Sediakan Tiga Layanan Digital, Youtap Targetkan Gaet 1 Juta Mitra

Fahmi Ahmad Burhan
18 Februari 2020, 21:41
startup, youtap, umkm, digital
ANTARA FOTO/Audy Alwi
Chief Executive Officer (CEO) Youtap Indonesia Herman Suharto menggunakan sensor smartphone, menunjukkan proses perekaman data produk saat peluncuran platform digital Youtap Indonesia, di Jakarta, Selasa (18/2/2020). Youtap Indonesia menawarkan inovasi untuk membantu operasional dan pengembangan bisnis, baik pelaku usaha besar seperti korporasi, maupun merchant kecil UMKM seperti warung dan toko kelontong, meliputi pengelolaan barang, transaksi non tunai, program loyalty dan informasi penjualan.

Startup digitalisasi warung PT Mitra Digital Sukses atau Youtap Indonesia bakal fokus mengembangkan tiga layanan untuk UMKM. Melalui layanan tersebut, Youtap optimistis dapat menggaet 1.000 mitra pada tahun ini.

Pada masa uji coba sebelum peluncuran, Youtap Indonesia hanya bisa melayani penyediaan digitalisasi 1.000 mitra UMKM. Saat ini mitra Youtap Indonesia ada di Jakarta, Cirebon dan Jogja.  "Tahun ini kami targetkan sampai 1 juta mitra," kata CEO Youtap Indonesia Herman Suharto di Jakarta pada Selasa (18/2).

Advertisement

Lebih lanjut Herman mengatakan target tersebut dapat tercapai karena layanan yang disediakan perusahaan diklaim dapat meningkatkan pendapatan UMKM. "Teknologi yang dibawakan Youtap diharapkan bermanfaat bagi efisiensi dan efektifitas bisnis merchant, khususnya UMKM," ujar dia. 

Ketiga layanan yang ditawarkan terdiri dari bantuan rantai pasokan UMKM melalui pengaturan stok barang dagangan di aplikasi, serta layanan pembiayaan bagi mitra. "Tapi tidak dicairkan langsung ke mitra, takutnya nanti konsumtif. Mereka beli ke supplier, mereka bayarnya bisa pakai layanan financing ini," ujar Herman.

Layanan ketiga yaitu promosi dan periklanan. Menurutnya, warung-warung kelontong banyak terpasang banner, namun tidak ada untung bagi pemilik warung.

"Kita ingin monetisasi apa saja di warung buat income mereka. Barang yang ditaruh di warung itu kelihatan brand-nya. Itu sebenarnya ada harganya," ujar dia.

(Baca: Pertumbuhan Investasi Startup Vietnam Tertinggi di Asia Tenggara)

Di sisi lain, monetisasi yang didapatkan oleh Youtap berasal dari layanan pendukung Youtap Device yang dipakai oleh mitranya. Meski demikian, aplikasi Youtap yang sudah tersedia masih bersifat gratis. Mitra berlangganan Rp 20 ribu per bulan ketika ingin mendapatkan layanan pendukung di aplikasi tersebut.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement