PERBEDAAN DETIK.COM, TEMPO.COM DAN VIVA.CO.ID

Detik.com

Detik.com didirikan oleh Budiono Darsono (eks wartawan Detik), Yayan Sopyan (eks wartawan Detik), Abdul Rahman (mantan wartawan Tempo), dan Didi Nugrahadi. Dan pada tanggal 9 Juli 1998 merupakan tanggal di mana lahirnya Detik.com sebagai salah satu situs berita yang terpopuler di Indonesia yang menyajikan informasi politik, ekonomi, dan teknologi informasi. Namun setelah situasi politik mulai reda dan ekonomi mulai membaik, Detik.com memutuskan untuk menambahkan berita hiburan dan olahraga. Konsep penyajian berita Detik.com yakni selalu menyajikan berita-berita terbaru (breaking news), bukan berdasarkan harian, mingguan ataupun bulanan.

Dalam hal kecepatan mengakses, menurut sumber yang saya peroleh dari http://www.lintasberita.com, Detik.com hanya 10 detik. Sementara waktu loading situs Kompas.com mencapai 20 detik.

Dari segi desain, tampilan Detik.com baru boleh dikatakan berhasil menciptakan atmosfir “reader friendly” dan “advertiser friendly” dibandingkan media online lainya . Hal itu terlihat dari tampilan Detik.com dengan warna-warna yang meriah, cerah dan ceria seperti nano nano (mungkin disesuaikan dengan kehidupan target pembacanya yang muda, trendy dan gaul), dibandingkan Kompas.com yang memiliki background yang putih polos jadi menunjukkan bahwa tuh website cocok banget buat Business Man.

Penyusunan iklan pada Detik.com kini sudah cukup bagus (walau sering ada kritikan mengenai susunan iklan yang mengganggu dan terlalu banyak). Jadi menimbulkan kesan bahwa Detik.com bagus untuk mempromosikan suatu barang ataupun jasa. Berbeda dengan Kompas.com yang menaruh iklannya tertata cukup rapi dan tidak membingungkan para pembacanya.

Kekhasan Detik.com yakni pada cara menyajikan berita, yakni ringkas, santai, judul yang provokatif. Detik.com sama dengan tempo.com dan tribunnews.com sama – sama portal berita besar yang merupakan sebuah perusahaan yang memiliki tujuan yang sama, yakni menyajikan suatu berita atau informasi kepada para pembacanya dengan menampilkan berita -berita terbaru selama 24 jam melalui media onlinenya masing-masing. Selain itu, mereka juga saling bersaing untuk terus memperbaiki kualitas, maka dari itu gak heran mereka juga sama – sama sudah mengganti penampilan web-nya.

Tampilan menu berita

Tampilan menu berita dari Detik.com pun terpapar dengan rapi di atas, yakni meliputi detikNews, detikFinance, detikHot, detiki-Net, detikSport, detikOto, detikHealth, dll. Saat mengKlik menu detikNews misalnya, maka akan langsung membuka windows baru. Hal ini memudahkan kita dalam memilih berita yang kita inginkan.

Kemudian mengenai headline berita terbaru juga terpasang di sebelah kiri atas dengan gambar yang cukup jelas dan background yang berbeda sendiri yakni biru tua. Entah itu mengenai dunia politik, artis, olahraga, ekonomi, dll.nah, ini dia tampilan warna – warni dari detik.com !!!

Detik.com pada halaman menu utama menampilkan berita-berita seperti detikNews, detikFinance, detikHot, detiki-Net, detikSport, detikOto, detikHealth yang tersebar dan disusun dengan beberapa selipan iklan-iklan.

Dari kiri atas headline news, menuju bawah merupakan berita yang sebelumnya dari headline news. Di sebelah kanan headline news (di tengah-tengah background biru) terdapat beberapa rubrik mengenai berita Pilihan Redaksi, DetikFoto,HotSeleb, Surat Pembaca, detikOto, dan Opini Anda. Sedangkan bila ditelisik dari atas sebelah kanan ke bawah terdapat tampilan detikTV, Hot radio, ticket box yang merupakan bagian dari detikShop, detikHealth, kategori Pro Kontra (Konten Pro Kontra ini bertujuan untuk mengajak pembaca Detik.com berpartisipasi dalam diskusi Pro Kontra suatu isu yang dibahas di dalamnya atau dalam bahasa Redaksi Detik.com sendiri), dan juga terdapat detik Forum, blogdetik

Sajian bahasa dan analisa berita

Detik.com selalu menampilkan berita atau informasi dengan bahasa yang tidak begitu formal, dan begitu pula dengan analisa berita yang ditulis tidak begitu tajam sehingga memudahkan para pembaca untuk membacanya.

Kecepatan publikasi & keakuratan isi berita

Dalam mempublikasikan suatu berita atau informasi, Detik.com termasuk  yang paling cekatan dan cepat. Namun kadang-kadang kebenaran tentang suatu berita yang disajikan belum tentu akurat.

Target pembaca

Perbedaan desain, bahasa, dan analisa berita tersebut, mungkin memang sengaja dilakukan untuk disesuaikan dengan target pembaca masing-masing situs berita. Jika dilihat dari penampilan desain, bahasa dan analisa berita, target pembaca dari Detik.com adalah kalangan Remaja atau Anak Muda. Sedangkan Kompas.com adalah kalangan Executive Muda atau Business Man.

TEMPO.COM

Tempo.co yang mengudara sejak 1996, dalam peberitaannya menitik beratkan pada jurnalis, maka isi beritanya terkadang lebih formal dan lengkap.

Pada Tempo.com, bahasa yang digunakan jauh terkesan formal, bahasa yang rapi, dan juga dengan bahasan atau ulasan mengenai suatu berita memang benar diruntutkan sesuai apa yang terjadi di TKP. Jika dilihat dari penampilan desain, bahasa dan analisa berita, target pembaca dari Tempo.co adalah semua kalangan. Tempo.co punya ke khasan dalm konten penulisan berita. Dalam tempo.co, tulisan disampaikan dengan lebih detail. Dimana diceritakan runtutan kejadian dalam suatu kasus, pendapat-pendapat dari narasumber memperkuat inti berita dan juga contohnya. Untuk Bahasan di tempo.co, mereka terlihat suka memberitakan kasus mistery. Dan lagi-lagi mereka tuliskan secara runtut.

Tempo.co memenuhi elemen esensi jurnalisme adalah disiplin verifikasi dan kewajiban pertama jurnalisme adalah pada kebenaran sangat terlihat. Ini dibuktikan dari setiap berita tempo.co selalu memunculkan omongan narasumber. Selalu di awal paragraf di tulisakan kata-kata yang sesuai sumber dan bukti, sehingga disini pembaca akan merasa yakin atau percaya dengan pemberitaan tersebut.

Berita di Tempo.com tidak sependek Berita pada media online lainya Pada tempo.co ini diperbanyak penjelasan-penjelasan, sehingga setiap beritannya terdiri dari 9-10 paragraf(tidak terkesan sedikit). Penjabaran lebih mendetail. Pengulasan berita disambung-sambungkan dengan bukti yang ada. setiap berita dibahas duduk permasalahannya, sehingga orang yang tidak mengikuti perkembangan berita tersebutpun bisa mengetahuinya pada satu kolom berita, walau memang tidak selengkap jika mengikuti berita tersebut.

Penggunaan Judul terlihat to the point, langsung menggambarkan topik yang dibicarakan. Menggunakan kata sehari-hari, mudah dipahami. Dan menurut saya, tempo.com adalah media online yang paling memenuhi elemen jurnalisme dari Bill Kovach dan Tom Rosentiel. Kebenaran, loyalitas citizen, disiplin verifikasi, independen, pemantau, forum kritik, menarik relevan. Untuk forum komentar, Tempo.co memang menyediakan. Tetapi, untuk memberi komentar, pembaca harus registrasi, dan itu cukup mempersulit berbeda dengan detik.com yang sangat mudah memberi komentar. entah untuk penyarikan komentar atau ada motif lain dari registrasi komentar ini.

Untuk segi persamaan dengan media online lainya Tempo.com juga sama – sama portal berita besar yang merupakan sebuah perusahaan yang memiliki tujuan yang sama, yakni menyajikan suatu berita atau informasi kepada para pembacanya dengan menampilkan berita -berita terbaru selama 24 jam melalui media onlinenya masing-masing. Selain itu, mereka juga saling bersaing untuk terus memperbaiki kualitas, maka dari itu gak heran mereka juga sama – sama sudah mengganti penampilan web-nya

Viva.co.id

vivanews merupakan portal berita dengan mengandalkan kedalaman, kecepatan, pertumbuhan dan perkembangan yang lebih cepat. Dikelola oleh PT. Viva Media Baru, anak perusahaan PT Visi Media Asia yang juga mengelola bisnis penyiaran (antv, tvOne). Situs ini diluncurkan sejak tahun 2008 dan merupakan situs web berita pertama di Indonesia yang dapat menerima informasi dari pembaca VIVAnews yang pernah melihat peristiwa penting yang ingin dibaca oleh pembaca lainnya melalui fitur U-Report. Situs ini bisa diakses selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu (24/7) melalui komputer pribadi, laptop (netbook dan notebook), telepon seluler, dan PDA serta secara kreatif menggabungkan antara teks, foto, video, dan suara. VIVAnews didirikan sebagai upaya mencerdaskan bangsa melalui jurnalisme yang cerdas, tajam, berimbang dan menghibur.

VIVAnews adalah portal yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Kami berupaya menerapkan standar jurnalisme berkualitas dalam meliput peristiwa nasional dan internasional. Selain hadir di layar komputer pribadi anda, media ini bisa diakses melalui telepon seluler atau PDA.

Vivanews merupakan situs berita yang tidak memiliki media cetak yang dikelola oleh PT Viva Media Baru, anak perusahaan dari yang mengelola bisnis penyiaran ANTV dan tvOne. Vivanews merupakan pendatang baru di dunia berita online. Perkembangan yang semakin pesat yang dilakukan oleh Vivanews dalam kurun waktu kurang lebih 2,5 tahun akhirnya bisa merebut posisi kompas sebelumnya dan sekarang telah menjadi urutan nomor dua situs terbesar setelah Detik. Hal ini merupakan bukti pencapaian yang telah dilakukan oleh Vivanews walaupun situs tersebut masih merupakan situs pendatang baru di dunia berita online.

Jika dilihat dari isi beritanya, Vivanews telah memenuhi 5W1H sesuai dengan teknik penulisan berita yang baik dan benar. Menu yang disajikan pun terdiri dari beberapa kategori yang dapat dibaca dengan mudah oleh setiap khalayak (pembaca). Kategori tersebut seperti berita tentang politik, bisnis, nasional, metro, dunia, sains dan teknologi, sport, bola, otomotif, showbiz, cosmopolitan, sorot, analisis, makan, focus, forum, dan blog. Kelengkapan berita yang disajikan tentu menjadi daya tarik masyarakat untuk mau mengakses Vivanews sebagai media untuk mendapatkan informasi yang sangat update. Hal ini ditunjukkan ketika kita ingin mencari berita hangat baik dalam maupun luar negeri di situs mesin pencari, maka posisi hasil pencarian untuk berita di Vivanews lebih dominan dibandingkan dengan situs-situs berita lainnya dan vivanews memberikan berital yang sangat detail. Namun, dalam hal 5W1H situs berita ini telah memenuhi syarat yang benar. Berita-berita yang disajikan juga memiliki tingkat keupdatean yang baik sehingga masyarakat bisa terus mengakses informasi secara aktual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Fungsi dari situs berita ini telah berjalan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat dari isi berita yang sebagian besar terdiri dari informasi tentang peristiwa, kejadian, pengetahuan yang dapat memberikan pemahaman luas mengenai banyak hal. Saat ini, banyak sekali situs berita yang telah bergeser dari fungsi education menjadi fungsi entertainment. Sebagian besar masyarakat memang menginginkan informasi yang menghibur tetapi jika tidak diseimbangkan dengan informasi-informasi yang berisi pengetahuan maka hal ini tentu saja dapat menghambat kemajuan khalayak. Situs Vivanews lebih banyak menyajikan informasi-informasi yang bersifat entertainment dibandingkan dengan education. Hal ini dapat menjadi masalah besar ketika fungsi entertainment tersebut memiliki porsi yang lebih besar dibandingkan dengan fungsi education. Khalayak tidak akan memiliki kemajuan dalam berpikir apabila hanya diberikan informasi yang bersifat menghibur.

Karena kategori, iklan serta penempatan berita yang tidak tertata dengan baik dan sistematis membuat khalayak susah dan tidak tertarik untuk membaca satu artikel berita ke artikel berita lainnya. Iklan yang terlalu ramai membuat mata yang melihatnya pun menjadi susah untuk mencari artikel berita yang akan dibaca. Sebaiknya, penataan layout berita harus dibuat menjadi lebih rapi dan sistematis. Iklan pada layout web boleh untuk digunakan tetapi jangan terlalu banyak sehingga terkesan sangat memenuhi layout berita. Padahal jika penempatan beberapa iklan, kategori berita ditata secara baik maka akan menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk membacanya. Untuk memudahkan khalayak dalam mengakses informasi dimana saja dan kapan saja, Vivanews memiliki berbagai layanan seperti Vivanews on-tv maupun mobile.

Vivanews memiliki sajian berita berupa video maupun audio quality. Khalayak tidak hanya mendapatkan informasi atau berita melalui artikel tetapi juga melalui video yang disajikan. Variasi berita yang disajikan oleh Vivanews tentu saja memiliki ketertarikan sendiri bagi masyarakat untuk mengaksesnya. Video yang tersedia pada Vivanews merupakan posting dari khalayak yang mendapatkan berita berdasarkan fakta yang ada. Video tersebut dapat diposting melalui U-report yang dimiliki oleh Vivanews. Khalayak dapat dengan mudah memposting berita berupa teks, foto maupun video melalui layanan tersebut.

Dengan keragaman berita yang disajikan oleh situs-situs berita membuat masyarakat untuk menjadi kritis dalam menanggapi sebuah berita. Untuk itu sangat diperlukan adanya interaksi antara situs berita dengan masyarakat sehingga dapat memberikan saran atau opini yang positif dan membangun bagi situs tersebut. Vivanews sangat memperhatikan hubungan komunikasi dengan khalayaknya (pembaca). Hal ini dapat dilihat dari adanya layanan interaktif yang dimiliki oleh Vivanews yaitu melalui facebook, twitter maupun surat. Masyarakat dapat dengan mudah memberikan kritik maupun saran melalui layanan tersebut.

Dari kelima karakteristik tersebut dapat dilihat kelebihan dari situs berita yang sangat memudahkan masyarakat dalam segala hal. Tingkat pengakses situs berita yang terus meningkat menunjukkan bahwa jurnalisme online masih menjadi pilihan pertama masyarakat dalam mendapatkan informasi.


Tinggalkan komentar