Pengembangan Kota Serang, Diskominfo Anggarkan Rp13 Miliar untuk Smart City

3 Desember 2020, 04:45 WIB
Ilustrasi-Smart-City /

KABAR BANTEN - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang memproyeksikan anggaran sebesar Rp13 miliar pada tahun 2021 untuk pengembangan Kota Serang menjadi Smart City.

Kepala Diskominfo Kota Serang W Hari Pamungkas mengatakan, anggaran Rp13 miliar untuk seluruh program pengembangan Smart City. Beberapa rencana kerja prioritas yakni statistik, layanan e-government, diseminasi informasi, hingga infrastruktur teknologi.

”Sebenarnya banyak program, tapi ini yang menjadi prioritas Kota Serang di tahun 2021. Jadi yang kami proyeksikan sebesar Rp13 miliar. Tentu program kami juga berkaitan dengan dinas lain, jika program dinas lain selesai baru masuk ke kami,” kata Hari, Rabu, 2 Desember 2020.

Baca Juga : Dana Kelurahan Dihapus, Lurah di Kota Serang Malah Bersyukur, Ini Alasannya

Hari mengatakan, pengembangan infrastruktur teknologi dilakukan dengan tujuan membangun Kota Serang menuju Smart City sesuai dengan harapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang.

”Tugas kami untuk membangun Smart City dengan memberikan kecerdasan kepada masyarakat. Salah satunya dengan membuka ruang dan menyiapkan ruang untuk masyarakat belajar. Kemudian untuk membangun infrastruktur komunikasi sampai kepada masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, infrastruktur teknologi juga berkaitan dengan peralatan jaringan dan konektivitas. Maka, kata dia, tahun depan pihaknya akan menyediakan akses pada tiga ruang publik yang telah dibangun oleh instansi terkait.

”Sebenarnya belum ada gambaran secara utuh, karena ruang publik ini dibangun oleh dinas lain. Tapi ini sebagai antisipasi jadi tergantung dinas lain juga,” ujarnya.

Baca Juga : APBD Kota Serang 2021 Disepakati Rp1,1 Triliun

Editor: Kasiridho

Tags

Terkini

Terpopuler