Tidur Miring ke Kiri Disarankan untuk Ibu Hamil

By Dini, Senin, 1 Agustus 2016 | 04:15 WIB
Tidur Miring ke Kiri Disarankan untuk Ibu Hamil (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Kehamilan tak jarang membuat Mama mengalami kesulitan tidur. National Sleep Foundation yang berpusat di Arlington Amerika Serikat menemukan, sekitar 78% dari 1.998 Mama hamil mengalami gangguan tidur. Mereka merasa, saat hamil menjadi lebih sulit tidur dibandingkan saat tidak hamil. Padahal, mereka pun mengeluh bahwa saat hamil menjadi lebih lelah yang seharusnya dapat membuat mereka bisa tidur lebih lelap.

Baca: Risiko Jika Ibu Hamil Tidur Menghadap ke Kanan

Namun, ada solusi jika ibu hamil sulit tidur. Di setiap trimester, posisi tidur yang nyaman bisa berbeda-beda karena menyesuaikan dengan kondisi tubuh Mama. Di trimester pertama, umumnya Mama bisa tidur dalam posisi apa pun karena perut Mama belum membesar. Mama bisa tidur dengan posisi telentang, miring ke kiri atau kanan, juga bisa tidur tengkurap. Yang penting, posisi tersebut nyaman buat Mama.

Setelah masuk trimester kedua, Mama perlu lebih hati-hati mengambil posisi tidur mengingat perut Mama mulai membesar. Tidur tengkurap, misalnya, sebaiknya tidak dilakukan karena perut dan dada Mama mulai membesar sehingga membuat Mama tidak nyaman.

Baca: Jangan Tidur Miring ke Kiri Jika Tak Mau Mimpi Buruk

Sebenarnya, di awal trimester kedua, Mama masih bisa memilih posisi telentang. Namun di pertengahan trimester kedua atau minggu ke-16 kehamilan, sebaiknya tak lagi tidur telentang karena seluruh berat rahim akan menekan ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior (pembuluh darah balik besar bawah yang menerima darah dari badan dan kedua kaki). Pembuluh darah ini mengandung banyak CO2 yang bila terganggu alirannya akan meningkatkan risiko pegal, sakit pinggang, wasir,dan gangguan pencernaan. Selain  itu, juga mengganggu pernapasan dan sirkulasi, serta dapat memengaruhi tekanan darah.

Disarankan agar ibu hamil tidur miring ke kiri. Posisi ini diyakini dapat memaksimalkan aliran darah dan gizi ke plasenta sehingga bayi mendapatkan asupan lebih maksimal. Ini terkait dengan letak vena cava inferior yang berada di bagian  belakang sebelah kanan tubuh.

Baca: Ini Posisi Tidur Terbaik Saat Hamil

Vena cafa inferior merupakan tempat aliran darah dari atau ke tubuh bagian bawah. Posisi miring ke kiri membebaskan bagian ini dari tekanan sehingga alirannya lancar. Posisi ini pun dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh Mama sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.

Meskipun begitu, bukan berarti miring ke kanan tidak boleh. Jika Mama ingin mengganti-ganti posisi supaya tidur lebih nyaman, boleh saja Mama sesekali tidur miring ke kanan. Hanya saja, tidur miring ke kiri lebih nyaman untuk ibu hamil.

Baca: Alasan Mengapa Mama Hamil Wajib Tidur Siang

Tidur Miring ke Kiri Disarankan untuk Ibu Hamil
Narasumber: Dr. Erwin Harahap, SpOG, MKes., RS Pusat Pertamina, Jakarta

(Irfan Hasuki/Utami Sri Rahayu)