Begitu Banyak Khasiat Daun Seledri, Selain Bersihkan Ginjal, Baca Ini

Editor: Ilham Mangenre
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jus daun seledri

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM- Mungkin Anda mengira daun seledri hanya untuk bumbu dapur. Menurut dokter, begitu banyak manfaat luar biasa daun hijau ini untuk kesehatan, bukan hanya pembersih ginjal seperti dikabarkan belum lama ini.

Seperti dilaporkan dr. Suci Dwi Putri di e-konsultasi klikdokter.com, berikut manfaat daun seledri.

- Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi.

- Natrium organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Bahkan untuk anda yang mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi masih aman untuk mengkonsumsi natrium yang terkandung di dalam seledri.

Manfaat seledri selalu dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah padahal saledri juga dapat membantu anda dalam menjaga fungsi ginjal.

- Pada atlet saledri bisa dikonsumsi dengan cara di jus untuk menyempurnakan pasca latihan tonik karena menggantikan elektrolit yang hilang dan rehydrates tubuh dengan kandungan mineral yang terkandung di dalam seledri.

- Kandungan kumarin yang terdapat di dalam seledri mampuĀ  mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus dan perut.

Selain itu seledri mampu menjadi efek pencahar alami seledri yang membantu untuk meringankan sembelit.

- Kandungan dari seledri yang dibuat jus seledri dapat membantu mengontrol nafsu makan anda

- Efek diuretik dariĀ  seledri yang membantu pemecahan dan penghapusan urin dan empedu.

- Seledri diketahui mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa anti kanker.

Diantaranya adalah acetylenics yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor.

- Asam fenolat yang menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor. Dan kumarin yang membantu mencegah radikal bebas dari sel-sel yang merusak.

Selain itu kandungan mineral yang terdapat di dalam seledri juga mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralkan keasaaman.

Demikian, semoga bermanfaat. (dokter Suci Dwi Putri)

Berita Terkini