Biasanya, selain kulit bibir yang rentan kering dan pecah-pecah, area di sekitar sudut bibir juga kerap mengalami hal serupa. Bagi yang pernah atau sedang mengalami masalah ini, biasanya jadi kurang percaya diri, karena selain membuat tampilan lipstik tidak maksimal, foundation terlihat lebih kering di area itu, dan kondisi kulit kering seakan jadi pertanda jika Anda kurang memperhatikan kesehatan kulit. Nah, jika Anda ingin mengatasi hal ini, namun masih bingung menemukan solusi yang tepat, coba luangkan waktu sejenak untuk memperoleh solusinya melalui artikel di bawah ini.

Baca juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Coba Lakukan Tips Ini untuk Merawatnya

Penyebab Kulit Kering di Sekitar Bibir

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab keringnya kulit di area sudut bibir. Selain 3 hal yang dijabarkan Nadya melalui artikel ini, ada juga 3 faktor lain yang sering jadi penyebab kulit kering di area sudut bibir yaitu:

  • Kebiasaan Menjilat Bibir

Kebiasaan yang umum dilakukan banyak orang ini, ternyata jadi salah satu faktor utama penyebab sudut area bibir tampak kering. Alih-alih membuat bibir lembap, kebiasaan menjilat bibir justru bisa membuat kulit menjadi semakin kering. Saliva akan menguap dengan cepat yang akhirnya membuat kondisi kulit menjadi lebih kering, bahkan lebih dari sebelumnya. Tidak hanya pada bibir saja, kondisi ini juga bisa dialami kulit sekitar sudut bibir, lho. Nah jika Anda merasa kulit sekitar bibir kering, tak ada salahnya untuk memanfaatkan pelembap seperti lip balm dibandingkan menjilat area bibir.

  • Mandi Air Panas Terlalu Lama

Saat udara cukup dingin, biasanya mandi menggunakan air panas jadi salah satu kegiatan yang banyak dipilih orang. Namun tahukah Anda, terlalu lama atau sering mandi menggunakan air panas bisa memberi efek buruk pada kulit. Suhu air yang tinggi akan membuat lapisan minyak alami di kulit ikut terangkat sehingga kulit terasa kering. Terlebih jika Anda menggunakan air ini untuk mencuci wajah. Area kulit di sekitar sudut bibir pun akan dengan mudah terlihat kering dan terkelupas.

Baca juga: Ups, Mandi Air Hangat Terlalu Sering Ternyata Berbahaya Untuk Tubuh

  • Alergi Produk Perawatan dengan Kandungan Alkohol dan Fragrance

Bagi pemilik kulit sensitif Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk pembersih mulut maupun skin care yang diaplikasikan dekat area bibir. Karena kebanyakan produk yang mengandung alkohol dan fragrance rentan membuat kulit di sekitar area bibir menjadi kering bahkan iritasi. Untuk mengatasi hal ini, tak ada salahnya untuk memperhatikan kandungan pada produk lip balm, pasta gigi serta sabun pembersih wajah Anda.

Cara Mengatasi Kulit Kering di Dekat Sudut Bibir

Jika Anda sudah terlanjur mengalami masalah kulit kering pada area sekitar bibir, sebaiknya segera lakukan perawatan agar kondisi kulit tidak semakin buruk. Berikut berbagai cara yang bisa Anda pilih untuk mengembalikan kelembapan kulit di sekitar sudut bibir:

  • Gunakan Pelembap atau Lip Balm

Mengaplikasikan pelembap pada kulit merupakan tindakan pertama yang perlu Anda lakukan. Selain produk pelembap biasa, Anda juga bisa mengaplikasikan produk lip balm di luar garis bibir untuk bantu melembapkan tekstur kulit. Jika menggunakan produk pelembap, sebaiknya pilih yang tinggi kandungan pelembap dan tidak mengandung bahan yang rentan memberi efek iritasi, ya.

  • Gunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen tidak hanya diperlukan pada area tubuh yang terekspos langsung dengan matahari, seperti lengan dan kaki. Wajah terutama kulit di bagian luar bibir juga perlu mendapat perlindungan agar tidak kering. Karena paparan sinar matahari yang terik tidak hanya membuat bibir kering tapi juga area kulit di sekitarnya. Tapi jangan asal pilih produk ya, pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan tingkat SPF 30 atau lebih.
  • Minum Air putih

Selain berbagai langkah perawatan topikal, Anda juga perlu memerhatikan asupan air putih. Karena kurangnya cairan dalam tubuh tidak hanya membuat dehidrasi tapi juga menjadikan tampilan kulit terlihat kering dan kasar. Jika area bibir sudah tampak kering, Anda perlu segera minum air putih dengan takaran yang sesuai. Atau usahakan untuk mengonsumsi segelas air setelah Anda melakukan perawatan di area mulut seperti menyikat gigi dan menggunakan obat kumur. Jika mudah lupa, manfaatkan saja beberapa jenis aplikasi yang akan membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan cairan.

Baca juga: 5 Hal Tak Terduga yang Bisa Menjadi Penyebab Bibir Gelap

How do you find this article?