5 Makanan yang Bisa Perkuat Daya Ingat Rekomendasi Ahli Gizi Harvard

5 Makanan yang Bisa Perkuat Daya Ingat Rekomendasi Ahli Gizi Harvard

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 14 Okt 2021 05:00 WIB
kimchi
Foto: iStock
Jakarta -

Agar daya ingat tetap kuat, perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang tepat. Ahli nutrisi dari Harvard merekomendasikan untuk mengonsumsi 5 makanan ini.

Kesehatan otak penting untuk dijaga. Karena, otak merupakat purat segalanya, mulai dari pikiran, ingata, hingga detak jangtung kita.

Tentunya untuk menjaga kesehatan otak, setiap orang harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Bahkan, ada makanan tertentu yang dapat membantu otak memiliki daya ingat yang lebih kuat, lebih tajam, dan cerdas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dilansir dari CNBC (8/10), Dr. Uma Naidoo seorang ahli nutrisi dari Harvard Medical School yang juga seorang penulis 'This Is Your Brain on Food' merekomendasikan beberapa makanan yang dapat memperkuat daya ingat.

Berikut 5 makanan yang dapat memperkuat daya ingat.

1. Dark Chocolate

pieces of dark chocolate stacked on grunge backgroundpieces of dark chocolate stacked on grunge background Foto: Thinkstock

Dark chocolate tak hanya dapat memperbaiki suasana hati yang buruk, tapi juga meningkatkan kesehatan otak. Terutama bermanfaat dalam memperkuat daya ingat.

ADVERTISEMENT

Naidoo menjelaskan kalau di dalam dark chocolate mengandung zat antioksidan dan flavanol yang memang bermanfaat untuk kesehatan sel otak. "Dark chocolate mengandung antioksidan yang tinggi dan ada kakao flavanol yang bermanfaat untuk kesehatan sel otak," katanya.

Manfaat dark chocolate untuk memperkuat daya ingat ini telah ditemukan pada studi di tahun 2020. Dalam studi tersebut membandingkan manfaat antara dark chocolate dan cokelat putih. Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi dark chocolate memiliki daya ingat yang lebih tajam.

2. Buah Berry

"A bowlful of delicious organic berries. Strawberries, blackberries, blueberries and raspberries. Shallow dof" Foto: iStock

Buah dalam kelompok berry banyak memiliki manfaat unutk tubuh. Selain kandungan vitamin C yang tinggi, buah berry juga dilengkapi dengan zat antioksidan tinggi. Ada juga kandungan phytonutrients, serat, dan mineral.

Menurut Naidoo, kandungan nutrisi pada buah berry tersebut dalam membantu setiap orang dalam mengingat. "Nutrisi ini membantu mempertahankan memori, dan kandungan seratnya membantu memberi makan mikroba di usus untuk mengurangi peradangan otak," jelas Naidoo.

Tiga jenis berry yang bisa kamu rutin konsumsi adalah stroberi, blueberry, dan blackberry. Ketiganya mengandung nutrisi penting untuk menjaga kesehatan otak. "Mengonsumsi beragam jenis berry yang warna-warni juga dapat meredakan rasa gelisah yang dapat berisiko terkena demensia," ucap Naidoo.

Baca Juga: Kosong Melompong! Begini Kondisi Pusat Oleh-oleh Krisna di Buleleng Bali



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]