Untuk mengatasi keringat berlebihan dan bau badan biasanya kebanyakan orang akan mengandalkan produk anti keringat seperti deodorant maupun antiperspirant. Meskipun terbilang efektif, sayangnya produk ini juga menyimpan efek samping yang bisa mengganggu penampilan, seperti timbulnya noda kuning pada baju atau tampilan kulit ketiak yang kian menghitam akibat kandungan alumunium, paraben serta synthetic fragrances. Jika Anda ingin menghindari berbagai efek buruk ini tak ada salahnya untuk mulai beralih dengan memilih berbagai bahan alami yang dipercaya mampu mengatasi bau badan dan keringat berlebih. Selain bebas dari kandungan berbahaya, bahan alami tentu lebih mudah ditemukan dan punya harga yang lebih terjangkau. Bagaimana, mulai tertarik mencoba bahan alami untuk mengganti produk deodorant Anda? Kalau iya, yuk coba simak kandungan apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi keringat berlebih di area ketiak.

Cuka Apel

Sudah bukan rahasia lagi jika cuka apel menyimpan banyak manfaat bagi perawatan tubuh dan rambut. Bahan alami yang memiliki tingkat pH 4.5 ini memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang disebut efektif dalam mengatasi bau badan. Cukup campurkan cuka apel dengan air dalam takaran 1:1 dan sapukan pada area ketiak dengan menggunakan kapas. Namun Anda tetap perlu berhati-hati dengan melakukan patch test di bagian lengan dalam untuk mencegah kulit dari iritasi. Dan pastikan juga untuk selalu mencampur cuka apel dengan air sebelum menggunakannya di kulit.

Baca juga: Cuka Apel, Pengganti Dry Shampoo untuk Atasi Masalah Rambut Lepek

Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya jadi pilihan kedua yang bisa Anda manfaatkan untuk mengganti peran deodorant. Selain memberi efek menenangkan dan melembapkan, bahan yang satu ini juga aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Aloe vera mampu meredakan bau badan karena punya kandungan antibakteri dan antimikroba. Cara penggunaannya juga cukup praktis, Anda tinggal mengaplikasikan gel aloe vera pada area ketiak dan biarkan hingga teksturnya menyerap sempurna.

Baca juga: Solusi Permasalahan Ketiak agar Semakin Percaya Diri

Coconut Oil

Bahan alami lain yang bisa Anda manfaatkan adalah coconut oil. Memiliki kandungan pelembap tinggi dan bersifat antibakteri. Memiliki tekstur minyak yang mungkin membuat kulit di bagian ketiak kurang nyaman, Anda bisa mencampurkan 3 sendok coconut oil dengan  2 sendok shea butter, 1 sendok baking soda serta 2 sendok tepung maizena. Campurkan semua bahan hingga menyatu sempurna, dan simpan di dalam jar. Namun perlu diingat untuk selalu melakukan patch test sebelum mengaplikasikannya pada area ketiak, dan perhatikan setiap kandungan bahan yang digunakan untuk menghindari efek alergi yang mungkin Anda miliki.

Lemon

Bahan alami terakhir yang bisa Anda manfaatkan sebagai pengganti deodorant adalah buah lemon. Air perasan lemon mengandung citric acid yang punya kandungan antibakteri dan antimikroba untuk mengatasi bau badan. Caranya Anda cukup mengaplikasikan air perasan lemon dengan menggunakan kapas dan sapukan pada bagian ketiak. Atau potong buah lemon menjadi dua dan langsung aplikasikan pada bagian ketiak. Simpan sisa lemon di dalam kulkas agar bisa digunakan untuk beberapa hari kedepan.

Baca juga: Kulit Ketiak Gelap dan Membuat Tidak Percaya Diri? Ketahui Dulu 5 Penyebabnya Ini!

How do you find this article?