Bantu Keringkan Kaki Busuk Pada Penderita Diabetes

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan telah menajdi satu dari sekian banyak penyebab kematian yang menyerang orang Indonesia. Masalah yang paling sering timbul dan merepotkan bagi para pendeirta diabetes melitus adalah luka yang timbul pada bagian kaki. Hal ini dikarenakan apabila luka tersebut dibiarkan begitu saja tanpa segera dilakukan penanganan yang baik maka kondisi ini akan dapat meningkatkan resiko infeksi yang cukup parah yang mana pada tahap selanjutnya kebusukan bisa menjadi hal yang menakutkan. Diabates dapat merusak saraf kaki dan memicu tingkat resiko cedera kaki yang parah serta ulserasi sehingga kondisi ini dapat memicu timbulnya gangren yang bernanah dan berakhir dengan amputasi.

Mengapa Kaki Busuk Bisa Terjadi Pada Penderita Dibates?

Seringkali kita bertanya-tanya mengapa luka kaki sampai terjadi kebusukan bisa terjadi pada para penderita diabetes. Kondisi ini pula yang membuat sebagian besar masyarakat dihantui ketakutan yang sama meski belum tahu betul seperti apa mekanisme kebuskan kaki bisa terjadi pada penderita diabetes.

Ya, kaki yang busuk yang dialami oleh penderita diabetes disebabkan karena matinya sel-sel jaringan kaki akibat adanya kerusakan saraf (diabetes neuropati) serta kondisi sirkulasi darah yang buruk yang terjadi pada bagian kaki. Kondisi ini dapat muncul sebagai akibat dari kondisi hiperglikemik yang terjadi secara berulang-ulang. Akibat kerusakan saraf inilah pasien menjadi kurang peka terhadap segala bentuk luka yang terjadi pada bagian kakinya, baik luka yang kecil maupun luka yang besar.

Gangren yang muncul umumnya akan ditandai dengan area sekitar kulit yang berwarna kehitaman, berbau amis dan kadang pula mengeluarkan nanah yang beraroma bau busuk. Jika anda mengalami kaki busuk akibat adanya gangrene, maka segera lakukan pengobatan. Sebab bila biarkan begitu saja kondisi ini bisa menjangkiti bagian tulang kaki yang mana bila kondisi ini terjadi maka amputasi adalah jalan akhir yang diambil guna mencegah kondisi ini menyebar pada bagian lainnya.

Bantu Keringkan Kaki Busuk Pada Penderita Diabetes

Lalu bagaimana cara cepat membantu pengeringan luka akibat kaki busuk yang timbul sebab adanya gangren pada penderita penyakit diabetes melitus agar tidak beresiko amputasi? Apabila anda memang sudah melakukan berbagai pengobatan namun hasilnya tak kunjung terlihat atau mungkin kurang memuaskan, maka cobalah pengobatan yang bersifat alternatif dibawah ini.

Pengobatan dibawah ini ditujukan guna mengatasi luka infeksi bakteri dan jamur yang serius seperti halnya eksim, borok bernanah, kadas dan khusus untuk gangren yang sudah diterapkan oleh orang-orang sejak zaman dahulu. Akan tetapi, informasi ini masihlah bersifat tradisional sehingga butuh waktu dan kesebaran serta konsistenitas dari anda sendiri untuk terus melakukan penananganan ini dengan baik.

1. Perbaiki Gaya Hidup Anda

Hal penting yang pertama yang perlu untuk dilakukan dalam membantu pengeringan luka yang terjadi adalah dengan memperbaiki pola hidup yang anda jalani saat ini. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kaki busuk yang dialami oleh penderita dibaetes terjadi akibat kadar glukosa didalam darinya tinggi sehingga kondisi ini menyumbat sirkulasi darah dan menimbulkan kerusakan saraf.

Oleh karenanya guna mempercepat pengobatan maka penyebab utama dari kondisi ini perlu diperbaiki dengan baik yakni dengan merubah gaya hidup anda pada hal yang lebih baik. Lantas gaya hidup seperti apa yang perlu dibenahi? Berikut ini adalah poin-poinnya.

  • Tidak Merokok

Merokok akan dapat meningkatkan resiko pengerasan arteri yang dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi tersumbat. Kombinasi antara diabetes dan rokok adalah dua hal yang menjadi mimpi buruk untuk semua orang. Sebab kondisi ini malah akan dapat meningkatkan resiko kaki busuk akibat gangren sebanyak 2 kali lipat dibandingkan dengan diabetes tanpa rokok. Untuk itu, hentikan kebiasaan ini dengan segera.

  • Lakukan Olahraga Teratur

Olahraga adalah kegiatan penting sebagai syarat untuk mendapatkan gaya hidup yang sehat. Kegiatan yang satu ini pun bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dengan lebih baik. Ketika sirkulasi darah anda lancar maka oksigen dalam aliran daah dan sel-sel darah putih pun akan menjadi lebih lancar. Perlu diketahui bahwa oksigen dan darah putih berperan besar dalam pengobatan berbagai luka, terutama kaki busuk akibat diabetes. Beberapa olahraga yang bisa anda lakukan diantaranya adalah:

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Berikutnya »

Tinggalkan komentar

Show Buttons
Hide Buttons