Membersihkan wajah lebih dari sekadar mencucinya dengan sabun dan air. Kulit wajah Anda berbeda dari kulit di bagian tubuh Anda yang lain, sehingga memerlukan perawatan yang berbeda. Kulit wajah Anda juga kulit yang paling diperhatikan orang, jadi kenapa tidak merawatnya dengan baik?

Bagian 1
Bagian 1 dari 2:

Menjaga Wajah Anda Tetap Bersih Setiap Hari

  1. 1
    Cari tahu jenis kulit Anda. Apakah kulit Anda kering, berminyak atau normal? Inilah yang harus Anda cari tahu agar Anda bisa memastikan Anda memiliki produk wajah yang tepat. Ada banyak jenis yang berbeda-beda, jadi terkadang bisa membingungkan.[1]
    • Jika kulit Anda normal, kulit Anda memiliki kelembapan, minyak dan daya tahan yang seimbang. Inilah yang akan Anda dapatkan dengan menjaganya tetap bersih.
    • Jika Anda punya kulit berminyak, wajah Anda mungkin akan terlihat mengilap, lembap atau berminyak setelah beberapa jam mencuci muka.
    • Jika kulit Anda kering, seringkali akan terlihat mengelupas.
    • Jika Anda punya kulit sensitif, kulit Anda seringkali terasa kencang atau gatal dan Anda akan mengalami reaksi alergi saat terkena bahan kimia tertentu.
    • Banyak orang memiliki kulit kombinasi, di mana sebagian wajah Anda berminyak sementara bagian lainnya kering.
  2. 2
    Gunakan pembersih wajah sederhana dua kali sehari. Cucilah wajah Anda satu kali di pagi hari dan satu kali di sore hari. Kulit tiap orang berbeda-beda dan membutuhkan perawatan yang berbeda. Anda mungkin harus mencoba beberapa pembersih wajah yang berbeda untuk mengetahui mana yang terbaik untuk Anda. Apa yang harus Anda cari dari pembersih wajah adalah sesuatu yang bisa menyingkirkan kotoran dan kuman dan minyak berlebih, tetapi tidak menghilangkan minyak sehat pada wajah Anda.[2]
    • Pilih pembersih wajah berdasarkan jenis kulit, seberapa sering Anda memakai kosmetik, dan seberapa sering Anda berolahraga. Misalnya, jika kulit Anda berminyak, Anda butuh pembersih yang memiliki tingkat pH yang rendah, yang akan lebih efektif membersihkan minyak. Jika Anda punya kulit yang sensitif, jauhilah pembersih yang penuh dengan kandungan bahan kimia.
    • Hindari menggunakan sabun biasa, yang terlalu keras untuk wajah Anda dan bisa menghilangkan kandungan minyak alaminya.
    • Lebih baik membilas wajah Anda dengan air hangat atau air dingin. Air panas akan menghilangkan kandungan minyak alami yang sehat dari kulit Anda.
    • Anda perlu mencuci wajah Anda setelah berolahrga untuk menyingkirkan semua keringat, kotoran dan minyak yang mungkin tersumbat di pori-pori wajah Anda.
  3. 3
    Tepuk-tepuklah wajah Anda dengan handuk bersih sampai kering. Jangan keringkan wajah Anda dengan menggosoknya, tepuklah dengan lembut. Kulit wajah bersifat sensitif. Pastikan handuknya bersih, kalau tidak, Anda akan menularkan bakteri ke wajah Anda.
  4. 4
    Gunakan penyegar wajah (toner). Walaupun tidak diperlukan, penyegar wajah bisa sangat membantu untuk orang yang memiliki kulit berminyak, berjerawat atau dipenuhi pori-pori tersumbat. Penyegar wajah membantu menghilangkan minyak berlebih dan sel kulit mati yang tertinggal setelah membersihkan wajah. Ini adalah cara yang bagus untuk menambah bahan aktif seperti retinoid, anti-oksidan dan krim pengelupas kulit pada kulit Anda.[3]
    • Oleskan penyegar wajah setelah membersihkan wajah dengan kapas bersih pada dahi, hidung dan dagu (yang disebut “daerah T”). Oleskan kapas dengan gerakan melingkar yang lembut, dan hindari daerah mata.
    • Cari penyegar wajah yang tepat untuk jenis kulit Anda. Formula tertentu bisa membantu mengelupas wajah yang rawan jerawat; lainnya mengandung bahan anti radang untuk kulit sensitif.
    • Banyak ahli kulit menyarankan untuk tidak menggunakan penyegar wajah yang berbahan dasar alkohol, karena akan membuat kulit terlalu kering bahkan untuk kulit berminyak.
  5. 5
    Rawatlah kulit di sekitar mata Anda dengan lembut. Jangan menggosok mata Anda, atau menggunakan pembersih kosmetik yang keras pada mata Anda. Bagian tersebut sangat peka. Jadi, karena alasan yang sama, jangan percikkan wajah Anda dengan air dingin di pagi hari.
  6. 6
    Jangan sentuh wajah Anda. Menyentuh wajah Anda bisa menyebarkan bakteri yang akan membuat pori-pori Anda meradang.[4] Jika Anda harus menyentuh wajah Anda untuk mengaplikasikan kosmetik atau krim wajah, cucilah tangan Anda dahulu untuk memastikan tangan Anda bersih dari minyak.
    • Serta, cobalah hindari menyandarkan wajah Anda pada benda-benda yang membuat sebum atau sel kulit mati menempel, seperti telepon. Sebum adalah zat berminyak ringan yang dikeluarkan oleh kelenjar kulit yang melembutkan kulit dan rambut.
  7. 7
    Gunakan kosmetik yang cocok untuk jenis kulit Anda. Jika bisa, cobalah membeli kosmetik yang bertuliskan “non comedogenic” atau “non acnegenic” di labelnya, karena itu dirancang untuk membantu mencegah jerawat, peradangan dan tidak akan menyumbat pori-pori Anda.[5]
    • Pastikan Anda tidak memakai kosmetik yang sudah lama. Produk perawatan kulit, sama seperti makanan, memiliki tanggal kedaluwarsa. Menggunakannya lewat dari tanggalnya hanya akan mengakibatkan hal buruk dan bukan sebaliknya.
    • Cobalah gunakan kosmetik berbahan dasar mineral atau air dan bukannya memilih yang berbahan dasar minyak karena itu akan membuat kulit terlihat berminyak dan kusam.
  8. 8
    Minumlah banyak air. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih. Dengan tetap terhidrasi dan memastikan tubuh Anda mengandung banyak air berarti tubuh Anda akan bisa berfungsi dengan lebih baik, termasuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit Anda.
  9. 9
    Ikutilah diet yang sehat. Diet yang sehat termasuk memakan sayuran dan buah, serta menghindari gula dan makanan cepat saji.[6]
    • Cobalah produk susu rendah lemak. Yogurt rendah lemak mengandung vitamin A, sesuatu yang kulit kita butuhkan. Vitamin A juga mengandung asidofilus, bakteri “hidup” yang membantu menjaga kesehatan usus, yang bisa membantu kesehatan kulit.
    • Makanlah makanan yang memiliki kandungan anti-oksidan seperti blackberry, stroberi dan plum.
    • Cobalah makanan yang memberikan asam lemak esensial yang dibutuhkan untuk kulit sehat seperti ikan salmon, kacang kenari dan biji rami. Asam lemak esensial meningkatkan kesehatan membran sel, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kulit yang sehat.
Bagian 2
Bagian 2 dari 2:

Menjaga Wajah Anda Tetap Bersih dalam Jangka Panjang

  1. 1
    Lakukanlah perawatan wajah. Anda bisa pergi ke ahli kecantikan dan minta orang lain merawat wajah Anda, atau Anda bisa mencoba salah satu perawatan di rumah. Ingatlah untuk memakai jenis yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika kulit Anda berminyak, cobalah perawatan untuk kulit berminyak.
    • Masker wajah rumahan yang bagus adalah campuran antara susu dan madu. Setelah mencampur bahan-bahan tersebut, pakaikanlah pada wajah Anda selama 30 menit, lalu bersihkan wajah Anda dengan air hangat.
  2. 2
    Lakukan pengelupasan pada kulit Anda dengan lembut.exfoliating your skin Pengelupasan kulit akan menghilangkan sel kulit mati pada wajah Anda, yang bisa membuat kulit Anda terlihat kusam dan kasar. Lakukanlah pengelupasan kulit seminggu sekali, atau sebulan sekali. Jangan lakukan lebih dari seminggu sekali, karena hal itu akan menghilangkan minyak esensial dari kulit Anda.
    • Lulur pengelupasan yang bagus dapat meningkatkan sirkulasi pada wajah Anda yang akan memberikan wajah Anda kilau yang sehat dan merona.
    • Yang Anda butuhkan untuk lulur pengelupasan sel kulit mati aadalah bahan pengelupas seperti garam atau gula, zat perekat seperti madu atau air, dan pelembap yang mengandung minyak vitamin E, minyak lidah buaya atau bahkan minyak zaitun. Jika Anda punya kulit berminyak, Anda bisa gunakan pisang atau alpukat yang dihancurkan sebagai pelembap.[7]
  3. 3
    Menghilangkan jerawat. Walaupun bisa terasa memuaskan untuk mengorek dan memencet jerawat dengan kuku Anda, itu adalah cara yang sangat salah untuk mengatasinya! Cuci tangan Anda dengan baik sebelum mengobati jerawat untuk menghindari infeksi.[8]
    • Hindari menyentuh wajah Anda atau mencoba memencet jerawat Anda atau Anda akan membuatnya mengalami iritasi. Memencet jerawat bisa mengakibatkan bekas luka jika Anda tidak hati-hati.
    • Gunakan lap atau kantung teh yang basah dan dingin pada daerah terinfeksi selama tiga sampai lima menit sepanjang hari. Hal ini akan membantu mengurangi iritasi.
    • Gunakan perawatan intensif yang mengandung 1 atau 2 persen asam salisilat, yang biasanya tidak membuat iritasi sebesar benzoil peroksida.
    • Memakai Visine dengan kapas pada daerah terinfeksi dapat mengurangi kemerahan.

Tips

  • Jangan pernah menggosok kulit Anda. Tepuk-tepuk dan sekalah dengan lembut.

Peringatan

  • Berhati-hatilah, jangan terlalu sering membersihkan wajah pada saat musim dingin, walaupun sangat menggoda untuk mandi air panas berlama-lama. Terlalu sering membersihkan wajah akan membuat kulit Anda lebih cepat kering.
  • Alergi terhadap produk-produk yang digunakan dalam campuran produk wajah dapat mengakibatkan berbagai reaksi. Jika Anda memang memiliki reaksi terhadap suatu produk, berhentilah memakainya dan pakailah produk lain.
  • Jika Anda punya kulit sensitif, cobalah oleskan campuran susu dan madu pada bagian kecil kulit Anda sebelum memakainya pada seluruh wajah.


Tentang wikiHow ini

wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang. Untuk membuat artikel ini, 24 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu. Artikel ini telah dilihat 22.114 kali.
Daftar kategori: Perawatan Diri dan Gaya
Halaman ini telah diakses sebanyak 22.114 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Terima kasih atas saran Anda! Bacalah artikel lain serupa.
Terima kasih atas saran Anda! Bacalah artikel lain serupa.
Maaf apabila artikel ini tidak membantu. Berikut ini beberapa artikel serupa yang mungkin bisa lebih membantu Anda.
Maaf apabila artikel ini tidak membantu. Berikut ini beberapa artikel serupa yang mungkin bisa lebih membantu Anda.