Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kebiasaan Ini yang Membuat Kulitmu Semakin Berminyak 

Masih sering lakukan no, 2?

Jennifer Alexis

Merawat kulit berminyak memang bisa jadi sedikit tricky. Dibutuhkan produk perawatan yang tepat agar kulit wajah tetap sehat. Tapi, apakah kamu sudah mencoba semua produk skincare, tapi kulitmu malah lebih berminyak? Bukan saja karena produknya yang tidak cocok, kebiasaan di bawah ini juga bisa jadi penyebab mengapa kulit berminyak. Coba simak yuk!

1. Mencuci wajah terlalu sering

blissfullmiss.com

Jika kamu berpikir mencuci wajah sesering mungkin bisa menghilangkan minyak di wajah, maka kamu salah. Mencuci wajah terlalu sering hanya akan membuat kulit menjadi kering. Saat kulit kering, ia akan memproduksi minyak alami agar wajah tetap lembap. Hal inilah yang akhirnya membuat wajah jadi semakin berminyak.

2. Tidak menggunakan pelembap

stylecaster.com

Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap. Ini guna menghidrasi serta melembapkan wajah dan menyeimbangkan kadar minyak. Tipsnya, pilihlah pelembap berbahan dasar air serta yang memiliki label oil-free dan non-comedogenic.

3. Menggunakan produk yang tidak memiliki label oil-free

ofracosmetics.com

Sering menggunakan makeup dan kulitmu jadi sangat berminyak? Mungkin karena kamu tidak menggunakan produk yang berlabel oil-free. Pilihlah foundation, bedak, dan produk makeup lainnya yang memiliki label oil-free yang cocok untuk kulit berminyak.

4. Terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak dan junk food

phys.com

You are what you you eat! Jika kamu sering mengonsumsi makanan berminyak yang digoreng serta junk food, jangan heran jika kulitmu semakin berminyak. Imbangilah asupan gizimu dengan mengonsumsi buah dan sayur serta minum air putih minimal delapan gelas per hari.

5. Mengeksfoliasi terlalu keras

besthealthmag.ca

Eksfoliasi memang penting untuk dilakukan agar sel kulit mati dapat terkelupas. Namun melakukannya terlalu keras tidak hanya akan membuat kulit wajah menjadi iritasi, tapi juga dapat membuat kulit wajah jadi berminyak.

Itu tadi lima kebiasaan yang bisa membuat kulit berminyak. Segera hentikan kebiasaan tersebut yah!

IDN Media Channels

Latest from Skin