Dari manakah Inspirasi Cerita Shingeki no Kyojin ?

Nama : Evelyn

NIM : 00000015908

Dosen : Randi Ramliyana

media-20150201

Shingeki no Kyojin

Shingeki no Kyojin (SnK) atau dikenal juga sebagai Attack on Titan adalah sebuah manga populer yang  telah dikenal banyak orang. Mengutip sang pengarang, bila SnK dijelaskan dalam 1 kalimat, kalimat itu  adalah “Ini adalah cerita tentang umat manusia yang hampir punah akibat munculnya raksasa  pemakan manusia.” Hingga saat ini SnK yang diterbitkan oleh Kondasha telah terjual sebanyak 62,5  juta eksemplar terhitung September 2016 dan 20 volume hingga Agustus 2016. SnK sendiri juga  telah diadaptasi menjadi anime pada tahun 2013 dengan season II dikonfirmasi rilis pada April 2017,  2 live action movie yang dirilis pada tahun 2015, dan 2 movie anime pada tahun 2014 dan 2015.

Selain itu, juga ada banyak spin off SnK baik dalam bentuk Light Novelmanga dan game. Beberapa  yang terkenal adalah Shingeki no Kyojin: No Regret yang menceritakan tentang masa lalu Levi Ackerman,  tokoh SnK paling populer, dan Shingeki! Kyojin ChūgakkōDalam manga ini, para tokoh SnK diceritakan  sebagai murid SMP dan petualangan mereka di sekolah Titan. Shingeki! Kyojin Chūgakkō juga telah  diadaptasi menjadi anime pada tahun 2015.

734fc5ec947ecdea4b28a7952a1a0440

Isayama Hajime Sensei

Isayama Hajime sebagai pengarang SnK sendiri telah menjadi orang terkenal di kalangan pencinta  manga dan anime. Konsep cerita SnK yang berbeda dan karakteristik para tokohnya yang realistik  telah memenangkan tempat di hati para penggemar. Konsep ketika tokoh utama selalu menang sangat  bertolak belakang dengan SnK yang mana tokoh utama lebih sering kalah dan kalaupun menang,  kemenangan itu memakan begitu banyak korban sehingga mereka pun tak bisa merasa senang akan  kemenangan itu.

Ide mengarang SnK ini sendiri pertama kali muncul saat Hajime bermain video gamesMuv-Luv Alternative (adult video games) yang dimainkannya saat itu mengusung setting alien menginvasi  bumi dan manusia hampir punah tetapi sesama manusia masih saling melawan. Saat itu ia berpikir  akan lebih menarik bila alien itu memakan manusia. Ide makan manusia itu sendiri (bisa saja)  terinspirasi dari Gyaos dalam Gamera: Guardian of The Universe.

Kemudian, ide itu sendiri dituangkan dalam bentuk manga one shot, yang berarti manga itu selesai  dalam 1 chapter/bab. Manga ini telah diberi judul Shingeki no Kyojin dan akan menjadi cikal bakal seri  SnK saat ini. Hajime kemudian memasukkannya dalam Magazine Grand Prix yang disponsori oleh  Kondasha dan memenangkan penghargaan “Fine Work”. Saat itu ia berusia 19 tahun.

aot-prototype-01

Beberapa halaman SnK one shot

Ketika berusia 22 atau 23 tahun, editornya meminta agar SnK diubah dari one shot menjadi seri.  Akhirnya Hajime pun menghabiskan waktu kurang lebih setengah tahun untuk brain stroming konsep  SnK secara lebih menyeluruh. Menurut pendapatnya, ia mulai memikirkan setting dan keadaan dunia  SnK terlebih dahulu. Setelah itu baru membentuk karakter- karakter dalam cerita. Bahkan Eren  Jaeger, si tokoh utama, sering disebut sebagai tokoh yang dibentuk untuk setting dunia SnK. Maka  lahirlah SnK yang telah kita kenal luas hingga saat ini.

Hingga saat ini, dalam penulisan dan penggambaran SnK, Hajime juga menerima banyak inspirasi.  Pengaruh terbesar dalam komik SnK sendiri adalah ARMS karangan Ryoji Minagawa. Selain itu, juga  ada Knight of Sydonia karya Nihei dan majalah ataupun manga dengan tema MMA. Inspirasi unik lainnya  adalah dalam penggambaran Titan atau raksasa.

Para raksasa ini terinspirasi orang mabuk. Saat itu, Hajime baru pindah ke Tokyo dan bekerja di warnet  untuk membiayai hidupnya. Suatu hari ada orang mabuk yang datang masuk ke warnet. Orang mabuk  itu memiliki kesadaran namun sangat rendah. Hajime pun berpikir binatang yang paling mengerikan  itu manusia. Dari situlah ia mendapatkan ide Titan.

Untuk inspirasi setting tempat SnK sendiri ternyata adalah kampung halaman sang pengarang sendiri  yaitu Hitashi yang terletak di Prefektur Oita. Tempat ini adalah semacam desa kecil yang dikelilingi  gunung. Hajime mengaku bahwa saat SD ia pernah berpikir untuk pergi melewati gunung itu dan  keinginan ini diwujudkan dalam manga. Hal ini terlihat dari dunia SnK yang para tokohnya bertempat  tinggal dalam dinding lingkaran raksasa berlapis 3 yang membentengi mereka dari para raksasa.  Mereka seperti katak dalam tempurung dan tidak tahu seperti apa dunia luar itu. Dan Eren memiliki  mimpi untuk keluar dari dinding itu.

3235584541_1_8_74gv6rij

Bahkan 3DMG atau Three Dimentional Maneuver Gear juga terinspirasi dari game. Mekanisme terkenal  khas SnK inilah yang membawa revolusi dalam pertarungan melawan Titan. Dengan 3DMG, para  prajurit bisa bergerak ‘terbang’ untuk memotong leher belakang raksasa yang merupakan  kelemahannya. Saat ini telah ada sebuah Light Novel yang menceritakan tentang penemuan 3DMG  serta penyempurnaannya. Tidak hanya dalam anime, para cosplayer pun mencoba membuat  kembali mekanisme rumit ini. Telah banyak orang yang berbagi cara mereka membuatnya serta bahan-bahan yang mereka pakai. Ide mekanisme ini sendiri didapat dari pembuatan senjata dari barang  bekas dalam game Mega Man Legend.

shingeki-no-kyojin

Jadi, ternyata ide pembuatan SnK ternyata berasal dari banyak sumber, dari masa yang berbeda-beda. Dimulai dari game saat kecil, tempat tinggal, pengalaman kerja saat dewasa hingga manga-manga yang dibaca. Semua ini kemudian digabungkan dan diformulasikan menjadi sebuah karya yang  berjudul Shingeki no Kyojin.

Selain itu, dalam salah satu wawancara, ketika Hajime ditanya bagimana ia mendapat ide untuk  membuat cerita, ia memberitahu. Ketika ia setengah sadar atau setengah bangun,  seperti saat ia mau tidur, pikiran ia akan penuh dengan informasi-informasi yang telah ia baca atau dengar. Ia menyebut momen itu sebagai “Super Enlightment Time.

Maka, bisa dikatakan bahwa ide penulisan sebuah cerita itu bisa berasal dari mana saja, kapan pun itu  dan hal yang perlu dilakukan adalah menangkap momen itu dan mengimajinasikannya. Hal sekecil  apapun bisa menjadi bagian penting dari sebuah cerita. Tentunya kita juga bisa menggabungkan  semua ide itu dalam satu cerita seperti yang dilakukan oleh Isayama Hajime. Jadi, tetaplah sadar dan  tangkap momen ceritamu.

tumblr_n2krwdjyjp1qicpp7o9_r1_1280

Leave a comment