranjang’. Namun hal tersebut nggak berkaitan dengan cara dan kualitas berpikir mereka. Ketertarikan pria yang sangat cepat pada wanita cantik merupakan dorongan genetis dan alamiah yang nggak bisa dilawan.

Jadi, bukan karena pikiran mereka ‘pendek’, melainkan sudah menjadi dorongan ilmiah bagi pria untuk mudah jatuh cinta pada wanita cantik dan sexy.

 

Share the knowledge!