“Sepasang kekasih yang sempurna” adalah dua orang yang belajar menerima perbedaan masing-masing dan sama-sama berusaha menciptakan sesuatu yang spesial setiap hari. Hubungan yang indah membutuhkan usaha dan kepedulian untuk bertahan dan berkembang sehingga kedua pihak selalu merasa bahagia. Hubungan yang paling bahagia dan sehat juga membutuhkan kerja keras dan komitmen, tetapi manfaat yang didapatkan dari cinta yang abadi menjadikan semua usaha itu sepadan!

Bagian 1
Bagian 1 dari 2:

Menjadi Pasangan Terbaik

  1. 1
    Dapatkan kepercayaan pasangan dan pertahankan. Supaya pasangan merasa dia bisa bergantung pada Anda, Anda harus dapat diandalkan dan dipercaya. Anda harus menunjukkan bahwa Anda selalu menepati janji dan dapat menjadi pasangan yang dapat diandalkan untuknya. Dapat dipercaya dan diandalkan adalah dua cara terbaik untuk menunjukkan bahwa Anda berkomitmen dalam hubungan dan serius menjalaninya. Beberapa kiat untuk mendapatkan kepercayaan pasangan adalah:[1]
    • Selalu tepati apa yang Anda katakan. Ketika Anda mengatakan akan melakukan sesuatu, lakukan.
    • Pegang janji Anda kepadanya, dan juga pegang janji Anda kepada orang lain untuk menunjukkan pada pasangan bahwa Anda selalu memegang kata-kata kepada semua orang dalam hidup Anda.
    • Jangan berbohong atau membesar-besarkan kebenaran. Dia perlu memercayai apa yang Anda katakan dan apa yang Anda lakukan.
  2. 2
    Ceritakan segala sesuatu kepada satu sama lain. Menceritakan hal-hal yang biasanya Anda simpan sendiri adalah salah satu cara untuk memperkuat hubungan. Berbagi rahasia, seperti ketakutan terbesar Anda, akan menunjukkan bahwa Anda percaya kepadanya. Membuka diri juga membantu membiasakan komunikasi terbuka antara Anda dan pasangan, dan itu sangat penting. Mungkin ini berarti Anda membahas sesuatu yang tidak ingin didengar pasangan, akan tetapi, kejujuran dan keterbukaan akan membantu membangun kepercayaan dan kedekatan emosional dalam hubungan, yang akan sangat membantu mempertahankan hubungan untuk waktu lama.[2]
  3. 3
    Bukalah diri untuk berkompromi. Perbedaan pendapat selalu ada dalam hubungan, baik yang paling indah sekalipun, dan perbedaan itu harus diselesaikan secara dewasa.[3] Jangan ada mentalitas “menang” dan “kalah”, sebaliknya usahakan untuk menemukan titik tengah. Selain itu, sadari bahwa kebutuhan kita lama-kelamaan berubah, jadi Anda berdua harus bisa mengompromikan apa saja dalam perjalanan hubungan. Berikut beberapa kiat yang dapat membantu:
    • Selalu dengarkan apa yang dikatakan pasangan dengan penuh perhatian sebelum menjawab.
    • Ketika mendengarkan pasangan, jangan hanya mendengar untuk menjawab, tetapi mendengar untuk memahami.
    • Jangan menghakimi, dan usahakan untuk selalu melihat segala sesuatu dari sudut pandang pasangan.
  4. 4
    Latih kesabaran dan maaf. Saat Anda mengatakan “Aku minta maaf” atau “Aku memaafkanmu”, Anda harus bersungguh-sungguh. Ketulusan, khususnya dalam permintaan maaf, sangat penting dalam hubungan yang sehat. Akan ada saatnya Anda berdua bertengkar, dan di sini kesabaran akan membantu Anda bertahan dalam situasi yang sulit, dan maaf akan membantu Anda berdua melewatinya. Kesabaran dan maaf adalah dua bentuk dukungan yang paling kuat.[4]
    • Cobalah menyadari bahwa emosi yang dirasakan pasangan itu nyata untuknya, sama nyatanya dengan perasaan Anda yang terganggu.
    • Berkomunikasi dengan pasangan menggunakan pernyataan “aku”, seperti “Aku berusaha sabar, tapi aku frustrasi karena...”
    • Diskusikan situasi yang menjengkelkan dengan pasangan, dan usahakan mengidentifikasi apa sebenarnya yang memicu ketidaksabaran Anda. Jika bisa, hindari situasi tersebut ketika sedang bersama pasangan. Jika tidak bisa dihindari, siapkan diri untuk bersabar dan usahakan tetap tenang.
  5. 5
    Nikmati waktu ketika sedang berjauhan. Ketika cinta sedang hangat-hangatnya, wajar jika Anda selalu ingin berdua, akan tetapi, melewatkan waktu secara terpisah juga merupakan komponen penting dalam hubungan yang bahagia. Kembangkan dan kejar minat dan aktivitas yang berbeda supaya Anda berdua dapat menikmati waktu sendiri. Cobalah mengikuti kursus melukis atau bergabung dengan liga olahraga amatir. Memiliki minat berbeda akan membantu perkembangan sebagai individu dan memberi pengalaman yang dapat dibagikan dengan pasangan ketika bertemu kembali. Plus, rasa rindu saat berjauhan dapat membantu mengingatkan bahwa dia sangat penting untuk Anda.[5]
  6. 6
    Beri semangat kepada pasangan. Anda tahu dia hebat, tetapi seiring jalannya hubungan, pengakuan itu kadang tertutup oleh pekerjaan, tanggung jawab, dan hidup. Sepasang kekasih yang paling sukses menjalani hubungan selalu berusaha menyemangati satu sama lain dan merayakan setiap pencapaian. Bicarakan harapan dan impian Anda, dan bantu pasangan mencapai tujuan dengan mendorong dan mendukungnya. Beberapa kiat untuk membantu menyemangati pasangan adalah:[6]
    • Bantu dia mempersiapkan diri untuk wawancara kerja dengan mencetakkan CV-nya dan menempelkan pesan “semoga sukses” dalam portofolionya.
    • Ketika dia mencapai suatu tujuan, walaupun kecil, akui dan rayakan dengan makan malam, kartu ucapan, atau pelukan erat ketika dia sampai di rumah.
    • Cari beberapa kursus yang bisa dia ikuti atau seminar yang bisa dia hadiri untuk membantu mendekatkan dia pada tujuannya.
  7. 7
    Hargai satu sama lain. Penting untuk diingat bahwa meskipun Anda merasa pasangan Anda atau hubungan Anda sempurna, kenyataannya tidak demikian. Tidak ada satu pun yang sempurna, dan semua orang melakukan kesalahan. Menghargai pasangan berarti menganggap dia tidak bisa digantikan dan selalu berkomunikasi pada saat-saat paling sulit.
    • Jangan pernah meninggikan suara kepada satu sama lain atau menghina pasangan dengan kata-kata kasar.
    • Jangan pernah mencoba memanipulasi pasangan atau menggunakan rahasianya untuk keuntungan Anda sendiri.
    • Jangan pernah mengkhianati kepercayaannya.
    • Ingat selalu apa yang Anda hargai dari diri pasangan, dan jangan pernah meremehkan dia.
Bagian 2
Bagian 2 dari 2:

Mempertahankan Cinta

  1. 1
    Pupuklah hubungan terus-menerus. Hubungan jangka panjang pasti mengalami naik dan turun, dan hubungan yang sehat membutuhkan banyak usaha. Ketika hubungan berubah dari baru dan menggairahkan menjadi mapan dan lebih dekat, pasangan harus tetap merasa spesial, dihargai, dan dicintai. Anda harus berusaha memupuk hubungan dengan aktif, dan selesaikan setiap masalah yang muncul, jangan hanya diabaikan atau berharap akan selesai dengan sendirinya. Kuncinya adalah komunikasi![7]
    • Nikmati kebersamaan dengan pasangan, dan dengarkan apa yang dia katakan dengan aktif.
    • Usahakan untuk selalu terbuka dan jujur dengan pasangan, dan segera diskusikan masalah yang Anda miliki dengannya
    • Hindari komunikasi ketika Anda merasa emosi sedang tinggi. Sebaiknya diskusi dilakukan ketika Anda tenang dan netral secara emosional.
    • Sering-sering mengatakan kepada pasangan bahwa Anda menghargainya, biarkan dia tahu bahwa Anda tidak pernah meremehkan arti dirinya.
  2. 2
    Tunjukkan kemesraan. Anda harus selalu menunjukkan besarnya cinta Anda kepada pasangan baik melalui tindakan maupun kata-kata. Kemesraan sangat meyakinkan dan menghibur, dan juga membantu menjaga hubungan fisik antara satu sama lain. Akan tetapi, kemesraan tidak hanya berupa sentuhan fisik seperti pelukan atau ciuman, tetapi juga setiap gestur yang membuat pasangan tahu dan merasa bahwa dia dicintai. Sebagai contoh:
    • Lakukan sesuatu yang Anda tahu akan dihargai pasangan. Misalnya, melipat pakaian yang baru dicuci karena Anda tahu dia tidak suka melakukannya, atau membuatkan kue favoritnya.
    • Berikan perlakuan mesra di luar rutinitas normal. Jika Anda selalu menciumnya sebelum Anda berangkat, cobalah memeluknya erat terlebih dahulu. Atau, jika Anda biasanya duduk meringkuk berdua di sofa ketika menonton TV, ambil posisi yang memungkinkan Anda memijat kakinya.
    • Lakukan sesuatu yang tidak disangka-sangka. Saat berjalan sambil berpegangan tangan, cobalah memutar tubuhnya sekali, kemudian teruslah berjalan tanpa melepas tangan. Ini adalah gerakan tak terduga namun tidak terlalu eksentrik, dan pasti akan disukainya.
  3. 3
    Luangkan waktu untuk satu sama lain. Hidup memang sibuk dan tanggung jawab kadang terlalu melelahkan. Akan tetapi, usahakan untuk rileks dan menikmati kebersamaan dengan pasangan. Kadang dalam hubungan, rasa nyaman dan rutinitas mengalahkan waktu berkualitas. Mulailah berkencan lagi dan melakukan sesuatu yang spesial paling tidak sekali sebulan. Kencan dapat direncanakan berdua dan akan menjadi acara yang ditunggu-tunggu, serta menjaga percikan cinta. Anda juga bisa mencoba membaca buku yang sama dan mendiskusikannya, atau menonton acara TV sambil berpelukan dan dapat dinikmati berdua setiap minggu pada jam yang sama.[8]
  4. 4
    Bersenang-senanglah dan tertawa bersama. Cinta abadi tidak selalu harus serius panjang waktu. Pastikan Anda selalu bergembira, baik pada awal-awal hubungan maupun setelah pernikahan berlangsung lama. Tawa sangat menghibur karena dapat melepaskan stres dan memperkuat kedekatan. Saling menggoda dalam batas yang wajar juga dapat menguatkan hubungan dan membuat cinta bertahan lama. Teruslah mencoba hal-hal baru dan kelar dari zona nyaman bersama-sama. Menabunglah untuk bertualang ke tempat yang sama-sama belum pernah Anda kunjungi, atau rencanakan liburan di kota sendiri dan mengeksplorasi alam terbuka di kota tetangga.[9]
  5. 5
    Sering-seringlah mendiskusikan impian. Hubungan yang sehat berarti menghadapi dunia dengan bergandengan tangan dengan pasangan. Artinya, Anda harus saling membantu untuk menjadi manusia yang lebih baik dan berusaha mencapai tujuan. Agar bisa memberi dukungan terbaik dan mendukung minat masing-masing, sering-seringlah membicarakan harapan Anda berdua. Diskusi ini akan memperkuat kemesraan dan mendekatkan Anda berdua, dan juga membantu mewujudkan impian bersama.[10]
    • Bicarakan tentang masa kanak-kanak Anda dan ceritakan harapan tentang keluarga yang Anda inginkan di masa depan.
    • Ceritakan tentang pekerjaan impian Anda, seperti cita-cita Anda untuk memiliki restoran sendiri.
    • Katakan bahwa Anda bermimpi ingin liburan ke Eropa, dan buat rencana untuk menabung agar bisa pergi bersama.

Tips

  • Ingat bahwa tidak ada yang namanya hubungan “sempurna”. Hanya Anda dan pasangan yang tahu apa yang dibutuhkan dan apa yang paling sesuai untuk Anda berdua.

Tentang wikiHow ini

wikiHow adalah suatu "wiki", yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang. Untuk membuat artikel ini, 15 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu. Artikel ini telah dilihat 10.453 kali.
Daftar kategori: Kehidupan Keluarga
Halaman ini telah diakses sebanyak 10.453 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Terima kasih atas saran Anda! Bacalah artikel lain serupa.
Terima kasih atas saran Anda! Bacalah artikel lain serupa.
Maaf apabila artikel ini tidak membantu. Berikut ini beberapa artikel serupa yang mungkin bisa lebih membantu Anda.
Maaf apabila artikel ini tidak membantu. Berikut ini beberapa artikel serupa yang mungkin bisa lebih membantu Anda.