TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Bedanya Makna Expired Date vs. Best Before Pada Kemasan

Sudah tahu belum nih?

lifehacker.com

Sebagai konsumen yang bijak, tentunya kita tidak ingin kan jika produk yang kita konsumsi sudah tidak layak? Selain kandungannya yang sudah tidak lagi sempurna, produk yang sudah tak layak konsumsi pun bisa jadi mengandung racun yang berpotensi membahayakan tubuh.

Oleh karena itu sangatlah baik apabila kita mengecek terlebih dahulu kelayakan produk makanan, minuman, atau bahkan kosmetik saat membeli. Pengecekan tersebut dapat dilakukan dengan cara melihat tanggal kadaluarsa.

Tetapi ada dua jenis label yang biasanya terdapat pada suatu produk, yaitu expired date dan best before. Sekilas keduanya seringkali diartikan sama oleh kebanyakan orang. Padahal keduanya punya definisi yang berbeda lho. Sudah tahukah apa perbedaan keduanya? 

1. Expired Date

foodbeast.com

Jika diartikan, expired date berarti tanggal kadaluarsa, hubungannya adalah dengan keamanan suatu produk. Seperti yang telah kita ketahui selama ini, tanggal kadaluarsa merupakan batas waktu maksimal sebuah produk aman untuk dikonsumsi.

Artinya jika tanggal kadaluarsa yang tertera pada suatu produk adalah tanggal 1 Januari 2018, maka setelah tanggal itu produk tersebut sudah tidak boleh dikonsumsi lagi karena dapat membahayakan tubuh. Produk yang telah melewati expired date biasanya akan mengalami perubahan pada rasa, warna, aroma, dan tekstur.

2. Jenis makanan yang harus memiliki label Expired Date

babygooroo.com

Dari sekian banyak makanan, ternyata ada beberapa jenis makanan yang wajib memiliki expired date. Hal tersebut dikarenakan faktor nutrisi dan keamanan zat yang terkandung di dalamnya tidak bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

Menurut Canadian Food Inspection Agency, jenis makanan tersebut ada lima, yaitu susu formula untuk bayi dan produk pengganti ASI lainnya, suplemen makanan, produk pengganti makanan, produk diet rendah energi, dan produk diet dalam bentuk cair. 

3. Best Before

lifehacker.com

Apabila diterjemahkan best before berarti baik sebelum. Berbeda dengan expired date yang menggambarkan keamanan produk, best before akan berhubungan dengan kualitas produk. Produk yang berlabel best before akan memiliki kualitas terbaik jika dikonsumsi sebelum tanggal yang tertera pada label tersebut.

Jika dikonsumsi setelah melewati tanggal best before maka kualitas dari produk tersebut sudah tidak terlalu baik lagi seperti sebelumnya. Produk yang telah melewati tanggal best before tetapi tidak mengalami perubahan warna, tekstur, rasa, dan aroma sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi dan tidak berarti berbahaya, hanya saja kualitasnya sudah menurun.

4. Jenis makanan yang biasanya memiliki label Best Before

foodwatch.com.au

Ada beberapa produk baik makanan ataupun minuman yang biasanya dilabeli best before sebagai batasan kualitasnya. Beberapa diantaranya adalah telur, makanan kaleng, makanan atau minuman beku, makanan kering, susu, dll.

Jika produk-produk ini masih ingin dikonsumsi namun telah melewati tanggal best before, jangan lupa untuk memperhatikan rasa, tekstur, warna dan aromanya. Jika ragu sebaiknya jangan dikonsumsi. Untuk jenis makanan atau minuman olahan perhatikan pula cara pengolahannya sebelum dikonsumsi. Pengolahan yang benar akan membuat produk tetap aman meskipun sudah melewati tanggal best before

Writer

Putri Farra

Change the world with words

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya