Namazu Kabayaki, Menu Baru Ichiban Sushi Berbahan Dasar Lele

Namazu Kabayaki merupakan hidangan berbahan ikan lele atau namazu dengan teknik memasak kabayaki yang populer di kalangan pencinta kuliner.

Penulis: Anisa Kurniasih | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/ANISA KURNIASIH
Namazu Kabayaki, menu baru Ichiban Sushi Berbahan Dasar Lele yang tersedia di seluruh gerai Ichiban Sushi seharga Rp 27 ribu. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Anisa Kurniasih

TRIBUNJAKARTA.COM, SETIABUDI - Rumah makan Jepang Ichiban Sushi memperkenalkan menu makanan Jepang baru dan pertama di Indonesia, Namazu Kabayaki.

Namazu Kabayaki merupakan hidangan berbahan ikan lele atau namazu dengan teknik memasak kabayaki yang populer di kalangan pencinta kuliner.

Kabayaki adalah salah satu cara memasak ikan dalam masakan Jepang.

Teknik memasak ini mengolah ikan dengan membelahnya menjadi dua bagian, membersihkan tulang-tulang dan isi perut, menusuk daging ikan dengan tusukan bambu atau besi, kemudian memanggang dan membumbui ikan untuk beberapa kali.

Teknik memasak kabayaki biasanya menggunakan belut atau ikan sidat Jepang (unagi) sebagai bahan dasarnya.

Namun, penggemar hidangan unagi kabayaki saat ini harus merogoh kantong cukup dalam untuk menikmatinya karena tngginya harga ikan sidat Jepang disebabkan oleh populasinya yang berkurang secara pesat akibat tingkat konsumsi yang tinggi dalam beberapa dekade terakhir.

Pemerintah Jepang pun bahkan telah menetapkan ikan sidat Jepang sebagai hewan yang dilindungi.

Hadirnya namazu atau ikan lele pun dapat menjadi alternatif yang tepat untuk menggantikan ikan sidat sebagai bahan hidangan kabayaki khususnya di Indonesia.

" Ikan lele kami hadirkan sebagai pengganti unagi karena dapat dibudidayakan dengan mudaj dan harganya terjangkau, ikan lele juga memiliki tekstur dan rasa yang menyerupai daging ikan sidat dan memiliki kandungan gizi yang tinggi serta rendah kalori,” ujar Winardy Untoro, selaku General Manager Operations Ichiban Sushi, Senin (8/7/2019).

Hadirnya menu namazu kabayaki akhirnya memantapkan langkah Ichiban Sushi untuk menyediakan menu khas Jepang bagi lebih banyak orang dengan cita rasa yang tak jauh beda.

"Dengan harga Namazu Kabayaki yang terjangkau, kami berharap dapat mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia untuk mencicipi hidangan kabayaki," kata Winardy Untoro.

Menurutnya, dengan bahan dasar ikan lele yang akrab dengan cita rasa masakan Indonesia, Ichiban Sushi melalui namazu kabayaki dapat menghadirkan hidangan khas Jepang yang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

Dengan kandungan gizi yang tak jauh beda, ikan lele di menu tersebut dihidangkan dengan citarasa manis dan daging yang empuk.

Namazu Kabayaki saat ini bisa dinikmati di 103 outlet Ichiban Sushi telah tersebar di lebih dari 30 kota di seluruh Indonesia.

Penggemar menu makanan khas Jepang dapat menikmati Namazu Kabayaki dengan harga Rp 27 ribu per porsi belum termasuk tax dan service charge.

Sumber: Tribun Jakarta
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2024 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved