News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mengenal Lebih Dalam Teknologi Blockchain Sebagai Solusi Masa Depan

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Blockchain

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tekonologi blockchain selama ini dikenal sebagai program untuk mencatat data keuangan secara digital dan banyak digunakan di sektor perbankan, padahal tidak semestinya demikian.

Semua industri baik finansial maupun non finansial bisa menggunakan dan mengaplikasikan teknologi blockchain untuk merekam semua data perusahaan mereka ke dalam sebuah sistem yang aman tanpa membutuhkan server terpusat.

Pandu Sastrowardoyo, CEO Blockchain Zoo menerangkan teknologi blockchain adalah solusi  masa depan karena teknologi tersebut dapat digunakan untuk berbagai industri di bermacam bidang dan sangat bermanfaat.

"Blockchain itu bisa dipakai untuk electronic medical records, bahkan bisa dipakai untuk men-trace DNA kita sampai kapan pun bahwa itu adalah milik kita dan tidak dipergunakan untuk hal-hal yang kita tidak setujui, blockchain bisa lakukan hal itu,” ujar Pandu dalam konferensi blockchain di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Hal tersebut di atas adalah hanya sebagian kecil contoh mengenai apa yang bisa dilakukan oleh blockchain, dan masih banyak hal yang dapat dilakukan.

Baca: Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Blockchain untuk Transaksi Antar Bank

Dikatakan blockchain adalah teknologi dan solusi masa depan karena blockchain, menurut Pandu, bisa dipergunakan dengan teknologi Internet of Things (IoT).

"Kalau misalnya kita pakai IoT tapi kita pakai blockchain jadi tidak akan bergantung kepada server,” lanjut Pandu.

Perihal kesiapan sumber daya manusia di Indonesia terhadap teknologi blockchain, Pandu mengatakan bahwa Indonesia itu hebat karena perbandingan jumlah programer pria dan wanita hampir sama dan pendidikannya juga sangat tinggi untuk informatika.

Ia melanjutkan Blockchain Zoo akan meng-hire (membayar-red) sekitar 25 orang tambahan tahun ini untuk dilatih blockchain.

“Kalau tertarik jadi programer blockchain, bisa kontak Blockchainzoo.com dan bisa langsung apply untuk menjadi bagian dari pengembang blockchain. Tentunya 25 orang itu akan pilih dari ratusan pengembang di seluruh Indonesia,” katanya.

Sebagai informasi, Blockchain Zoo akan mengadakan acara “2 Days Discovery Workshop Blockchain for Executives” dengan pembicara Fitri Hadi, Direktur Grup Inovasi Digital dan Pengembangan Keuangan Mikro OJK, Analis Eksekutif Senior Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK Roberto Akyuwen, Roberto Capodieci, Founder Blockchain Zoo, Jean-Daniel Gauthier, Co Founder Blockchain Zoo.

Workshop akan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 28 – 29 Maret 2018 di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini