Gempa Palu Donggala

Update Gempa Palu: Mau Dapatkan Air Mineral, Pengungsi Harus Bawa KTP dan KK

Penulis: Darul Amri Lobubun
Editor: Mahyuddin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Timur, Darul Amri Lobubun

TRIBUN-TIMUR.COM, PALU - Pengungsi di Lapangan Watulemo, depan Kantor Wali Kota Palu, Sulteng masih susah dapat air mineral.

Keluhan pengungsi di Lapangan antara Balai Kota Palu dan rumah Wakil Wali Kota Sigit Purnomo bermacam- macan, dari air mineral sampai susu anak-anak.

"Masa kalu amu ambil air mineral saja harus menyetor KTP atau kartu KK," ujar salah satu pengungsi, Hartini (45) di Lapangan Watulemo, Sabtu (6/10/2018).

Hartini menyebutkan, untuk meminta air mineral kemasan gelas dia diwajibkan menyetor Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) agar bisa.

Baca: Dapat Kritikan Pedas Soal Gempa Palu Hingga Baliho Gambar Dirinya Dirobek, Ini Tanggapan Pasha Ungu

Padahal, rumah Hartini di Kampung Petobo tertelan lumpur hingga 10 meter. Tapi dia tetap diwajibkan membawa KK dan KTP untuk syarat mengambil air.

"Rumah saya di Petobo dan semua orang tahu di kampung kami terkena tsunami lumpur dan tanah, rumah kami terkubur, masa masih minta KTP," lanjut Hartini.

Hartini dan suami, Bernat (50) bersama empat anak hanya selamatkan pakaian di badan, akibat lumpur yang tiba-tiba keluar dari dalam tanah usai gempa.

Menurut Hartini, seharusnya petugas bisa berlaku adil atau melihat kondisi ini dengan kaca mata kemanusiaan, bukan cara atau sistem birokrasi berbelit-belit.

"Kami harap pemerintaha atau petugas melihat kami sebagai pengungsi bukan sebagai pengemis atau apa, kita butuh masih mau hidup pak," ungkap Hartini.

Baca: Muhammadiyah Buka Lokasi Pengungsi Palu di Makassar

Selain susahnya mendapat air mineral, para pengungsi juga berharap bantuan berupa beras, popok bayi,obat-obatan, dan pakaian setidaknya diadakan.

Diketahui, selama para pengungsi di Lapangan Watulemo belum juga melihat wali kota, wakil wali kota dan Gubernur Sulteng mengunjungan pengungsi.

Kata salah satu pengungsi, setidaknya kepala daerah dan pemerintahan di Palu dan Sulteng bisa mendengarkan keluhan para pengungsi usai bencana ini.(dal)

Berita Terkini